BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

JEJAK MAKAM KERAMAT DI SEKITAR JW.MARRIOTT-RITZ CARLTON


Satu bulan menjelang hari kemerdekaan atau tepatnya Jumat 17 Juli 2009 pukul 07.45 WIB, terjadi 2 ledakan bom di Hotel Ritz Carlton dan Hotel JW. Marriott. Peristiwa ini sekaligus mengulang kejadian sama 5 Agustus 2003 saat JW. Marriott di bom.

Kita prihatin dan berduka dengan banyaknya korban jatuh tak berdosa sekaligus mengutuk pelaku pemboman.

Tulisan ini sekadar ingin memaparkan sisi lain dari tragedi itu.

Makam Keramat Jilun

Sekitar 100 meter dari JW.Marriott dan Ritz Carlton terdapat sebuah makam waliyulloh yang dikeramatkan. Lokasi persisnya di belakang hotel Bellagio Mansion. Tokoh yang dimakamkan bernama Jilun. Makam tersebut sedang dalam proses sengketa antara ahli waris Jilun dengan pihak hotel.

Pada April 2009 terjadi demonstrasi di sekitar hotel berkaitan dengan keberadaan makam Jilun.

“Ahli waris keluarga Jilun menentang pemindahan makam. Tetapi pihak hotel bertekad meneruskan rencana memindahkan,” ujar Pak Eroy, warga sekitar menuturkan kepada penulis.

Menurutnya, sekitar seratusan orang ahli waris Jilun berduyun-duyun mendatangi hotel menolak pemindahan. Sementara sejumlah orang dikerahkan pihak hotel untuk mengamankan lokasi makam. Beruntung aksi demo tidak menjurus anarkis.

Siapakah sebenarnya Jilun?

“Secara persisnya saya kurang faham. Tetapi menurut cerita, Jilun seorang waliyulloh yang terkenal pada masanya. Dia juga punya keahlian pengobatan. Ya, semacam tabib,” Jawab Pak Eroy yang berprofesi sebagai pedagang di sebelah timur Ritz Carlton.

Lebih jauh dikatakan, selain dikenal sebagai tabib, Jilun diyakini memiliki ilmu hikmah tinggi. Hal itu dibuktikan dengan tetap bertahannya makam beliau.  Padahal di areal makam Jilun terdapat pula 14 makam lain, tetapi semuanya sudah dipindahkan. Hanya makam Jilun yang tersisa. Pihak hotel sepertinya takut membongkar makam, tetapi sengaja menutup areal makam dari akses publik. Penulis pun sempat dicegah saat hendak memotretnya.

Nama Jilun mungkin hanya singkatan dari Haji Lun. Sebagaimana nama Jiung yang berarti Haji Ung. Lengkapnya Jilun bin Rahman bin Amin. Wafat 1750 M.  Jilun hidup sebelum masa ulama besar  Betawi dari Kampung Kuningan, Guru Mughni (1860-1938).

Makam Guru Mughni sekitar 500 meter  dari hotel JW. Marriott. Makam Guru Mughni tidak mungkin dibongkar karena telah ada SK. Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto dan masuk kategori cagar budaya. Sungguh bijak pula jika makam Jilun pun dipertahankan.

Pak Eroy menambahkan, lapangan sebelah timur Ritz Carlton merupakan kuburan, namun telah digusur. Kemungkinan lapangan ini akan dibangun pula hotel atau perkantoran. Ada beberapa tokoh keramat yang pernah di makamkan, tetapi telah dipindah ahli warisnya entah kemana.

Ketika Fauzi Bowo masih menjadi Wagub DKI Jakarta dan sedang tebar pesona agar dapat menjadi Gubernur, ada banyak janji yang pernah beliau lontarkan kepada masyarakat. Diantaranya, renovasi makam-makam waliyullloh dan tokoh-tokoh bersejarah yang ada di Kawasan Kuningan.  Misalnya, makam Pangeran Kuningan atau Dipati Cangkuang, dan lain-lain. Tetapi tampaknya tidak semua janji dipenuhi. Masih ada makam tokoh bersejarah yang belum tersentuh pemugaran.

Renovasi terhadap makam tokoh-tokoh bersejarah tentu dimaksudkan agar mata rantai kesejarahan tidak terputus. Sehingga diharapkan generasi masa depan masih dapat menemukan jejak para pendiri kawasan Kuningan.  Di samping tentunya memenuhi nazar Fauzi Bowo sendiri yang memang pernah membuat janji. Bukankah janji itu hutang?

Bagaimana dengan sisi mistis kawasan ini?

Penampakan makhluk gaib di sekitar kawasan Mega Kuningan ini sudah biasa. Tetapi tidak seheboh terowongan Casablanca.

“Maklumlah, terowongan Casablanca memang sudah difilmkan jadi lebih populer,” ujar Pak Eroy.

BaNi MusTajaB

makam_Jilun_banimustajab

Makam Waliyulloh Jilun

bellagio_mansion_banimustajab

Bellagio Mansion

foto:Nurseffi/detikcom

foto:Nurseffi/detikcom

Posting terkait:

Paradigma (Baru) Bom JW.Marriott

Tragedi menjelang Hari Kemerdekaan (JW.Marriott-Ritz carlton)

Jebolnya Pertahanan Gaib Hotel JW.Marriott

Iklan

33 comments on “JEJAK MAKAM KERAMAT DI SEKITAR JW.MARRIOTT-RITZ CARLTON

  1. abifasya
    Juli 27, 2009

    Assalaamu ‘Alaikum Wr. Wb
    Semoga kejadian ini semakin meneguhkan keimanan kita kepada Allah, dan mempercayai bahwa semua kejadian ini tidak terlepas dari taqdir Allah.
    Tapi kita harus senantiasa waspada agar kejadiaan ini tidak terulang lagi.
    Jangan Ada bom lagi
    Jangan Ada teror lagi
    jangan ada fitnah lagi
    dan jangan sudutkan Islam lagi
    Salaaaaaaaaammm
    Intanshurullaha yanshurkum

    Suka

    • jeto
      Agustus 14, 2009

      Kita harus intropeksi diri ada ustad, atau seorang yng mempunyai besik ilmu agama tapi setelah terjun ke pemerintahan kemudian tidak peduli rakyat yang misdkin, korup ini adalah fenomena sosial jadi introoooooooospeksi kita semua

      Suka

  2. wahyu am
    Juli 27, 2009

    sampe2 g ada lagi tanah buat makam 😦

    kalo ceritanya di pindah2 gini. hmm

    Suka

  3. Simon
    Juli 27, 2009

    Assalaamu ‘Alaikum Wr. Wb

    Suka

  4. Didien®
    Juli 27, 2009

    Wowww..disini byk informasi yg dapat saya ambil..mantaff..salam kenal..

    Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    Trimakasih…^_^

    Suka

  5. Yep
    Juli 27, 2009

    Oooo…baru tau nih..thanks infonya Mas 🙂

    Suka

    • BaNi MusTajaB
      Juli 27, 2009

      @Abifasya
      Waalaikumsalam. Terima kasih

      @Wahyu Am
      Iya makam dibongkar dengan alasan pembangunan. termasuk makam tokoh bersejarah. Sangat disayangkan

      @Simon
      Waalaikum salam Wr.Wb

      @Didien
      Terima kasih atas infonya

      @Yep
      Sama-sama Mas

      Suka

  6. kopral cepot
    Juli 28, 2009

    baru tau… hotel amrik juga percaya ritual 😛

    Suka

  7. cenya95
    Juli 28, 2009

    Hmmm… ini dari SAg (sisi alam ghaib).
    sungguh menarik ulasannya… makasih
    salam superhangat.

    Suka

  8. Kuliah Gratis
    Juli 28, 2009

    Menarik sekali

    Kalo beneran Roboh bakalan lebih Heboh!

    Suka

  9. BaNi MusTajaB
    Agustus 18, 2009

    @ Kopral Cepot
    Ya begitulah. Mistik emang laku dimana-mana

    @ Cenya95
    terima kasih kembali

    @ Kuliah Gratis
    Ya jangan sampai roboh dong.

    Suka

  10. ekky
    November 30, 2009

    yang jelas makam keramat bukan Mistik’ hanya karna Hamba yg Sholeh yg berada di mkm tsb maka ALLAH swt menjaga nya…. insyaALLAH tidak terbongkar…. AMIIIIIN! klo ada ame mnta garis keturunan/silsilah JILUNG bin Rahman bin Amin &……
    @
    mohon maaf, mas. saya dapat informasi tanggal 19 agustus 2009 lalu, makam tersebut sudah dipindahkan. adapun mengenai silsilahnya, saya kurang faham mas.
    terima kasih.

    Suka

  11. muhammad assadillah
    Februari 15, 2010

    saudaraku siapa yang mengetahui silsilah waliullah jilun bin bahman bin amin,,,,tolong kirim ke alamat email kami….
    @
    Ada yang bisa bantu?

    Suka

    • reza
      Agustus 10, 2010

      apa alamat emailmu

      Suka

    • H.Zainal.M
      September 19, 2012

      kalau mau tau ikuti acara besar silaturrahmi keluarga besar kuningan jakarta

      Suka

    • H.Zainal.M
      November 1, 2012

      Wa’alaikum salam.
      kalau mau lebih lengkapnya anda bisa menghubungi Keluarga Besar KH.Muhammad Ghozali atau Cucunya KH.Ahmad Syarkawi Bin KH.M.Kasim amirullah yang berada di bekasi timur . Jl.Pulau tanimbar Raya No: 150 Perumnas 3 Bekasi Timur saudara bisa datang langsung ke Beliau…….Bekasi juga banyak yang masih keturunan dari H.Jilun kuningan jakarta.

      Tlp Rumah (021) 8811007

      Suka

      • HabiburRohman
        Juli 21, 2017

        Ustad,…alhamdulilah nasab kturunan sye masih nyambung keSyekhonal Jilun.
        Sye dpet kturunan dri ibu sye..namanye Hj.Hamidah Hamzah Binti Kh.Hamzah(Ba’Anja) Bin Kh.Moh.Ghozali Bin Kh.Romli Bin fulan Bin Syrkhonal Jilun Bin Bahman Bin Amin..
        Ibu sye anak ke 14dri kh.Hamzah(Ba’Annja)Bin Kh.Moh Ghozali.
        Sya cucu dri Kh.Hamzah(Ba’Annja)Bin Kh.Moh.Ghozali.
        Nama sye HabiburRoman.
        Tempat tinggal dijagakarsa dkat rumah kaka ibu sye yaitu Ustdzah.Hj.Habibah Hamzah Binti Kh.Hamzah(Ba’anja)Bin Kh.Moh.Ghozali

        Suka

  12. Moerdock Akbar
    Maret 25, 2010

    Prihatin :…secara umum pengembangan tata kota pasti tertekan program kerja dan sbgnya…tetapi pemimpin yg menghargai sejarah ibarat seperti jarum diantara jerami khususnya yg duduk dipemerintah walau tdk semua begitu..tp knp terjadi juga ???…..soal makam sebaiknya jgn dihubung2kan dengan pengembangan kota dsbgnya…..bongkar makam bersejarah berarti bongkar aib watak dan sifat sipembongkar sendiri…alias buta hakekat hidup alias boooddooh…!!!…selamat menikmati wahai para pembongkar..menikmati kesengsaraan dikemudian hariii…!!!

    (Q-sos 14)

    Suka

  13. muhammad assadillah
    Juli 9, 2010

    salam kenal mas, tolong informasinya tentang waliullah jilun yg lebih lengkap atau ahli warisnya, masalahnya nama saya : Muhammad assadillah bin juneidi bin hasan bin jibin bin jilun, sampai saat ini saya masi bingung masalah saudara2 saya yg kata zit saya katanya banyak di daerah jkt, saya lahir di cikarang,,,,mohon infony ya mas….pabila berkenan hubungi saya di no hp

    Suka

  14. reza
    Agustus 10, 2010

    mas klo bleh tw email situ siapa….

    Suka

  15. Ozzan
    Oktober 11, 2010

    ane kage ridho makam kakek buyut ane di dholimi lantaran karene kekuasaan kalo pada kage faham biar mereka faham alam akan bicara lewat doe para keturunan jilun bin bahman bin amin ! serta doe dr semua keturunan para pejuang dan ‘alim ‘ulama yang makamnye di bokar paksa………

    Suka

  16. Arwana
    Maret 26, 2011

    Muhammad Assadillah, saya ada sedikit info, mungkin bisa membantu, bisa hub via email. trim

    Suka

  17. H.Zainal.M.Bin Assecyh M.Kasim Amirullah
    Mei 26, 2011

    Emang kurang ajar tuh pemerintah….Leluhur ane tdk diakui , nanti kualat tuh ma Leluhur kite….tapi tdk ape ape sih.. keturunannye aje banyak yg jadi ULAMA ULAMA ko. Tar kite do’ain aja ma die die pade biar nyaho……….

    Suka

  18. muhammad assadillah
    November 6, 2011

    kang arwana maaf saya baru bisa balas, ini no hp saya 08811408617

    Suka

  19. agung
    Maret 28, 2012

    mendrikn gedung2x prkntr atau hotel 2x mewah boleh sj. kl ada mkm keramtny ya jgn main gusur aj bos nanti lu kualat , ya kl bs dijdkn cagar budaya mrk manusia yg jg pejuang. mrk pny ahl waris ijin dlu lah.

    Suka

  20. H.Zainal.M
    November 1, 2012

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Bagi para keturunan dari H.Jilun baik yang jauh dimata maupun yang dekat dihati. Mari kita sama sama memperjuangkan Makam Leluhur kita yang selalu berjuang untuk Daerah Kuningan Timur Jakarta Selatan . Jangan sampai di Hilangkan begitu saja. Mari kita tagih dengan janjinya Bapak gubernur DKI yang sekarang ini yaitu Bapak JOKOWI , moga aja dia paham dengan Makam Keramat ini. Yah ini mah cuma saran buat semua keturunan dari H.jilun…… kapan lagi kita bersatu lagi demi leluhur kita , biar nantinya anak dan cucu kita tau asal usulnya keturunan nya darimana.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    Dari H.Zainal Muttaqin Bin KH.M.Kasim Amirullah
    Yang tinggal di Depok Timur

    Suka

  21. Social Media Measurement
    Oktober 3, 2014

    Hi there exceptional blog! Does running a blog such as this require a massive amount work?

    I have virtually noo understanding of coding however I was hoping to start
    my own blog in the near future. Anyhow, if you have any ideas or techniques for new blo owners please share.
    I know this iis off topic but I just wanted to ask.
    Many thanks!

    Suka

  22. agusqusyairi
    Agustus 11, 2015

    asslmuslaikum.salam sjahtera..mnsnggapi soal mskam kramat wali allah haji lun atau jilun sy sangat brttrimskasih kpd para ahli warid makam yg dgn gigih mmpertahankn mkam tsb..walau akhirnya kalah dgn pihak gedung.sy hanya bisa berdoa smoga kakek uyut sy tsb snantiasa arwahnya Tenang di tempat peristiratannya yg baru.amin.Walau bgmnapun slain kakek uyut sy tsb seorang waliyullah beliau juga seorang pejuang yg slalu mlawan penjajah blanda kompeni di massnya.

    Suka

  23. agusqusyairi
    Agustus 11, 2015

    asslmuslaikum.salam sjahtera..mnsnggapi soal mskam kramat wali allah haji lun atau jilun sy sangat brttrimskasih kpd para ahli warid makam yg dgn gigih mmpertahankn mkam tsb..walau akhirnya kalah dgn pihak gedung.sy hanya bisa berdoa smoga kakek uyut sy tsb snantiasa arwahnya Tenang di tempat peristiratannya yg baru.amin.Walau bgmnapun slain kakek uyut sy tsb seorang waliyullah beliau juga seorang pejuang yg slalu mlawan penjajah blanda kompeni di masanya.Dengan ini wabil khusus kpd para keturunan wsliyullah haji lun atau Jilun snantiasa dpt bersatu tidak hilang jejak skalipun kakek leluhur kita tsb,makamnya sdah tidak berada lgi di kawasan elit mega kuningan jkarta ..dan mudah mudahn ini PR untuk Bp.Guberrnur Dki jkt yg Baru Bp.Ahok agr bisa melindungi makam makam keramat lainnya yg masih ada di jakarta..ingatlah dengn Perjuangan Merreka para waliyullah dlm berdakwah mnyebarkan ilmu agama dn prjuangan mereka dlm mlawan pnjajah kolonial belanda.

    Suka

  24. H.Zainal Muttaqin Kasim
    Mei 19, 2016

    Ayuu bergandeng tangan dan jalin tali silaturrahmi kita keluarga besar kuningan timur dan keluarga besar KH.M.ghozali bin KH.M.Romli>>>>>>>>>>>>Uyud H.jilun
    By. Keluarga di depok

    Suka

    • Agus Baihaqi
      April 8, 2017

      Assalamualaikum…saya asli keturunan kuni gan timur gg. Peeintis. Setelah ditelusuri silsilah keluarga saya ternyata bersilsilah ke Kong Jilun. dari jalur Bapak dan Ibu H. Hasan Basri Bin H. M. NAFIS H. H.Mohammad Achmas Bin Abdulloh Bin Ribi Bin Jilun Bin Bahman Bin Amin

      Suka

      • Agus Baihaqi
        April 8, 2017

        Sekarang saya tinggal di pondok ranggon.

        Suka

  25. grosir gamis murah
    Agustus 8, 2017

    terimakasih infonya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 3,589,284 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Iklan

Twitter

%d blogger menyukai ini: