MITOS PIRANTI MISTIK ( JIMAT )


IMG_20150417_020315Harus diakui bahwa ada rasa ketakutan dalam diri orang-orang yang pernah memahari piranti mistik tetapi tidak membawa faedah apapun. Mereka lebih memilih diam dan pasrah manakala piranti mistik yang telah dibelinya dengan harga yang luar biasa mahal. Ketidak beranian bersuara ini lantaran kuatnya mitos yang berkembang terkait piranti mistik. Untuk lebih jelasnya, saya akan menulis kembali seputar makna mitos.

Mitos adalah suatu bentuk pesan atau tuturan yang harus diyakini kebenarannya tetapi tidak dapat dibuktikan. Mitos juga merupakan suatu cara pemberian arti. Ambil contoh, kita biasa mendengar bahwa sebuah pohon besar dihuni oleh sebangsa makhluk gaib. Sehingga pohon itu tidak boleh ditebang, karena akan membuat makhluk gaib tersebut marah.

Mitos tersebut tentu tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sebab tidak ada yang tahu dengan pasti apakah makhluk gaib itu benar-benar menghuni pohon tersebut atau tidak ada makhluk gaibnya. Tetapi mitos ini dipercaya dari mulut ke mulut dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dengan adanya mitos tersebut maka manusia tidak ada yang berani menebang pohon itu. Alhasil, pohon dapat hidup hingga ratusan tahun. Kesimpulannya, inti pesan dari mitos itu adalah pelestarian terhadap lingkungan. Persoalan ada atau tidak adanya makhluk gaib bukan hal yang penting lagi.

Mitos semacam ini juga berkembang dalam dunia supranatural, khususnya terkait dengan piranti mistik atau jimat. Misalkan adanya sebuah piranti mistik yang diyakini memiliki sejuta manfaat dan piranti tersebut dihuni sejumlah makhluk gaib dari jenis bangsa jin atau malaikat. Ini merupakan bentuk mitos piranti mistik.

Sedemikian kuatnya mitos tersebut membuat si pemilik piranti mistik sangat berhati-hati dalam menyimpannya. Bahkan jika si pemiliknya hendak ke kamar mandi pun, piranti tersebut harus diletakkan di luar kamar mandi.

Uniknya, meskipun piranti mistik itu tidak membawa manfaat apapun kepada pemiliknya, benda itu tetap disimpan rapi dan takut pula dibuangnya.

Ketakutan membuang piranti mistik tersebut lebih disebabkan mitos adanya makhluk gaib dalam benda tersebut akan marah jika benda itu dibuang sembarangan dan pemiliknya akan terkena sengklek (sial). Padahal membuang piranti mistik sama mudahnya dengan meniup debu di tangan.
Em Agus siswanto

Penulis: M Agus Siswanto

https://gus7.wordpress.com (Blog BaNi MusTajaB). Blog ini sekadar kumpulan tulisan pribadi maupun orang lain. Tentu yang saya anggap menarik. Terkadang ada tulisan ringan, tapi tidak sedikit yang bikin pusing. Semoga bermanfaat. Aamiin. Penulis: M Agus Siswanto Mantan Jurnalis Majalah Misteri,Jakarta. email: maniakgaib@gmail.com 08176645205

6 tanggapan untuk “MITOS PIRANTI MISTIK ( JIMAT )”

Tinggalkan komentar