BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

MITOS PIRANTI MISTIK ( JIMAT )


IMG_20150417_020315Harus diakui bahwa ada rasa ketakutan dalam diri orang-orang yang pernah memahari piranti mistik tetapi tidak membawa faedah apapun. Mereka lebih memilih diam dan pasrah manakala piranti mistik yang telah dibelinya dengan harga yang luar biasa mahal. Ketidak beranian bersuara ini lantaran kuatnya mitos yang berkembang terkait piranti mistik. Untuk lebih jelasnya, saya akan menulis kembali seputar makna mitos.

Mitos adalah suatu bentuk pesan atau tuturan yang harus diyakini kebenarannya tetapi tidak dapat dibuktikan. Mitos juga merupakan suatu cara pemberian arti. Ambil contoh, kita biasa mendengar bahwa sebuah pohon besar dihuni oleh sebangsa makhluk gaib. Sehingga pohon itu tidak boleh ditebang, karena akan membuat makhluk gaib tersebut marah.

Mitos tersebut tentu tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Sebab tidak ada yang tahu dengan pasti apakah makhluk gaib itu benar-benar menghuni pohon tersebut atau tidak ada makhluk gaibnya. Tetapi mitos ini dipercaya dari mulut ke mulut dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dengan adanya mitos tersebut maka manusia tidak ada yang berani menebang pohon itu. Alhasil, pohon dapat hidup hingga ratusan tahun. Kesimpulannya, inti pesan dari mitos itu adalah pelestarian terhadap lingkungan. Persoalan ada atau tidak adanya makhluk gaib bukan hal yang penting lagi.

Mitos semacam ini juga berkembang dalam dunia supranatural, khususnya terkait dengan piranti mistik atau jimat. Misalkan adanya sebuah piranti mistik yang diyakini memiliki sejuta manfaat dan piranti tersebut dihuni sejumlah makhluk gaib dari jenis bangsa jin atau malaikat. Ini merupakan bentuk mitos piranti mistik.

Sedemikian kuatnya mitos tersebut membuat si pemilik piranti mistik sangat berhati-hati dalam menyimpannya. Bahkan jika si pemiliknya hendak ke kamar mandi pun, piranti tersebut harus diletakkan di luar kamar mandi.

Uniknya, meskipun piranti mistik itu tidak membawa manfaat apapun kepada pemiliknya, benda itu tetap disimpan rapi dan takut pula dibuangnya.

Ketakutan membuang piranti mistik tersebut lebih disebabkan mitos adanya makhluk gaib dalam benda tersebut akan marah jika benda itu dibuang sembarangan dan pemiliknya akan terkena sengklek (sial). Padahal membuang piranti mistik sama mudahnya dengan meniup debu di tangan.
Em Agus siswanto

6 comments on “MITOS PIRANTI MISTIK ( JIMAT )

  1. Cara Mengobati Nyeri otot
    April 24, 2015

    cerita mistis di dalamnya kadang sangat dekat dengan musyrik kepada allah swt

    Suka

  2. Bisnis Outbound Lembang
    April 28, 2015

    bagaimanpun juga kita tidak boleh percaya sama yang begituan, kita serahkan saja semuanya kepada YME, semua sudah diatur kok..🙂

    Suka

  3. Pakar Tour Bandung
    April 29, 2015

    Sepatutnya segala masalah yang menimpa kita kita serahkan saja kepada Tuhan YME

    Suka

  4. Terima kasih sudah berbagi artikel yang menarik buatn di baca ini..

    Suka

  5. artikel nya menarik sangat bermanfaat sekali..thanks

    Suka

  6. Zidna Collection
    September 3, 2016

    artikelnya menarik dan bermanfaat. terima kasih info nya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 13, 2015 by in film and tagged , , , .

Statistik Blog

  • 3,406,063 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: