HIASAN BATU PERMATA PADA GIGI SUKU MAYA


hiasan batu permata pada gigi Suku Aztek dan suku MayaSebuah temuan tengkorak memerlihatkan keunikan pada bagian giginya. Tengkorak yang diduga berusia sekitar 2500 tahun lalu ini ditemukan di Chiapas, Meksiko.

Sebagaimana tampak dalam gambar, pada bagian gigi terdapat beberapa batu permata berwarna-warni. Batu permata itu sengaja ditanam di setiap gigi yang ada. Terutama pada bagian depannya. Batu permata yang masih tersisa di tengkorak tersebut diantaranya jenis zamrud dan pyrus.

Temuan itu menunjukkan, tradisi merawat gigi di kalangan suku Aztek dan suku Maya sudah dikenal. Meskipun tidak diketahui secara persis bentuk operasinya dan untuk tujuan apa perawatan dan dekorasi gigi tersebut.

“Bukti sementara menunjukkan hiasan batu di gigi tidak menunjukkan kelas sosial tertentu,” kata José Concepcion Jiménez, antropolog yang mengumumkan hasil temuannya ini.

Menurutnya, orang-orang bangsa Aztek dan Maya sengaja menghiasi giginya dengan batu permata tersebut tidak berasal dari kalangan bangsawan atau orang-orang kaya pada masanya. Masyarakat biasa pun ada yang menghiasi giginya dengan permata.

Jimenez menduga, hiasan gigi itu merupakan bagian dari ritual agama yang mereka percaya. Meski untuk hal ini belum ada bukti mendukung.

Sejumlah ilmuwan lain mengatakan bahwa proses melubangi gigi tersebut tergolong canggih. Bahan-bahan antiseptik dari tumbuhan digunakan saat pekerjaan itu dilakukan. Itulah sebabnya tidak terjadi infeksi saat gigi dibor. Digunakan pula getah pohon untuk merekatkan batu permata di gigi.

“Ada kemungkinan digunakan bahan dari tumbuhan untuk mengurangi rasa sakit saat operasi melubangi gigi,” kilah Jimenez, sang antropolog.

Anda berminat ?

BaNi MusTajaB

Sumber: National Geographic
Photograph courtesy José C. Jiménez López

Penulis: M Agus Siswanto

https://gus7.wordpress.com (Blog BaNi MusTajaB). Blog ini sekadar kumpulan tulisan pribadi maupun orang lain. Tentu yang saya anggap menarik. Terkadang ada tulisan ringan, tapi tidak sedikit yang bikin pusing. Semoga bermanfaat. Aamiin. Penulis: M Agus Siswanto Mantan Jurnalis Majalah Misteri,Jakarta. email: maniakgaib@gmail.com 08176645205

19 tanggapan untuk “HIASAN BATU PERMATA PADA GIGI SUKU MAYA”

  1. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Wih, permata aja dipsang di gigi. Pada kaya-kaya orang jaman dulu, ya?
    @
    itu lebih terkait aspek spiritual ketimbang status sosial.

    Suka

  2. Ga dia aja kok, gw jg udh pasang… skrg udh ngetren lg pasang gigi prmata tp mgkn blm trlalu terkenal seperti behel….

    Suka

  3. sekarang pun hiasan di gigi seperti itu mulai ngetrend lagi…diklinik sy bisa melayani…

    Suka

  4. gak kebayang low zaman sekarang pakai gigi permata untuk hidup sehari2 ja susah dan aku salut bangat ama suku maya,,,,,,,, benar2 hebat,,,,,,,,,

    Suka

  5. itu adalah awal dari tradisi mengunakan gigi emas….
    mungkin karna di indonesia permata susah didapat
    jadi diganti ama emas

    Suka

  6. menurut ane sih, emas dan benda2 berharga emang berharga pada saat itu, tapi pemahaman mereka soal harta ga serakus kita dijaman sekarang

    Suka

  7. Manusia itu pada dasarnya tidak rela meninggalkan materi di dunia. Jadi muncullah yang namanya harta di kuburan dsb. Sebenarnya kalau sudah meninggal ngapain di bawa-2, nanti malah kuburan dibongkar orang .

    Suka

Tinggalkan komentar