BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

HIASAN BATU PERMATA PADA GIGI SUKU MAYA


hiasan batu permata pada gigi Suku Aztek dan suku MayaSebuah temuan tengkorak memerlihatkan keunikan pada bagian giginya. Tengkorak yang diduga berusia sekitar 2500 tahun lalu ini ditemukan di Chiapas, Meksiko.

Sebagaimana tampak dalam gambar, pada bagian gigi terdapat beberapa batu permata berwarna-warni. Batu permata itu sengaja ditanam di setiap gigi yang ada. Terutama pada bagian depannya. Batu permata yang masih tersisa di tengkorak tersebut diantaranya jenis zamrud dan pyrus.

Temuan itu menunjukkan, tradisi merawat gigi di kalangan suku Aztek dan suku Maya sudah dikenal. Meskipun tidak diketahui secara persis bentuk operasinya dan untuk tujuan apa perawatan dan dekorasi gigi tersebut.

“Bukti sementara menunjukkan hiasan batu di gigi tidak menunjukkan kelas sosial tertentu,” kata José Concepcion Jiménez, antropolog yang mengumumkan hasil temuannya ini.

Menurutnya, orang-orang bangsa Aztek dan Maya sengaja menghiasi giginya dengan batu permata tersebut tidak berasal dari kalangan bangsawan atau orang-orang kaya pada masanya. Masyarakat biasa pun ada yang menghiasi giginya dengan permata.

Jimenez menduga, hiasan gigi itu merupakan bagian dari ritual agama yang mereka percaya. Meski untuk hal ini belum ada bukti mendukung.

Sejumlah ilmuwan lain mengatakan bahwa proses melubangi gigi tersebut tergolong canggih. Bahan-bahan antiseptik dari tumbuhan digunakan saat pekerjaan itu dilakukan. Itulah sebabnya tidak terjadi infeksi saat gigi dibor. Digunakan pula getah pohon untuk merekatkan batu permata di gigi.

“Ada kemungkinan digunakan bahan dari tumbuhan untuk mengurangi rasa sakit saat operasi melubangi gigi,” kilah Jimenez, sang antropolog.

Anda berminat ?

BaNi MusTajaB

Sumber: National Geographic
Photograph courtesy José C. Jiménez López

19 comments on “HIASAN BATU PERMATA PADA GIGI SUKU MAYA

  1. anak indonesia
    Februari 8, 2010

    nggak kebayang kalau orang sekarang pakai yang kek gituan, buat makan aja susah.
    @
    tetapi pada masa itu, tradisi di atas tidak terkait dengan status sosial.

    Suka

  2. alamendah
    Februari 8, 2010

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Wih, permata aja dipsang di gigi. Pada kaya-kaya orang jaman dulu, ya?
    @
    itu lebih terkait aspek spiritual ketimbang status sosial.

    Suka

  3. biru selalu
    Februari 8, 2010

    (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Nggak bisa ngebayangin proses penempatannya. Pasti sudah canggih buanget, tuh.
    @
    memang sebuah tradisi yang unik, mas.

    Suka

  4. diazhandsome
    Februari 8, 2010

    dulu pake permata, sekarang banyak yang pake behel. hehehe😀
    @
    busyet…bagaimana sikat giginya??

    Suka

  5. alfon
    Februari 8, 2010

    maya adalah salah satu peradaban tertinggi selain mesir dan romawi
    @
    peradaban yang telah hilang, tetapi masih meninggalkan jejak mengagumkan

    Suka

  6. toko barcode
    Februari 12, 2010

    cling gigi bersinar
    @
    agar senantiasa tersenyum

    Suka

  7. Ruang Hati
    Februari 13, 2010

    wah bersinar tuh gigi
    @
    ya begitulah…

    Suka

  8. Siddiq Basid
    Februari 17, 2010

    gak kebayang kalo suku maya itu didatangi perampok trus si perampok minta gigi2 suku maya itu buat dirampok……ckckck…
    @
    saat itu mungkin emas berlimpah..

    Suka

  9. Kata mutiara
    Februari 17, 2010

    Wah kalo skarang zamannya krismon jadinya gigi pke kawat besi🙂 thanks bwt sharenya

    @
    zaman dulu lebih modern ya??

    Suka

  10. sejutainfo
    Februari 18, 2010

    Hebat juga ya…..zaman suku maya sudah bisa melakukan itu
    @
    peradaban lama yang sudah maju

    Suka

  11. Ihsan Prawoto
    Maret 24, 2010

    mbah moyang kita dulu pasang apa ya?

    Suka

  12. marsya
    April 25, 2010

    Ga dia aja kok, gw jg udh pasang… skrg udh ngetren lg pasang gigi prmata tp mgkn blm trlalu terkenal seperti behel….

    Suka

  13. yanuri widayati
    Mei 1, 2010

    sekarang pun hiasan di gigi seperti itu mulai ngetrend lagi…diklinik sy bisa melayani…

    Suka

  14. phewhe
    Juli 1, 2010

    gak kebayang low zaman sekarang pakai gigi permata untuk hidup sehari2 ja susah dan aku salut bangat ama suku maya,,,,,,,, benar2 hebat,,,,,,,,,

    Suka

  15. rezki
    Juli 11, 2010

    itu adalah awal dari tradisi mengunakan gigi emas….
    mungkin karna di indonesia permata susah didapat
    jadi diganti ama emas

    Suka

  16. d ruffy
    November 12, 2010

    menurut ane sih, emas dan benda2 berharga emang berharga pada saat itu, tapi pemahaman mereka soal harta ga serakus kita dijaman sekarang

    Suka

  17. situslakalaka
    Januari 7, 2011

    ane setuju tuh ama d ruffy

    Suka

  18. Santi Maharani
    Mei 31, 2011

    Manusia itu pada dasarnya tidak rela meninggalkan materi di dunia. Jadi muncullah yang namanya harta di kuburan dsb. Sebenarnya kalau sudah meninggal ngapain di bawa-2, nanti malah kuburan dibongkar orang .

    Suka

  19. tablet pc
    September 16, 2011

    menurut ane sih, emas dan benda2 berharga nanti malah kuburan dibongkar orang

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 3,406,063 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: