BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

SEKELUMIT KISAH MALAM LAILATUL QODR



indexLailatul Qodr adalah satu malam yang memiliki nilai setara dengan seribu bulan (sekira 83 tahun). Ini kita baca dari Firman Alloh SWT di dalam surah Al Qodr.

FirmanNya : ”Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qodr : 4 – 5)

Diantara hadits-hadits yang menceritakan tentang tanda-tanda lailatul qodr adalah :

”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke Bumi daripada jumlah pepasiran.” (HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani)

Lailatul qodr merupakan rahasia Allah SWT. Untuk itu dianjurkan agar setiap muslim mencarinya di sepuluh malam terakhir.

Pendapat paling kuat, terjadinya malam Lailatul Qadr itu pada malam terakhir bulan Ramadhan, berdasarkan hadits ‘Aisyah radiyallahu ‘anha, dia berkata:Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan beliau bersabda, “Carilah malam Lailatul Qodr di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Disunnahkan untuk memperbanyak doa pada malam tersebut. Telah diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, (dia) berkata, “Aku bertanya, Ya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apa pendapatmu jika aku tahu kapan malam Lailatul Qodr (terjadi), apa yang harus aku ucapkan?” Beliau menjawab, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah).

Sekelumit Kisah

Kisah ini saya dapatkan pada Bulan Ramadhan sekira tahun 2000, saat bertemu sahabat semasa kuliah di Yogyakarta. Namanya Cahyana (kini beliau sudah almarhum).

Ketika itu, saya hendak bersilaturahmi ke Ponpes Hidayatul Mubtadiin pimpinan KH Zumri Fadlil di Dusun  Banaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di pesantren inilah saya bertemu dengan Cahyana.

Setelah bermalam beberapa hari di pesantren, Cahyana mengajak saya bermalam di rumahnya, di Ambarawa.

Sekilas saya hendak bercerita sedikit tentang sahabat akrab saya yang kini sudah menghadap Sang Khalik itu. Sosok pria lembut yang saya anggap menjalani kehidupan sufi.

Semasa menuntut ilmu di Yogyakarta, saya biasa berbincang dengannya seputar tasawuf, khususnya dimensi mistis yang beliau alami. Saya menyebutnya Dunia Ekstra Dimensi.

Beberapa kisah-kisah beliau masih terekam kuat dalam benak saya.Ketika itu saya menilai ada sesuatu hal yang berbeda dari pandangan dan pengalamannya dalam dunia ekstra dimensi ini. Tetapi saat ini saya tidak ingin menguraikannya lebih jauh.

Saya hanya ingin mengurai sedikit perbincangan saya dengannya seputar Lailatul Qodr pada pertemuan di rumahnya itu. Sebelumnya saya hendak menekankan kepada pembaca bahwa ini adalah sebuah pengalaman pribadi (ekstase) seseorang yang tidak dapat dijadikan rujukan. Kebenarannya hanya Alloh SWT yang mengetahui.

Dia berkata bahwa pada malam-malam Ramadhan itu, dirinya biasa melakukan tadarus, tilawah Al Qur’an, berzikir dan lain-lain. Ibadah yang juga dilakukan seluruh umat Islam di Bumi ini.Namun, pada suatu malam tertentu, dirinya merasa ada sesuatu yang lain.

Dia mengisahkan bahwa saat itu dia duduk di dalam masjid, dimana posisi tubuhnya dengan dinding bagian dalam masjid berjarak seukuran panjang sajadah.

Tiba-tiba saja, pandangan matanya seolah menembus dinding tembok hingga dia dapat melihat pemandangan di bagian luar masjid. Tetapi yang menarik perhatiannya adalah saat matanya di arahkan ke langit yang ditaburi gemerlapnya bintang-bintang.

 “Saya melihat benda berwarna putih yang turun dari langit. Jumlahnya sangat banyak,” kata Cahyana kepada saya ketika itu.

Menurutnya, benda-benda putih itu mirip sepasukan penerjun payung yang diturunkan di berbagai tempat. Seolah-olah sedang diadakan latihan militer di wilayah itu

Cahyana mengaku sempat menghentikan zikirnya dan matanya terus menatap kumpulan benda-benda berwarna putih yang turun ke arah darat.

Sejauh mata memandang, benda-benda putih yang tidak terhitung jumlahnya itu semakin mendekati Bumi. Seolah-olah hendak siap mendarat. Bersamaan dengan itu terdengar dengungan mirip suara lebah (tawon).

Dirinya mengaku terkejut saat benda-benda putih itu mulai terlihat wujudnya. Antara percaya dan tidak, benda berwarna putih itu ternyata berwujud manusia berjubah putih yang sedang berzikir.

Dia mengatakan bahwa setiap benda putih itu terdiri dari 5 atau 6 orang yang saling bergandeng tangan membentuk lingkaran. Mereka menggerak-gerakkan tubuhnya sambil berzikir: Laillaha illalloh. Suaranya terdengar jelas, bergemuruh dan tampak seperti sebuah paduan orkhestra.

Seolah lupa dengan dirinya yang sedang berada di dalam masjid, Cahyana terus saja memerhatikan makhluk-makhluk berjubah putih yang terus mendekat ke arah darat. Suara zikir Laillaha Illalloh menggema di angkasa raya.

“Saat itu saya seperti mengetahui dimana makhluk-makhluk berjubah putih itu akan turun. Maksud saya, di rumah si A atau rumah si B,” kata Cahyana.

“Apakah makhluk-makhluk itu para malaikat yang turun ke Bumi?” Tanya saya.

Cahyana menggelengkan kepalanya sambil mengatakan tidak tahu. Dia tidak ingin berspekulasi terhadap apa yang dilihatnya itu.  Anehnya, dia pun mengaku lupa peristiwa menakjubkan itu terjadi pada malam keberapa dalam bulan Ramadhan. Bahkan tahun, jam atau waktu peristiwa itupun dia sama sekali tidak ingat.

Kejadian yang dialaminya memang pada Ramadhan sebelum pertemuan saya dengannya. Tapi pada tahun berapa peristiwa itu terjadi, dia mengaku lupa.

Demikian sekelumit kisah ekstra dimensi yang dapat saya paparkan di sini. Meski pengalaman ini sejalan dengan ayat Al Qur’an yang mengisyaratkan turunnya para malaikat pada malam Lailatul Qodr, namun tetaplah ini hanya pengalaman pribadi yang tidak dapat dijadikan rujukan.

Kisah lain seputar lailatul Qodr yang cukup mashyur di negeri ini adalah kisah Waliyullah Syekh Arsyad Al Banjari, Martapura, Kalimantan Selatan.

Dikisahkan. ibunda Syekh Arsyad Al Banjari selalu berdoa agar anak-anak dan keturunannya dijadikan waliyulloh di muka Bumi.

Doa ibunda ini dikabulkan oleh Alloh SWT yang ditandai dengan kecerdasan otak dan kecerdasan spiritual sosok Syekh Arsyad Al Banjari. Beliau tergolong waliyulloh yang disegani di negeri ini hingga meluas ke beberapa negara tetangga.

Pembaca Budiman.

Tentu saja yang paling beruntung dan pasti menjumpai lailatul qodr adalah mereka yang memburunya pada setiap malam di seluruh bulan Ramadhan. Berbahagialah mereka yang pada malam istimewa itu sedang berbuat atau beramal baik. Karena mereka akan mendapatkan pahala senilai beramal baik 1000 bulan.

Wallahu a’alam bissawab

BaNi MusTajaB

38 comments on “SEKELUMIT KISAH MALAM LAILATUL QODR

  1. susisetya
    Agustus 4, 2011

    malam lailatul qodat\r memang malam yang ditunggu olah seluruh umat muslim di bumi ini…

    Suka

  2. kimciti
    Agustus 8, 2011

    Tingkatkan terus amal ibadah di bulan suci ini..
    Kunjungi juga website bisnis menjanjikan di bawah ini:
    http://www.kimciti.com
    Sukses bersama kami!!

    Suka

  3. seli_usel
    Agustus 11, 2011

    memang malam yang sangat di tunggu oleh seluruh umat islam di dunia,
    karena malam lailatul qodat’r malam seribu bulan dan hanya ada 1 tahun dalam sekali

    Suka

  4. agriculturproduct
    Agustus 11, 2011

    semoga kita mendapatkan nya di akhir ramadhan ini ya gan.?

    Suka

  5. BELAJAR SEO BLOGSPOT
    Agustus 12, 2011

    hayinraditya.blogspot.com

    malam yang paling aku idam2kan dalam hidup aku..

    Makasih artikelnya..
    Jangan lupa kunjungan baliknya.. He3x

    Suka

  6. BELAJAR SEO BLOGSPOT
    Agustus 12, 2011

    hayinraditya.blogspot.com

    malam yang paling aku idam2kan dalam hidup aku..

    Makasih artikelnya..
    Jangan lupa kunjungan baliknya.. He3x…

    Suka

  7. Nurhadi
    Agustus 13, 2011

    Malam Lailatul Qodar Malam Seribu Bulan. 1 Malam = 2.73 Tahun.
    Semoga Kita Semua Disini Mendapatkannya Di tahun Ini.
    Amin

    Suka

  8. yepiaddiantopy
    Agustus 13, 2011

    wah postingan yang bagus.berharap bisa dapat lailatul qodar..heheheh

    Suka

  9. ZuSmart Drc
    Agustus 15, 2011

    Nurhadi: Amin.. Ya Allah, rahmatilah kami pada malam Lailatul Qadar.

    sliding door curtain ideas

    Suka

  10. Tanda tanda Kehamilan
    Agustus 16, 2011

    amin ya Rabb. izinkanlah akan beroleh nikmat lailatul qadr

    Suka

  11. galeritenuntroso
    Agustus 17, 2011

    subhanallah..
    semoga di bulan puasa ini aku bisa mendapatkan 1001 bulan
    di malam lailatulqodar…. amin

    Suka

  12. Rumah Dijual
    Agustus 18, 2011

    posting yang bagus tw,,, 🙂

    Suka

  13. Rumah Dijual
    Agustus 18, 2011

    malam yang sangat di tunggu2 tw,,,🙂

    Suka

  14. Printing
    Agustus 18, 2011

    nice postingnya,,,🙂

    Suka

  15. Belajar Forex
    Agustus 18, 2011

    nice artikelnya,,,🙂

    Suka

  16. abifasya
    Agustus 19, 2011

    Assalaamu ‘alaikum
    Artikel yang luar biasa mas, penuh hikmah. smoga kita semua bisa menjemput lailatul qadar

    Suka

  17. khamiL
    Agustus 22, 2011

    sungguh malam yang mulia banget, malam yang bagus daripada seribu bulan,.

    Suka

  18. foredi murah
    Agustus 27, 2011

    Artikel yang sangat bagus,banyak mengandung makna ,thank’s

    Suka

  19. zaycoel
    Agustus 30, 2011

    Rahasia malam, hanya Allah swt yg mengetahui

    Suka

  20. web design idea
    September 6, 2011

    nice article,,,
    rahasia malam seribu bulan,,semoga membawa hikmah bwt kita

    Suka

  21. jelly gamat
    September 8, 2011

    subhanalloh kisah yang sangat inspratif…
    itulh kekuasaan Alloh…

    Suka

  22. xamthone
    September 13, 2011

    artikel nya sangat menarik nie………….

    Suka

  23. agen xamthone plus bandung
    September 13, 2011

    mantap nie artikel nya sangat menarik nie …………

    Suka

  24. xamthone plus
    September 15, 2011

    wah cerita nya sangat bagus nie……….

    Suka

  25. hajarabis
    Oktober 26, 2011

    islam banget yya🙂
    salam kenal aja .
    http://www.hajarabis.com

    Suka

  26. xamthone plus
    Februari 2, 2012

    sangat bermanfaat sekali, terimakasih udah mengingatkan…

    Suka

  27. umaee
    Februari 6, 2012

    perenungan yang bermanfaat.. amiiin semoga ramadhan berikutnya saya dapat

    salam umaee😀

    Suka

  28. hajarabis
    Februari 14, 2012

    i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…
    anda juga dapat berbagi pada sesama

    Suka

  29. the-netwerk
    Februari 14, 2012

    nice🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    Suka

  30. Gerizal
    Februari 18, 2012

    artikel yg mencerahkan..

    Suka

  31. kuri
    April 2, 2012

    malam 1000 bulan moga aku bisa dengan maksimal menjalankan ibadah

    Suka

  32. obat alami ace maxs
    Mei 12, 2012

    wah informasi yang bagus sekali,, terimkasih,,

    tingkatkan terus ya

    Suka

  33. Komputer Kasir
    Mei 17, 2012

    Subhanallah, wait next topic gan

    Suka

  34. obat alami asam urat
    Mei 23, 2012

    malam lailatul Qadar memang malam yang sangat istimewa sekali dan sangat begitu berkah bagi umat islam , banyak orang-orang menunggu datangnya malam lailatul Qadar untuk memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya memohon ampunan dosa dan berdoa khusu di dalam mesjid.
    karna malam lailatul Qadar datangnya hanya satu tahun sekali . jadi jangan pernah mengabaikan malam lailatul Qadar ..

    Suka

  35. Jagonya Mesin Kasir
    Juni 12, 2012

    Sangat istimewa bgi semua umat Islam

    Suka

  36. obat rematik
    Juni 22, 2012

    wah itu sih indah dan istimewa banget..

    salam kenal ya

    Suka

  37. Hasni Sofyan
    Juli 15, 2012

    kata Guru ku disini : tidak usah mengharap Lailatur Qadar. beribadah lah sebulan penuh bulan Ramadhan, pasti dalam satu malam itu kita akan menemui lailatur qadar, walau kita tidak menyaksikan peristiwa2 yang diceritakan diatas. Dari beberapa kisah2 tentang orang yang mengalami Lailatur qadar, semuanya tidak ada yang mengharap turun peristiwa2 itu pada dirinya, yang ada hanya niat ikhlas ibadah mengharap ridho Allah mengingat betapa mulianya ber ibadah di bulan Ramadhan…..

    Suka

  38. Jimi Roy
    Juli 3, 2014

    memang benar nggak perlu ngarepin lailatul qodr, karena puasa ini kita dianjurkan memperbaiki diri masing-masing agar diampuni Allah, puasa intinya pengampunan Allah buat seluruh umat yang beriman, adapun lailatul qodr akan mengiringinya jika seseorang beriman berpuasa dg ikhlas karena Allah saja. sama halnya jika kita menjadi pegawai pada satu perusahaan/PNS, jika ada bingkisan lebaran secara otomatis akan mendapatkannya sekalipun tidak diminta, demikian halnya dengan AlQodr jika Allah sudah senang pasti akan diberikan baik diminta ataupun tidak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 3,406,063 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: