VIDEO MENGEJUTKAN: DITANGKAP AKIBAT MENARI DI GEDUNG MEMORIAL JEFFERSON


Sejumlah orang ditangkap saat menari di Gedung Memorial Jefferson, di Washington, Amerika, pada sabtu 28 mei lalu.

Jika Anda melihat tayangan video ini, tentu saja Anda akan terkejut melihat bagaimana cara polisi menangkap mereka.

Orang-orang yang ditangkap tersebut memang sengaja menari untuk memprotes keputusan pengadilan terhadap larangan menari di Gedung Memorial Jefferson.

Sebelumnya, seorang hakim bernama John Bates memutuskan telah melarang menari di tempat tersebut karena dianggap merusak suasana tenang dan mengurangi rasa hormat pada mendiang Presiden Amerika ketiga Thomas Jefferson.

Hal itu terkait dengan aksi seorang wanita yang ditangkap pada 2008, gara-gara menari di Memorial Jefferson pada peringatan kelahiran Jefferson.

Mary b. Oberwetter ditangkap pada malam 13 April 2008. Dia dan beberapa rekannya berkumpul pada malam peringatan itu dengan cara menari-nari. Namun tindakannya dibubarkan aparat kepolisian. Bahkan Mary ditangkap.

Kemudian Mary mengajukan gugatan ke pengadilan. Mary menilai penangkapannya melanggar kebebasannya berekspresi.Tapi Hakim Bates akhirnya memutuskan bahwa polisi yang menangkapnya telah melakukan tindakan yang benar dan menilai Memorial Jefferson bukan forum publik biasa, dimana orang bebas menari.

Keputusan itulah yang mengundang protes. Sabtu 28 Mei lalu, sejumlah orang datang untuk menunjukkan ekpresi protesnya dengan cara menari di Memorial Jefferson. Petugas pun datang mencegah aksi mereka.

Salah satu aktivis anti perang yang juga host acara Rusia Today, Adam Kokesh, ikut pula menari. Kokesh pun ditangkap bersama para penari lainnya.

Dalam waktu singkat, sekitar delapan aktivis yang menari itu ditangkap. Mereka ditangkap dengan cara kasar. Bahkan ada yang dibanting dan dipelintir tangannya, sebelum kemudian diborgol.

Di sini kita melihat, Thomas Jefferson, presiden ketiga Amerika Serikat, yang pernah berkata bahwa pemerintah yang tepat adalah pemerintah yang tidak hanya melarang individu dalam masyarakat dari pelanggaran terhadap kebebasan individu lainnya, tetapi juga menahan diri dari mengurangi kebebasan individu.

Dus, sungguh ironis apa yang dikatakan Thomas Jefferson dengan kenyataan yang ada saat ini.

Gedung Jefferson Memorial di bangun pada 1943 dengan arsiteknya John Russel Pope. Gedung bergaya Roma ini didesain untuk melengkapi simbol demokrasi Amerika. Di lingkungan Jefferson Memorial ini terdapat pula Lincoln Memorial yang berhadapan dengan Gedung Capitol.

Ya, begitulah Amerika…. Ada-ada saja …

BaNi MusTajaB

video penangkapan Adam Kokesh pada 28 Mei 2011

video penangkapan Mary Oberwetter pada 13 April 2008

 

Penulis: M Agus Siswanto

https://gus7.wordpress.com (Blog BaNi MusTajaB). Blog ini sekadar kumpulan tulisan pribadi maupun orang lain. Tentu yang saya anggap menarik. Terkadang ada tulisan ringan, tapi tidak sedikit yang bikin pusing. Semoga bermanfaat. Aamiin. Penulis: M Agus Siswanto Mantan Jurnalis Majalah Misteri,Jakarta. email: maniakgaib@gmail.com 08176645205

15 tanggapan untuk “VIDEO MENGEJUTKAN: DITANGKAP AKIBAT MENARI DI GEDUNG MEMORIAL JEFFERSON”

  1. Saleum,
    saya gak tau mau berkomentar apa kang, soalnya kan pemerintah AS sudah membuat UU yg melarang menari ditempat itu, sebaiknya para “penari” itu ikuti UU tersebut setidaknya itu sbg wujud masyarakat yg baik yg taat UU, Macam tidak ada lagi tempat untuk menari diAS. entahlah terkadang emang bener ” Peraturan itu dibuat untuk dilanggar…”
    saleum dmilano

    Suka

  2. Ternyata di negara yang katanya pionir demokrasi juga masih berlaku peraturan2 yang dianggap oleh sebagian pihak tidak demokratis.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    Suka

  3. Wah kalo saya sih melihat nya memang harus ditangkap, sangat tidak layak goyang badan / joget (karena di video jelas2 itu bukan tarian, tapi joget) di tempat yg harus nya dihormati seperti itu. Sama aja kalo kita joget di kuburan wajar ga?? Jangan mengaku org berbudaya kalo kita tidak bisa menghargai hal kecil seperti ini
    Permisi mau nitip link | Kue Kering | Resep Macam2 Kue |

    Suka

  4. Hai teman , Anda berbagi pandangan Anda tentang situs web optimasi mesin pencari , saya juga pengguna baru dari web , sehingga saya juga mendapatkan lebih dari itu. Terima kasih kepada semua .

    Suka

  5. Yang menarik untuk ditelusuri adalah apakah suatu perjanjian dapat dibuat apabila bertentangan dengan UU. Pasal 23 Algemene Bepalingen van wetgeving voor Indonesie (AB) atau yang dikenal dengan Peraturan Umum Mengenai Perundang-Undangan Untuk Indonesia menyebutkan bahwa “Undang-undang yang ada sangkut pautnya dengan ketertiban umum atau tata susila yang baik, tidak dapat dihilangkan kekuatan hukumnya dengan tindakan atau persetujuan”. Pasal ini menjelaskan bahwa suatu UU yang ada sangkut pautnya dengan ketertiban umum, seperti UU No10 Tahun 1998 tentang Perbankan tidak dapat dihapus dengan suatu perjanjian. Dengan demikian apabila perjanjian MSAA bertentangan dengan UU, maka dengan sendirinya perjanjian tersebut batal demi hukum (null and void) atau tidak sah sejak awal mula ditandatangani.

    Suka

Tinggalkan komentar