BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

MISTIK PLURALIS BUNG KARNO


Lazada Indonesia
Advetorial

Gambar

Sosok Bung Karno selalu kita kenang. Tokoh ini tidak akan pernah dilupakan negeri ini. Namanya selalu melekat erat dalam setiap mengulas sejarah bangsa ini.

Ada banyak kisah mistik yang menyelimuti sosok Bung Karno. Pembaca pun sudah terbiasa membaca kisah mistik beliau. Tetapi kali ini saya ingin mengulas sesuatu yang berbeda, yaitu mistik pluralis.

Maksud mistik pluralis ini adalah kemampuan mistik Bung Karno menyatukan beragam manusia dengan adat dan istiadat berbeda dalam satu wadah bernama Republik Indonesia. Kemampuan mistiknya ini juga merupakan perpaduan antara kecerdasan lahiriah dan kecerdasan batiniah.

Sebagaimana diketahui, membentuk sebuah negara itu tergolong mudah. Sebuah negara dapat dibentuk di atas meja. Hanya dengan menggaris wilayah-wilayah tertentu di dalam peta, maka terbentuklah batas-batas negara. Lalu wilayah yang masuk dalam garis batas tadi diberi nama sebuah negara dan diproklamirkan.

Menggaris peta wilayah di atas kertas itu mudah, tetapi menerapkannya di lapangan sungguh sangat tidak mudah. Ada banyak negara yang terbentuk utuh di atas kertas, tetapi yang terjadi di lapangan adalah peperangan atau perang saudara. Manusia-manusia yang berada dalam wadah yang sama itu memiliki karakter berbeda, memiliki adat dan budaya berbeda. Semuanya mengklaim keunggulan ada pada kelompoknya.

Tetapi Bung Karno berhasil menyatukan perbedaan itu semua berkat kemampuan mistik pluralisnya yang mumpuni.

Doa Bung Karno

Bung Karno tahu benar bahwa rangkaian wilayah yang ada di Nusantara ini sangat banyak.  Ribuan pulau yang berserakan dalam batas wilayahnya sendiri-sendiri. Masing-masing wilayah itu memiliki raja atau penguasa yang juga memiliki aturan sendiri. Bung Karno ingin menyatukan semua itu dalam satu wadah. Bahkan lebih jauh dari itu, beliau tidak ingin wadah itu retak, apalagi pecah berantakan.

Sejak berusia dua puluhan, Bung Karno sudah memikirkan hal itu. Memikirkan sebuah wadah yang kuat untuk menampung puluhan juta manusia yang memiliki beragam suku, adat-istiadat, dan beragam agama dan kepercayaan.  Menampung masyarakat yang rukun dan damai dalam satu wadah yang kokoh dan tidak akan pernah retak.

Sejak muda Bung Karno selalu memohon kepada Tuhan agar diperbolehkan ikut membentuk masyarakat di dalam wadah itu. Hasrat Bung Karno itu didasari pula oleh keyakinannya bahwa jika kelak dirinya meninggal dunia, maka Para Malaikat akan menghampirinya dan meminta pertanggung jawaban, “Sukarno, tatkala engkau hidup di dunia, engkau telah mengerjakan beberapa pekerjaan. Apa pekerjaan yang paling engkau cintai? Apa pekerjaan yang paling engkau kagumi? Apa pekerjaan yang paling engkau ucapkan syukur kepada Allah SWT?”

“Ketika aku hidup didunia ini, aku telah ikut membentuk negara Republik Indonesia. Aku telah ikut membentuk satu wadah bagi masyarakat Indonesia,” demikian pertanggung jawaban Bung Karno.

Mistik Pluralis Bung Karno

Tentu saja Bung Karno tidak sendirian dalam memikirkan wadah yang bernama negara Republik Indonesia. Ada banyak manusia sezamannya yang juga memiliki pikiran dan keinginan yang sama. Tetapi sejarah mencatat, Bung Karno berada di garis depan dalam mewujudkan terbentuknya wadah bernama Republik Indonesia.

Kemampuan seperti ini tidak pernah dimiliki oleh para tokoh-tokoh pendahulunya, bahkan hingga di era Kerajaan Majapahit. Tokoh sekaliber Gajah Mada memang memiliki impian yang sama untuk menyatukan masyarakat yang mendiami ribuan pulau yang berserakan. Tetapi Gajah Mada tidak pernah benar-benar berhasil merampungkan impiannya.

Meskipun Gajah Mada memiliki kekuatan atau kesaktian yang diejawantahkan dalam bentuk Sumpah Palapa, tetapi sumpah itu mengenyampingkan watak pluralis yang dimiliki masyarakat negeri ini. Sumpah Palapa lebih beraroma penjajahan terhadap kerajaan-kerajaan yang dianggap menyaingi Kerajaan Majapahit.

Sementara tokoh-tokoh yang lahir setelah Gajah Mada malahan tidak pernah menyamai prestasi yang diraih Gajah Mada, apalagi melebihinya.

Tetapi, tentu saja, Bung Karno belajar dari para pendahulunya itu. Di sinilah kemampuan Bung Karno dalam mengolah sisi spiritualis dalam jiwanya. Konsep dan praktek olah batinnya (baca: meditasi) ini jauh di atas orang pada masanya. Dan ini jauh dari aktivitas mistik yang biasa kita kenal.

Dalam hal ini Bung Karno pernah berkata,”itu (meditasi) adalah bagian dari kehidupan manusia yang ranahnya ada di dalam hati. Yang tentu saja tidak terpisahkan dari kehidupan dan akal yang ada.”

Mistik pluralis Bung Karno ini tidak mungkin menghasilkan beragam aneka macam keilmuan mistik yang konon katanya disematkan pada diri Bung Karno. Memang benar, dalam proses perjalanan hidupnya Bung Karno diyakini sering melakukan tirakat diberbagai tempat atau berguru kepada tokoh-tokoh spiritual yang mumpuni pada masanya itu. Semua itu bisa jadi benar adanya. Tetapi puncak dari semua itu adalah mistik pluralis yang melekat kuat dalam dirinya.

Kemampuan mistik pluralis Bung Karno inilah yang kemudian melahirkan Pancasila. Bung Karno tidak menciptakan Pancasila. Dia menggalinya dari seluruh wilayah negeri ini.  Bahkan bukan hanya menggali, tetapi menjadi pengikat wadah yang bernama Republik Indonesia.

Inilah prestasi tertinggi Bung Karno..

illa arwahi Sukarno…..al fatihah..

 

AGUS SISWANTO

50 comments on “MISTIK PLURALIS BUNG KARNO

  1. Imam Fahruddin
    Juni 10, 2012

    Pemimpin yang berani menanggung resiko demi kepentingan bangsa dan negaranya…Bung Karno

    Suka

  2. Jagonya Mesin Kasir
    Juni 11, 2012

    Hidup Bung Karno !!!!

    Suka

  3. trye
    Juni 13, 2012

    🙂 hidddduuup bunng karrno

    Suka

  4. mainan anak
    Juni 14, 2012

    sesuai sepak terjangnya, kini namanya harum dikenang rakyat Indonesia sepanjang masa

    Suka

  5. obat alami stroke
    Juni 14, 2012

    ikut menyimak gan🙂
    artikelnya bagus sekali mengenang bung karno yang dulu , :0

    Suka

  6. yadi
    Juni 15, 2012

    ikut nyimak artikel nya bung karno emang sosok yng sangat sempurna bagi rayatnya.,.,., thanks

    Suka

  7. zona berita
    Juni 16, 2012

    emang pahlawan bangsa…
    namamu masih tetap harum..

    Suka

  8. jelly gamat luxor
    Juni 20, 2012

    bung karno bukan hanya tokoh pahlawan Indonesia tetapi dunia

    Suka

  9. hidup bung karno🙂

    Suka

  10. Nuri
    Juni 27, 2012

    Nice Info,
    thx sharingnya,

    kunjungi web kita ya :
    PT.Magenta Indra Kreasi (spesialis barang promosi)
    Pulpen promosi, Kaos, kemeja, Topi, Tas, Mug, Thumbler
    http://www.importirpromosi.com
    marketing@importirpromosi.com

    Suka

  11. thanks gan infonya🙂

    Suka

  12. Jelly gamat luxor
    Juli 10, 2012

    Indonesia bangga memiliki Presiden seperti beliau..
    yg dihormati dunia.. ^^

    Suka

  13. blog
    Juli 11, 2012

    terus terang saya tidak begitu mengenal Bung Karno, yang saya kenal beliau adalah seorang pemimpin besar yang mempunyai kharismatik. thx info tentang sejarahnya mas. bisa menambah wawasan saya.

    Suka

  14. Obat Asma Alami
    Juli 12, 2012

    tapi tidak sedikit juga yang kurang suka dengan jiwa pluralis nya bung karno.

    Suka

  15. modern classic furniture
    Juli 26, 2012

    indonesia bangga mempunyai pemimpin seperti beliau..!!
    nice post
    salam kenal kawan..!!
    ditunggu kunjungan baliknya ya..!!

    Suka

  16. gamat luxor
    Juli 28, 2012

    bung karno emang patut diacungi banyak jempolll

    Suka

  17. soekarno ok deh

    Suka

  18. Ilmu Metafisika
    Agustus 15, 2012

    Bung Karno sangat kharismatik

    Suka

  19. Anindya Dewi
    Agustus 27, 2012

    Mau mistik atau tidak, bung karno adalah sosok yang tidak akan pernah tergantikan..

    Suka

  20. rendy
    September 5, 2012

    emang bung karno ni penuh dengan nuansa mistik

    Suka

  21. junaedi
    September 6, 2012

    soekarno seorang pemimpin negara yg selalu melayani rakyat bukan di layani rakyat

    Suka

  22. ray
    September 24, 2012

    ya sukarno hebat,, sampai harus menangis di depan Abu beureu`eh demi mempertahankan repoblik Indonesia yang sudah hampir kalah…

    Suka

    • Prapto
      Februari 1, 2013

      Abu burere? Jauh om levelnya ma bung karno.sukarno mau menagis atw apapun itu demi cintanya pd NKRI

      Suka

  23. baju busana muslim
    September 27, 2012

    meski saya tidak terlalu mengerti dengan topik yang dibicarakan , tapi secara keseluruhan topiknya menarik, makasih ya sdh mau berbagi

    Suka

  24. Jelly Gamat Luxor
    September 28, 2012

    berbagi motivasi kata teman
    Bangga pada dirimu sendiri, Meski ada tidak Menyukai. Kadang-kadang mereka membenci karena mereka tidak bisa seperti Anda.
    mungkin berguna dan Salam: D, saya tunggu kunjungan balik ya: D

    Suka

  25. Christo
    September 30, 2012

    nice article

    Suka

  26. andai dia masih hidup, pasti tidak akan seperti ini Indonesia😥

    Suka

  27. arif
    Oktober 13, 2012

    Bung Karno yang membanggakan

    Suka

  28. bens abdullah
    Oktober 16, 2012

    Seharusnya pemimpin kita yang terlibat korupsi ,malu dengan Bung Karno.Bertobat lah…perbuatan kita akan di balas di dunia dan di akherat nantinya.

    Suka

  29. obat herbal diabetes melitus
    Oktober 18, 2012

    semuanya patut kita banggakan…

    Suka

  30. Joyoyakti
    Oktober 21, 2012

    Bung Karno memang religius,tapi gak ada kisah mistik Bung Karno seperti pada tulisan ini di buku2 sahih tentang beliau,seperti Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia,maupun Dibawah Bendera Revolusi.

    Suka

  31. Joyoyakti
    Oktober 21, 2012

    Sepertinya gak ada kisah mistis semacam ini dalam buku2 sahih tentang beliau seperti,Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia,maupun Dibawah Bendera Revolusi.

    Suka

  32. endang
    Oktober 24, 2012

    sby hrs nya ngaca …contoh tuh bung karno…

    Suka

  33. Jefry
    Oktober 30, 2012

    Sayangnya ya yang memiliki kemampuan luar biasa hanyalah Bung Karno dan sebagian pemimpin2 kita terlalu memperhatikan penampilan dan kata2 orang, sehingga ilmu kebatinannya kurang terasah seperti Bung Karno
    Saya rindu Indonesia menjadi bangsa yang besar dan dikenal oleh bangsa2 lain…

    Suka

  34. Asep
    November 17, 2012

    Keren…

    Suka

  35. Azhar
    November 27, 2012

    Pemimpin besar selalu ada sisimistik

    Suka

  36. sobat herbalis
    Desember 18, 2012

    nice share gan ,, artikel yang menarik untuk di baca🙂

    Suka

  37. mesin kasir
    Mei 10, 2013

    tanpa soekarno Indonesia ttp dlm penjajahan

    Suka

  38. Internet Marketing
    Mei 14, 2013

    bung karno memang selalu punya aura karisma tersendiri😀

    Internet Marketing

    Suka

  39. Ki Joko Deleg
    Mei 18, 2013

    MERDEKAAAAAAAA……!!!

    Suka

  40. Rumah Ukir
    Juli 3, 2013

    Pemimpin yang slalu dirindukan

    Suka

  41. mesin kasir
    Agustus 2, 2013

    semoga para pemimpin saat ini memiliki kebijaksanaan seperti bung karno
    aminnn

    Suka

  42. mesin kasir
    Agustus 2, 2013

    Menginspirasi bgt

    Suka

  43. adaptor notebook
    Agustus 22, 2013

    Terima kasih atas informasinya sangat kreatif dan inspiratif. Salam.

    Suka

  44. @NizamDragneel
    September 17, 2013

    AMAZING!!

    Suka

  45. Mesin Kasir Top
    Oktober 24, 2013

    selalu ndor , pahlawan kemerdekaan🙂

    Suka

  46. ruhiyat35
    November 17, 2013

    Reblogged this on ruhiyat35.

    Suka

  47. menurut saya, beliaulah presiden terhebat yang pernah memimpin Indonesia..
    Merdeka….!!!😀

    Suka

  48. artikelnya bagus , i like it

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juni 6, 2012 by in artikel and tagged , , , , , , , .

Statistik Blog

  • 3,409,683 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: