BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

LOGIKA PIKIRAN MISTIK


Lazada IndonesiaPikiran berperan penting dalam menentukan sikap dan perilaku keseharian kita. Pikiran terbagi dua, positif dan negatif. Kedua pikiran itu saling berebut dalam menentukan gerak langkah kehidupan kita. Keduanya ada di dalam otak kita dan memiliki cabang-cabang pikiran, termasuk pikiran mistik.

Pikiranlah yang menentukan kemana kita akan melangkah dan bagaimana cara kita melangkah. Jika pikiran kita positif, maka langkah yang ditempuh positif. Sebaliknya, jika pikiran kita negatif, langkahnyapun cenderung negatif.

Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya Terapi Berpikir Positif mengutip sebuah tulisan ilmiah bahwa setiap hari manusia menghadapi lebih dari 60.000 pikiran. Satu-satunya yang dibutuhkan sejumlah besar pikiran ini adalah pengarahan. Jika arah yang ditentukan bersifat negatif, maka sekitar 60.000 pikiran akan keluar dari memori ke arah negatif. Sebaliknya, jika pengarahannya positif, maka sejumlah pikiran positif juga akan keluar dari ruang memori ke arah yang positif.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen pikiran manusia bersifat negatif. Dengan kenyataan ini, jika diperbandingkan, maka 80 persen dari 60.000 pikiran dalam diri seseorang, maka manusia setiap harinya memiliki 48.000 pikiran negatif. Inilah yang memengaruhi perasaan, perilaku, serta penyakit yang mendera jiwa dan raga. Oleh karenanya, mari kita berhati-hati dalam menggunakan pikiran kita.

PIKIRAN MISTIK

Dapat dikatakan, problematika manusia beraneka ragam. Semua itu lumrah dan wajar saja. Manusia memang selalu memiliki permasalahan dalam hidupnya. Persoalannya adalah, permasalahan ini cenderung didasari oleh pikiran mistik yang melekat dalam otak.

Ambil contoh, seseorang yang mengaku dagangan atau bisnisnya sedang terpuruk. Lalu orang itu berdiskusi dengan saya sambil mencari solusi terbaik agar bisnisnya berjalan lancar. Dari hasil perbincangan itu,  biasanya dia mengaku bisnisnya hancur karena ada pihak lain yang mengguna-gunai atau menyantetnya hingga bisnisnya hancur. Disebutkan pula, pihak yang membuat bisnisnya rugi adalah saingan bisnisnya atau teman sendiri.

Ketika saya tanyakan dari mana dia mengetahui bahwa saingan bisnisnya yang membuat bisnisnya hancur, maka biasanya dia menjawab bahwa informasinya didapatkan dari paranormal, ‘orang pintar’, spiritualis, dukun atau apapun namanya.

Adapula diskusi yang berkaitan dengan persoalan jodoh. Biasanya akan ditemukan istilah: digantung jodoh oleh orang lain. Informasi ini pun diperolehnya dari ‘orang pintar’.  Ada pula yang menderita penyakit tertentu, tetapi sakitnya ini disebutkan sakit non medis. Dengan kata lain, sakit yang disebabkan santet atau ilmu hitam.

Bermacam-macam keluhan semacam itu selalu didasari oleh pikiran mistik. Sumbernya biasanya diperoleh dari orang-orang yang mengaku memiliki indera keenam, memiliki jin super sakti, memiliki ilmu linuwih mandraguna, ilmu hikmah super hebat dan sebagainya.

Saya pun memakluminya mengingat negeri ini sarat dengan kisah dan legenda yang bernuansa mistik, misteri, supranatural, ekstra dimensi, dan lain-lain. Padahal, Pikiran Mistik dapat menyesatkan Anda.

BERAGAM PIKIRAN MISTIK

Ilmu hikmah, ilmu mistik, ilmu gaib dan segala macam ilmu supranatural telah saya dengar sepanjang hidup saya. Mengapa demikian? Ya, karena ilmu-ilmu ini sangat akrab di negeri ini. Tidak ada sesuatupun yang terjadi di negeri ini yang tidak dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistik atau supranatural. Bahkan tokoh-tokoh negeri ini pun cenderung dikaitkan dengan kemampuan mistiknya dibandingkan kecerdasan intelektualnya.

Misalnya, Bung Karno diyakini memiliki ilmu mistik sangat tinggi. Apapun yang terkait dengan Bung Karno selalu dihubungkan dengan kekuatan ilmu mistik yang dimiliknya. Hal ini seperti hendak mengenyampingkan Bung Karno adalah seorang Insinyur Teknik Sipil lulusan Institut Teknologi Bandung. Dengan kata lain, Bung Karno memiliki kecerdasan intelektual.

Kita juga sering menyaksikan kemampuan mistik yang ditayangkan di televisi. Ambil contoh, acara Hipnotis dan lain-lain. Kita terheran-heran dan lalu merasa kagum dengan kemampuannya. Penonton seolah lupa bahwa itu hanya acara hiburan semata yang dibuat berdasarkan skenario yang sudah disiapkan. Saya membuktikannya dengan tampil dalam acara ini pada 2005 lalu.

Terlebih lagi acara yang menampilkan penarikan benda-benda pusaka. Benda yang tersimpan di dalam tanah dapat dikeluarkan dengan kemampuan ilmu mistik. Acara ini sangat menarik meski tidak ada yang menyadari bahwa semua itu hanya hiburan semata, rekayasa belaka.

Pada hakekatnya, peristiwa kemunculan benda-benda tersebut bukan hal aneh. Saya tergolong biasa mendengar dan melihatnya. Tidak ada yang perlu dikagumi. Ada banyak orang memiliki kemampuan mengeluarkan keris, permata dan merah delima dari dalam tanah. Ini hanya persoalan ekstra dimensi. Sesuatu yang tidak terlalu sulit dipelajari. Anda pun dapat memiliki kemampuan semacam ini jika berniat memelajarinya. Tidak ada yang istimewa.

Bahkan ada pula orang yang menggerakkan tangannya sedikit saja sudah tergenggam permata. Seolah-olah permata itu datang dengan sendirinya ke dalam telapak tangan.Ada juga orang yang dengan satu gerakan tangan kosong, tiba-tiba sudah menggenggam buah kurma berikut tangkainya yang masih basah. Konon katanya, buah kurma itu dipetiknya langsung dari Tanah Arab dengan kemampuan ilmu mistik. Itu pun hal lumrah saja. Orang yang punya kemampuan ini tidak dapat dikategorikan berkaromah dan sakti. Hal kecil biasa.

Ada hal menarik saat saya melihat sebuah rekaman video yang menunjukkan 3 orang memiliki ilmu kekebalan. Saya melihat rekaman video ini dari seorang teman di Pare pare, Sulawesi Selatan.

Mereka ditembak puluhan polisi namun tidak terluka sedikitpun. Peristiwa ini disaksikan ratusan orang. Video berdurasi hampir satu jam itu menunjukkan secara jelas bagaimana tembakan polisi tidak menembus tubuh 3 orang tersebut.

Tetapi pada akhirnya, pasukan penembak jitu membidik tepat ke arah bola mata. Dua orang terkena dan tewas seketika. Sementara seorang lagi lolos dan berhasil melarikan diri.
Peristiwa ini menunjukkan bahwa tidak ada ilmu kebal sempurna. Selalu ada kelemahannya. Dalam konteks ilmu kebal, bola mata adalah titik lemah yang sudah diketahui umum sejak zaman dulu.

Dengan kata lain pula, tidak ada ilmu supranatural sempurna. Semua yang mengaku memiliki ilmu supranatural hebat adalah kedustaan yang paling dusta. Termasuk di dalamnya adalah ilmu hikmah. Sebuah ilmu yang pada awalnya bertujuan agar seseorang menjadi lebih bijak namun berubah menjadi ilmu yang paling laris diperjual belikan yang dibumbui seperangkat doa, tasbeh, gelang atau piranti mistik yang dianggap berkaromah.

Secara pribadi, saya punya pengalaman terkait dengan benda mistik. Peristiwanya sekitar tahun 1989. Ketika itu, seorang teman meminjamkan sebuah benda yang terbungkus rapi. Benda tersebut adalah sepotong kulit macan yang telah ditulis aksara arab. Pemilik benda tersebut melakukan penulisannya pada setiap malam 1 Muharram dan telah dilakukannya selama 5 tahun atau 5 kali penulisan. Sang pemilik benda, yang juga saya kenal akrab dan sering silaturahmi ke rumahnya di daerah Piyungan, Gunung Kidul, Yogyakarta, memberikan kulit macan itu kepada teman saya.

Saya menyimpan kulit macan itu dalam saku dan membawanya kemanapun pergi. Banyak keunikan saat mengantongi kulit macan itu. Salah satu yang dapat diceritakan adalah ketika orang-orang menatap saya dengan tatapan lembut. Ada pancaran daya tarik luar biasa yang membuat mereka menatap saya. Seolah-olah kulit macan itu menyimpan magnet pengasihan yang menarik semua mata melihat ke arah orang yang membawanya.

Tetapi kejadian ini tidak membuat saya kagum atau merasa ada kehebatan dari kulit macan yang saya simpan di saku. Saya malah menjadikannya sebagai bahan diskusi bersama teman dalam kelompok SIFiTaS  (Studi Integratif Filsafat, Tasawuf dan Sains).

Dalam perkembangan selanjutnya terbukti bahwa bertauhid yang benar dapat memiliki efek yang jauh lebih dahsyat dari kulit macan atau piranti mistik apapun.

DAMPAK NEGATIF PIKIRAN MISTIK

Mengapa banyak orang berpikir mistik ?

Pertanyaan tersebut memang layak diajukan. Sebagaimana dalam contoh yang diuraikan sebelumnya. Jika kita percaya bahwa usaha kita hancur karena disantet pihak lain, atau ada orang lain yang menggagalkan usaha kita dengan ilmu mistik atau sakit karena disantet, atau digantung jodoh oleh orang lain, maka sesungguhnya kita mencari kambing hitam atas problematika diri sendiri. Begitulah cara syetan yang selalu menimbulkan fitnah. Ini pikiran mistik yang sangat membahayakan hidup kita.

Sesungguhnya cukup banyak pikiran mistik yang ada di otak kita. Termasuk pikiran mistik adalah meyakini piranti mistik dapat membantu menyelesaikan problematika kehidupan, menambah rezeki, selamat dari marabahaya. Ini adalah dampak negatif pikiran mistik yang membahayakan aqidah.

Padahal kita semua mengetahui, jika aqidah kita tercemari unsur kemusyrikan, maka sungguh kerugian besar dalam kehidupan di dunia ini dan kemudian hari. Ketauhidan bercampur kesyirikan membawa petaka tiada akhir.

Dampak negatif pikiran mistik juga sering terjadi akibat diri sendiri cenderung memiliki prasangka negatif.  Bersambung.

BaNi MusTajaB

Iklan

99 comments on “LOGIKA PIKIRAN MISTIK

  1. itulah negeri kita gan,,hal yang mistik sudah tidak aneh,,bahkan menjadi trend,,setuju sekali bahwa tidak ada ilmu supra natural yang sempurna,,semua punya titik lemah nya,,

    Suka

  2. balista
    Maret 2, 2012

    “Padahal kita semua mengetahui, jika aqidah kita tercemari unsur kemusyrikan, maka sungguh kerugian besar dalam kehidupan di dunia ini dan kemudian hari. Ketauhidan bercampur kesyirikan membawa petaka tiada akhir.”

    wah kalo gitu minum obat juga syirik dong???

    Suka

  3. Jam Tangan Kw Super
    Maret 4, 2012

    nice artikel pak…membaca ini saya jd berusaha untuk tidak berpikiran negatif lagi..

    Suka

  4. Toko Mesin Kasir
    Maret 6, 2012

    pencerahan yang amat bermanfaat bagi saya, trims

    Suka

  5. deapurnama
    Maret 7, 2012

    nice arrtikel !!
    terkadang saya juga sering berfikiran negatif..

    Suka

  6. cara mengobati asam urat
    Maret 8, 2012

    infonya saya suka,.,penting sekali

    Suka

  7. cara mengobati asma
    Maret 8, 2012

    kapan lagi bisa kesini,.. thanks ya infonya

    Suka

  8. salam kenal ya

    Suka

  9. salam sukses ya,…

    Suka

  10. salam buat postingan ini

    Suka

  11. ambar
    Maret 14, 2012

    POSTING NYA BAGUS
    mungkin kta bisa b’tukar info d web kmi http://unsri.ac.id

    Suka

  12. the-netwerk
    Maret 14, 2012

    nice 🙂
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    Suka

  13. hajarabis
    Maret 14, 2012

    i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    Suka

  14. Mr. Kleepon
    Maret 16, 2012

    Artikel yg bagus. Terima kasih

    Suka

  15. iwan
    Maret 17, 2012

    Mystisism, sebuah diskusi menarik. 😀

    Suka

  16. sangat bermanfaat gan postingnya….

    Suka

  17. mudah-mudahan kita selalu dihindarkan dari hal-hal mistik yang mengganggu keseharian kita…

    Suka

  18. obat herbal darah tinggi
    Maret 21, 2012

    salam kenal ya,,

    Suka

  19. kang ade serba ada
    Maret 21, 2012

    Salam knal, mampir ke blog saya.

    Suka

  20. waduhh ,, jadi gitu yah pikiran mistik itu .. hmh ,, 😦

    Suka

  21. Jus manggis
    Maret 21, 2012

    yang berbau mistis saya takuutt ,,, hehhe .:)

    Suka

  22. acemaxs
    Maret 24, 2012

    mistik, pikiran seperti ini sangat mempengaruhi arah pikiran kita…

    Suka

  23. yana or lee kai kin.
    Maret 24, 2012

    mas kasih balasan di akun ini ya.tulisannya jd pencerahan.

    Suka

  24. Richi Dellan
    Maret 28, 2012

    Ilmu tentang ketauhidan sebaiknya perlu dikemas dengan cara yang lebih menarik agar bisa dinikmati.

    Suka

  25. SufiMuda
    Maret 29, 2012

    Manarik, ditunggu kelanjutannya Gus..

    Suka

  26. buri
    April 2, 2012

    tentang sugesti seru,, bila mengarah ke negatif jadi semua ke negatif makasih pak tenatng penjelasannya

    Suka

  27. gamat luxor
    April 2, 2012

    sugesti tersebut datangnya dari diri kita sendiri…berarti kelihaian hati kita untuk mengatur pola pikir berpesan penting dalam hal ini…

    Suka

  28. kids party
    April 3, 2012

    bagus banget nih artikelnya…makasih udah share yaaa…sukses slalu yaaa

    Suka

  29. agus supriatna
    April 9, 2012

    ohh gitu yah, baru tau saya gan, ternyata yah, seperti itu caranya…..terima kasih gan sudah share….. dan di indonesia hal2 seperti itu memang masih sangat amat kental

    Suka

  30. yadi
    April 10, 2012

    mantap gan artikel nya, salam kenal

    Suka

  31. How to have a baby
    April 16, 2012

    mantap gan infonya,…….salam kenal ya

    Suka

  32. birthday party
    April 19, 2012

    makasih infonya yaaa..menarik artikelnya

    Suka

  33. herbal tricajus
    April 19, 2012

    hal” mistik justru berasal dari fikiran yg mistik

    Suka

  34. wajar aja, halhal mistik kan emg ada dan terjadi ..

    Suka

  35. Trica jus
    April 24, 2012

    sangat bermanfaat
    thanks

    Suka

  36. bagus…bermanfaat bgt

    Suka

  37. Maximum
    Mei 1, 2012

    Mistik adalah lambang yang dipakai kebanyakan di negara kita om,, karena masih kental kebudayaannya dan keyakinan terhadap mistik itu sendiri.. 😀 nice informasinya om,,

    Suka

  38. obatalami_agus supri
    Mei 2, 2012

    hal mistik memang sangat melekat pada penduduk indonesia, terutama di daerah2 yang masih kental budaya jaman dulunya……

    Suka

  39. demoterasi
    Mei 4, 2012

    tulisan yang menarik, ditunggu sambungannya… 🙂

    Suka

  40. Sandal Kulit
    Mei 8, 2012

    Ikut menyimak artikelnya Gan 🙂

    Salam,

    Suka

  41. mesin kasir
    Mei 12, 2012

    menunggu seri selanjutnya pak, wait n see

    Suka

  42. Interior Design
    Mei 12, 2012

    saya tidak percaya dengan hal seperti kawan, karna percuma kalau kita punya Tuhan tapi masih percaya sama hal seperti itu..ya kan ?

    Di tunggu kunjungan baliknya yah..

    Suka

  43. swebit
    Mei 12, 2012

    salam gan, keren artikelnya

    Suka

  44. Komputer Kasir
    Mei 17, 2012

    siang gan, keren postingannya inspirasi gua bgd dah 🙂

    Suka

  45. indofreeads.us
    Mei 17, 2012

    Gan…Kakek saya pernah bilang bahwa otak ibarat gelas. Kalau pikiran ibarat content gelas. Kalau terlalu banyak diisi content gaib, maka content lainnya gak muat. jadilah dia “manusia gaib”. Hehe he becanda. Terima kasih masukannya Gan. Wah mesti banyak tulisan2 spt ini yg mencerahkan. Thanks Gan…

    Suka

  46. Sandal Kulit
    Mei 17, 2012

    Artikelnya bagus gan….

    Suka

  47. Sepatu Kulit
    Mei 17, 2012

    Artikelnya bagus sekali gan…

    Suka

  48. Mesin Cutting Sticker
    Mei 18, 2012

    Senang menyimak tulisan Anda 🙂

    Salam,

    Suka

  49. obat alami jantung
    Mei 21, 2012

    bagus sekli artikelnya , semoga bermanfaat dan berguna iyah 🙂

    Suka

  50. obat alami jantung
    Mei 21, 2012

    artikel yang sangat bagus sekali
    semoga bermanfaat

    Suka

  51. trus berkembang berkembang terus

    Suka

  52. obat hepatitis
    Mei 22, 2012

    tulisan anda sangat menarik untuk di baca

    Suka

  53. Cafe Motivasi
    Mei 22, 2012

    Artikel yang bagus..setelah kita tahu ragam dan bentuk pikiran mistik, terus bagaimana merubah paradigma berpikir tersebut pak pada diri masyarakat kita? seperti yang kita ketahui, ini adalah bagian dari kebudayaan kita. terus bagaimana solusi terbaik menurut bapak sendiri

    Suka

  54. Yella Ojrak
    Mei 27, 2012

    Kami nantikan sambungannya…

    Suka

  55. ikut menyimak artikelnya gan .
    artikelnya sangat bagus sekali mudah-mudahan bermanfaat 🙂

    Suka

  56. ikut baca artikelnya ..
    artikelnya bagus ..
    salam kenal ya 🙂

    Suka

  57. birthday party
    Mei 31, 2012

    nice post and nice information 🙂

    Suka

  58. Abed Saragih
    Juni 1, 2012

    wah,,,menyimak artikel aja mas 🙂

    Suka

  59. artikel motivasi
    Juni 2, 2012

    jadi serem juga nih bacanya..btw thank artikelnya menarik

    Suka

  60. Mesin Cutting Sticker
    Juni 2, 2012

    Mantaap posting-nya Gan,banyak belajar berpikir neh Ane

    Suka

  61. fitri suryani
    Juni 4, 2012

    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii sereeeem amat,, beneran gak tu bapakk

    Suka

  62. manfaat daun sirsak
    Juni 5, 2012

    verry good …. sngt amat amat bermnfaat sekali buat saya …… 🙂

    Suka

  63. Lirik Lagu Indonesia
    Juni 21, 2012

    Sudah hal yang tidak asing lagi memang di Indonesia masih banyak hal-hal yang mistik sehingga memunculkan pikiran mistik

    Suka

  64. di indonesia hal mistik di jadikan tipu daya untuk menjadikan hal yg tidak wajar seprti dia percya n mnyekutukan alloh..

    Suka

  65. khasiat daun sirsak
    Juli 12, 2012

    sungguh kasihan bagy orng yang telah tekena tipu dya

    Suka

  66. Obat maag alami
    Juli 12, 2012

    makasi infonya, sangat bermanfaat

    Suka

  67. agen ace maxs pontianak
    Agustus 2, 2012

    pikira mistik membuat orang tidak berpikir realistik,,,,

    Suka

  68. wandyestin
    Agustus 9, 2012

    artikel yg bagus.. bisa menambah wawasan kita semua

    Suka

  69. Pak Ahmad
    Agustus 11, 2012

    Bagus artikelnya, moga bisa membuka wawasan para pembaca

    Suka

  70. Azhar Muhammad
    Agustus 16, 2012

    Dunia mistik memang ada, tapi bersandar pikiran mistik membuat seseorang tidak mampu mengembangkan pikiran rasional.

    Suka

  71. sscorporation11
    Agustus 20, 2012

    Betul sekali, pikiran memang harus diolah dan diarahkan secara bijaksana, karena semua hal berawal dari pikiran..

    Suka

  72. T. Gunawan
    Agustus 26, 2012

    Heemmh……tidak sesederhana itu apalagi orang yg dianggap modern sekarang ini sangat memuja MIND dan mengerdilkan QALB. Bahkan mindset/paradigma orang yang dianggap modern sekarang ini menempatkan QALB sebagai subordinat dari MIND. Paradigma believe seperti di atas TIDAK AKAN MAMPU MEMAHAMI MAKNA Khawariq al adat dalam kejadian : Mu’zizat, Kharamah, Maunah. Baik dan buruk adalah nilai ( value ), tolong dibedakan antara mistik dengan black magic. Tolong renungkan orang sudah mampu/bisa membuat kecerdasan buatan ( artificial intelegent ), tapi belum/tidak akan bisa membuat tiruan substansi “rasa” (suka, duka, gembira, bahagia, pendeknya rasa jasmani apalagi rasa rukhani). Rasa adalah muara aktifitas manusia garapan QALB. Thanks, wass.

    Suka

    • svrya P
      Mei 19, 2016

      Absolutly Right…

      Suka

      • svurya P
        Mei 19, 2016

        I agree…Tuan T Gunawan

        Suka

  73. santo susanto
    Agustus 26, 2012

    Sangat bermanfaat sekali untuk saya. Terima kasih.

    Suka

  74. obat alami diabetes
    September 4, 2012

    artikel yang sangat berbobot,saya penasaran cari sambungannya

    Suka

  75. lori
    September 5, 2012

    thanks for the info ya gan

    Suka

  76. Kusni St
    September 10, 2012

    Selamat jumpa M. AGUS.S saya belum sempat membaca secara cermat tulisan anda, tetapi sepintas saya bisa membaca bakat anda, nanti kalau ada waktu luang pasti saya baca tulian anda secara cermat, semoga anda kembangkan bakat anda yang bermanfaat, dan kali ini belum ada komen dari saya, ini hanya sebagai perkenalan dulu dan mengingatkan saudara yang dulu tahun 1985 terlihat pendiam ternyata bisa juga menulis buah pikiran dan perasaan keruang publik. SALAM dari Yogya.

    Suka

  77. wyd
    September 26, 2012

    kulit macan bermantera dibandingkan dengan tauhid? saya setuju, ga ada apa2nya. BTW, soal santet-menyantet, sampai hari ini ingatan saya tentang sebagian masa lalu belum benar2 pulih. tapi 2 hari lalu saya menemukan bukti tertulis yang menunjukkan betapa saya telah bertindak ga logis, super bego, tanpa saya bisa mengingatnya hingga detik ini. menyakitkan? banget!

    Suka

  78. bens abdullah
    Oktober 16, 2012

    sebenarnya,orang kita selalu berprasangka buruk dalam kehidupan seha-hari .makanya kita bisa terjebak dalam pikiran mistik.contohnya para pedagang kita,kalau barang daganganya ga laku,selalu dikaitkan dgn hal-hal mistik,sebenar kita perlu banyak bermuhasabah diri,selepas itu baru berikhtiar dengan cara lain.asalkan tidak menyimpang dari akidah.(salam kenal dari saya-ben)

    Suka

    • KUSNI
      Oktober 16, 2012

      APA SIH YANG DIMAKSUD MISTIK, TOLONG KASIH PENJELASANNYA DAN CONTOHNYA YANG MUDAH DITERIMA SECARA MUDAH. TKS.

      Suka

    • Kusni Krpt
      Oktober 16, 2012

      TOLONG JELASIN YANG DIMAKSUD MISTIK DAN CONTOHNYA SECARA MUDAH DITERIMA SECARA BENAR, TKS.

      ________________________________

      Suka

  79. umi
    November 29, 2012

    nice article, thanks,,,

    Suka

  80. obat herbal ace maxs
    Desember 17, 2012

    artikelnya bagus gan ,, sangat menarik untuk dibaca ,, 🙂

    Suka

  81. Zeintin Collection
    Desember 27, 2012

    izin simak artikelnya gan… tks 🙂

    Suka

  82. positif thinking sahaja ….:D hehe untuk menghindari ketakutannn

    Suka

  83. Imam Fahruddin
    April 14, 2013

    berpikir positif dan menguatkan akidah kita adalah penangkalnya

    Suka

  84. mesin kasir
    Mei 10, 2013

    I like berpikir positif

    Suka

  85. mesin kasir
    Agustus 2, 2013

    iya bener mistik bener2 udh membudidaya

    Suka

  86. @NizamDragneel
    September 17, 2013

    ora pathi mudeng rek….;D

    Suka

  87. rudianto
    September 18, 2013

    lanjutkan….

    Suka

  88. mesin kasir
    September 18, 2013

    Sangat bermanfaat sekali untuk saya. Terima kasih.

    Suka

  89. anwar sadad
    Oktober 23, 2013

    maaf piyungan adalah di bantul.bukan gunung kidul.terima kasih.

    Suka

  90. Mesin Kasir Top
    Oktober 24, 2013

    trimakasih gan atas infonya 🙂

    Suka

  91. heru
    Januari 30, 2014

    Seni mistyk Islam itu indah Lhooooe, tidak seperti penulis bayangkan!!!! Jangan cepat ambil kesimpulan, maaf beribu maaf Anda terlalu menobatkan dirimu sebagai pemuka & sok agamis tahuuuuuw.
    Xixixixi…..

    Suka

  92. Bayu Aquilani
    Agustus 22, 2014

    tapi menurut anda sipenulis blog ini sendiri mempercayai tidak, kalau ilmu mistis itu ada, walaupun secara agama emang dilarang, saya percaya kalau ilmu mistis itu ada tapi saya tidak akan melakukanya saya masih meyakini tuhan

    Suka

  93. salam suksess

    Suka

  94. Zidna Collection
    September 3, 2016

    slalu berikirlah yang positif. orang pintar atau dukun juga manusia biasa sgala sesuatu itu ada di tangan TUHAN yang ESA

    Suka

  95. grosir gamis murah
    Juli 25, 2017

    sebut aja supra natural. terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Maret 1, 2012 by in artikel and tagged , , , , , , , .

Statistik Blog

  • 3,529,113 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Iklan

Twitter

%d blogger menyukai ini: