BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

ZIARAH KE MAKAM MBAH PRIOK, USAI TRAGEDI TANJUNG PRIOK (VIDEO)


Beberapa saat usai kerusuhan Tanjung Priok 14 April 2010, saya mengunjungi makam Mbah Priok. Secara kebetulan, lokasi kerusuhan hanya berjarak 3 kilometer dari kediaman saya.

Wilayah kerusuhan tersebut sebenarnya tidak asing bagi saya. Dapat dikatakan, kawasan makam Mbah Priok sudah saya kenal sejak usia Sekolah Dasar.

Kurang dari 500 meter dari lokasi ini, pernah pula terjadi kerusuhan yang jauh lebih dahsyat, yaitu Tragedi Tanjung Priok 12 September 1984.

Ada beberapa kisah yang saya ketahui terkait peristiwa yang merenggut ratusan jiwa pada 16 tahun lalu itu. Dan ada kesamaan dalam hal keberanian anak-anak Tanjung Priok dalam 2 tragedi itu. Tetapi saya tidak hendak menuliskannya. Setidaknya untuk saat ini.

Adapun video yang saya ambil ini menggambarkan suasana para peziarah makam Mbah Priok pada 18 April 2010.

Setelah di edit, video yang ditampilkan berdurasi 7 menit 32 detik. Video aslinya lebih dari 1 jam, tetapi mengingat standar gratisan yang ditetapkan You Tube hanya berdurasi 9 menit 30 detik, ya saya harus membatasi diri.

Saya juga tidak hendak membicarakan persoalan bid’ah, khurafat, kekeramatan atau yang semacamnya dalam tayangan video ini. Saya hanya ingin merekam gambar, agar kita dapat melihat sekilas para peziarah di makam Mbah Priok. Itu saja. Terima Kasih.

BaNi MusTajaB

lihat video:

ZIARAH KE MAKAM MBAH PRIOK (USAI TRAGEDI TANJUNG PRIOK)

Posting terkait:

Pesan Gaib Mbah Priok untuk Gubernur Fauzi Bowo

27 comments on “ZIARAH KE MAKAM MBAH PRIOK, USAI TRAGEDI TANJUNG PRIOK (VIDEO)

  1. Ping-balik: PESAN GAIB MBAH PRIOK UNTUK GUBERNUR FAUZI BOWO « BaNi MusTajaB

  2. alamendah
    April 27, 2010

    (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Semoga pemerintah bisa lebih arif menyikapi aset dan warisan ini

    Suka

  3. alamendah biru
    April 27, 2010

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    thanks atas sharing videonya

    Suka

  4. pakosu
    April 27, 2010

    Cara kekerasan ternyata sudah terbukti hanya makan korban. Kenapa Satpol PP gak belajar dari kasus-kasus sebelumnya? Heran, lemot kok dipertahankan.

    Suka

  5. nurrahman18
    April 28, 2010

    mantep videonya, dah mahir😀

    Suka

  6. Plesiran
    April 28, 2010

    Komunikasi dan rangkul-rangkulan biasanya setelah jatuh korban, harusnya negosiasi negosiasi dan negosiasi dulu yang mateng baru action. Setelah ada orangtua, isteri dan anak2 kehilangan orang tercinta baru bermanis-manis ria.
    Nggak kapok-kapok dan nggak mau belajar dari pengalaman sih.
    Coba lihat nanti mas, kalau ada antrian sembako gratis , daging korban dan zakat pasti akan ricuh lagi.

    Salam hangat dari Surabaya

    Suka

  7. MasEDI Belajar Ngeblog
    April 29, 2010

    Esmosi…. kedua belah pihak (baik Warga maupun Aparat) kayaknya harus sama2 bljr lebih dewasa lagi, biar bs mengendalikan esmosi disaat menghadapi masalah….

    Smg segera terselesaikan dgn damai…

    Suka

  8. ToPu
    April 29, 2010

    agama islam, tapi perilaku koq tidak mencerminkan islam?????????????

    Suka

  9. Asop
    April 29, 2010

    Berziarah untuk mendoakan yang sudah meninggal, boleh. Asal jangan dengan niat mencari berkah.😦

    Suka

  10. Ping-balik: Tweets that mention ZIARAH KE MAKAM MBAH PRIOK, USAI TRAGEDI TANJUNG PRIOK (VIDEO) « BaNi MusTajaB -- Topsy.com

  11. mesin kasir
    April 30, 2010

    Makam hanya untuk mengingatkan kita bahwa sebentar lagi kitalah yang akan berbaring disana, sehingga kita selalu bisa menjaga perilaku dan perbuatan kita.

    Suka

  12. firdausfarisqi
    Mei 1, 2010

    2 kali priok berdarah… menunjukkan kualitas dan keteguhan masyarakat di sana dalam menjaga apa yg diyakininya… kapan2 pengen juga berziarah ke sana

    Suka

  13. andee
    Mei 12, 2010

    blogwking here guys…thanks

    Suka

  14. feekyu
    Mei 15, 2010

    Tetep semngat mas

    Suka

  15. munir ardi WP
    Juni 20, 2010

    semoga kejadian tersebut pertama dan terakhir

    Suka

  16. sudah mereda sekarang😀

    Suka

  17. foredi bandung
    Mei 25, 2011

    Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    Suka

  18. Kerajinan Jepara
    Agustus 19, 2011
  19. Blossom Axton
    Januari 5, 2012

    hello!,I love your writing so much! percentage we be in contact more about your post on AOL? I need an expert in this space to unravel my problem. Maybe that is you! Taking a look forward to see you.

    Suka

  20. mercadee
    Juni 21, 2012

    Saat Habib Hasan dimakamkan, batu nisannya adalah dayung patah dan periuk nasi milik Habib Hasan. Di makam itu juga ditanam Bunga Tanjung. Kemudian, dari makam ini lahirlah nama Tanjung Priok yang merujuk pada bunga Tanjung dan periuk nasi di makam ulama ini.

    Suka

  21. gold price
    Juli 18, 2012

    Video Priok Berdarah – Kerusuhan yang terjadi di makam Al Arif Billah Hasan bin Muhammad Al Haddad atau Mbah Priok, Jakarta Utara pada, Rabu (14/4/2010) dan dikenal dengan kerusuhan Priok Berdarah diberitakan telah merengut tiga orang korban meninggal. Sementara beberapa mobil petugas keamanan juga turut dibakar oleh Massa.Berikut adalah cuplikan-cuplikan video peristiwa Priok Berdarah yang sudah diliput dan diberitakan oleh media televisi di Indonesia, dimana video ini juga sudah terposting disitus berbagi video youtube.

    Suka

  22. mercadeo en linea
    Juli 27, 2012

    Video Priok Berdarah – Kerusuhan yang terjadi di makam Al Arif Billah Hasan bin Muhammad Al Haddad atau Mbah Priok, Jakarta Utara pada, Rabu (14/4/2010) dan dikenal dengan kerusuhan Priok Berdarah diberitakan telah merengut tiga orang korban meninggal. Sementara beberapa mobil petugas keamanan juga turut dibakar oleh Massa.Berikut adalah cuplikan-cuplikan video peristiwa Priok Berdarah yang sudah diliput dan diberitakan oleh media televisi di Indonesia, dimana video ini juga sudah terposting disitus berbagi video youtube.

    Suka

  23. gold account
    Juli 30, 2012

    REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG PRIOK — Tidak hanya gedung MPR/DPR yang jadi sasaran aksi demo sejumlah massa hari ini, Makam Mbah Priok di Tanjung Priok Jakarta Utara juga menjadi sasaran. Bahkan 1.000 personil polisi telah siaga di makam mbah priok. Bukan untuk aksi menolak kenaikan harga BBM, namun aksi massa di Makam Mbah Priok terkait penolakan penggusuran makam mbah priok, Jumat (30/3). Kasie humas Polres Pelabuhan, AKP Andri Hidayat Utama menuturkan pihak kepolisian telah mengerahkan petugas di Terminal Peti Kemas (TPK) Koja, pintu masuk menuju makam mbah priok. “Seribu personil dari polres pelabuhan, polres Jakarta Utara, Brimop dan Pol Air,” ujarnya.Saat ini pendemo yang adalah ahli waris mbah priok tengah menuju TPK Koja. Personil polisi menjaga ketat pintu masuk. Kendaraan yang hendak masuk ditahan dan tak diizinkan memasuki kawasan tersebut. Ini merupakan upaya kedua para ahli waris melancarkan aksi penolakan. Mereka menolak rencana penggusuran makam. Pihak pelabuhan sendiri menganggap makam mengganggu aktivitas pelabuhan.

    Suka

  24. silver price
    Agustus 8, 2012

    Surat wali kota itu ditujukan kepada keluarga Habib Al Idrus dan Habib Abdullah Sting. Namun, pengosongan lahan itu ditolak oleh ahli waris. Menurut Habib Ali, salah seorang pengurus makam Mbah Priok, sejak datang surat instruksi gubernur itu, puluhan santri berjaga-jaga di sekitar makam. Habib Ali mengatakan, ahli waris tidak merelakan makam tersebut dipindahkan karena mempunyai nilai sejarah.

    Suka

  25. silver price
    Agustus 10, 2012

    Sejumlah orang dari dua kelompok terluka dalam upaya eksekusi Makam Mbah Priok, di Koja, Jakarta Utara. Pemerintah Kota Jakarta Utara masih kesulitan mengeksekusi Makam Mbah Priok. Sementara ratusan warga yang menolak kompleks makam itu dibongkar, masih bertahan. Bentrok saat penggusuran makam “Mbah Priok”Aksi bentrok terjadi antara ratusan warga dan aparat di Koja, Jakarta Utara, pagi ini. Warga menolak pembongkaran Makam Mbah Priok yang terdapat di dalam kompleks.

    Suka

  26. udan ahmad
    Maret 30, 2013

    ingat…kita berziarah bukan untuk tamasya,yang kita harapkan adalah karamah dan barokah dari alim tsb.dan ingat,jangan sampai kita ziarah,tpi sholat 5 waktu kita lalaikan.mudah2n al-arifbillah alhabib hasan bin zain alhaddad senantiasa dirohnati Alloh.Amiiiin.MD.MIFTAHUL HASANAH AL-MUSRI’ 1.BENDUL-SUKATANI-PURWAKARTA-JAWA BARAT.

    Suka

  27. suhandi
    Januari 8, 2014

    semoga Allah merahmati Al-Habib

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 27, 2010 by in berita, video and tagged , , .

Statistik Blog

  • 3,406,063 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: