PENUTURAN ISTERI ASY SYAHID HUMAM KHALIL ABU MULAL AL BALAWI: PEMBOM MARKAS CIA DI AFGHANISTAN


Pada Sabtu 9 Januari 2010, TV Al Jazeera merilis sebuah tayangan video yang menunjukkan pengakuan pelaku bom syahid terhadap sejumlah agen CIA di Afghanistan.

Dalam video itu sang pelaku yang diidentifikasi bernama Dr. Humam Khalil Abu Mulal al Balawi mengungkapkan tindakannya antara lain untuk membalas dendam kematian pimpinan Taliban di Pakistan, Baitullah Mehsud.

Serangan bom syahid terjadi pada 30 Desember 2009 dan merupakan serangan paling mematikan terhadap CIA sejak pemboman Kedutaan Amerika di Beirut pada 1983.
Triple Agen Intelijen

Setelah terjadinya serangan di basis CIA (Chapman Camp) di dekat kota Khost Afghanistan, sejumlah pengamat mulai menganalisis latar belakang kehidupannya.
Sejumlah laporan menunjukkan bahwa sebelumnya Humam Khalil dikenal sangat bersimpati terhadap  salah seorang pimpinan nomor 2 Al Qaeda, Ayman al Zawahiri. Dukungannya kepada tokoh al Qaeda itu dilakukannya melalui tulisan-tulisannya di forum dunia maya.

Akibat perbuatannya itu, Humam Khalil sempat mendekam di penjara Yordania. Kemudia dia direkrut sejumlah agen intelijen Yordania (Jordan’s General Intelligence Directorate-GID). Selanjutnya Humam di kirim ke Afghanistan untuk membantu CIA yang merupakan sekutu dekat intelijen GID.

Sebelum terjadinya serangan di Khost, Humam Khalil mengungkapkan kepada sejumlah agen CIA agar dirinya diikut sertakan dalam sebuah pertemuan di Chapman Camp. Dia mengatakan memiliki sejumlah informasi penting seputar Ayman al Zawahiri. Berkat sikapnya yang selama ini dapat dipercaya, dia dapat masuk tanpa pemeriksaan.

Pada 30 Desember 2009, bom syahid meledak menewaskan Humam dan 7 agen CIA. Inilah yang memunculkan dugaan dia seorang triple agen yang mempunyai link dengan al-Qaida, CIA dan GID (intelijen Yordania).

Dan yang pasti, Humam Khalil mencatat sejarah baru betapa organisasi intelijen sekelas CIA dapat ditembus. Di sisi lain, 1 orang agen CIA boleh jadi bernilai sama dengan 100-500 tentara reguler.

Penuturan Sang Isteri
Kasus Humam Khalil cukup menarik dikaji mengingat sosoknya dikenal sebagai seorang yang cerdas dan secara ekonomi kehidupannya mapan. Dia juga dikenal sangat santun, tekun beribadah dan berdisiplin tinggi.

Orang seperti itu mungkin tidak cocok dengan stereotip masyarakat tentang teroris. Bahkan sosok seperti Humam Khalil malahan dianggap menolak segala bentuk terorisme atau kontraterorisme.

Stereotip teroris versi yang kita kenal adalah orang pemarah, frustasi, miskin, bodoh, pengetahuan agama dangkal, pergaulan  sempit, dan lain-lain.

Dr. Humam Khalil lahir di Kuwait pada 25 Desember 1977. Dia dibesarkan dalam sebuah keluarga kelas menengah di Kuwait sampai terjadinya invasi Irak pada 1990. Lalu keluarganya pindah ke Yordania.

Humam Khalil menyelesaikan pendidikan dokter selama 6 tahun di Universitas Istambul Turki pada 2002. Humam menikah dengan gadis Turki, Dafinah Bayrak (Defne Bayrak, 31 tahun) dan memilik 2 anak yang masih berusia 7 dan 5 tahun.

Kisah Humam dan Defne Bayrak juga melintasi batas-batas bahasa dan budaya. Defne Bayrak adalah perempuan Turki yang bekerja sebagai wartawan dan penulis buku berjudul Bin Laden: Che Guevara dari Timur (Osama bin Laden: Eastern Che Guevara). Dia cerdas, berjilbab, moderat dan muslimah yang taat.

Mereka berkenalan melalui chatting di internet. Mereka menikah tahun 2001 saat Humam sedang menyelesaikan studi kedokterannya. Kemudian mereka pindah ke Yordania, di mana kedua anak mereka lahir. Humam bekerja di sebuah klinik pengungsi Palestina dan di University of Jordan Hospital Amman, Yordania. Mereka hidup bahagia dan berkecukupan.

Defne Bayrak mengisahkan bahwa suaminya mulai berubah setelah invasi Amerika ke Irak pada 2003. Sejak itu, Humam sering berbicara tentang perlunya jihad melawan agresor yang menduduki negara Islam. Tetapi dia tidak pernah bergabung dengan organisasi atau kelompok apapun. Sikapnya cenderung konservatif dan tidak ekstrim.
“Dia mengikuti semua perkembangan dari kejauhan, melalui forum online dunia maya. Tulisan dan komentarnya memang tajam. Biasanya dia mengutip ayat-ayat Al Qur’an dan Hadist Nabi yang berbicara tentang perlunya jihad,” kata Defne.

Tanpa sepengetahuan Humam, rupanya forum online itu diamati dan dicermati oleh agen-agen intelijen Yordania (GID) yang dipimpin Ali bin Zaid, sepupu Raja Abdullah.
Suatu ketika Humam mengatakan kepada isterinya bahwa dirinya mencoba menjalin kontak dengan kelompok Ikhwanul Muslimin di Yordania. Terutama yang bergerak di bidang politik tanpa kekerasan. Tetapi hasilnya mengecewakan.

Tentu saja isterinya heran dan bertanya untuk apa repot-repot mendatangi mereka. Saat itu Humam hanya menjawab dirinya hanya datang untuk makan-makan, tetapi tidak untuk bergabung dengan mereka.

Kemudian terjadilah perang Gaza awal tahun lalu. Israel melancarkan serangan dan membunuh ribuan orang di Gaza. Sebagai seorang dokter, Humam aktif sebagai relawan membantu para korban di sana. Namun, dia ditangkap intelijen Yordania (GID).

Humam sempat mendekam di penjara. Diduga, inilah awal Humam direkrut menjadi agen intelijen Yordania sekaligus membantu agen-agen CIA. Humam direkrut untuk bekerjasama dalam penangkapan Ayman Al Zawahiri.
Kemudian dia dikirim ke Afghanistan untuk memberi informasi kepada agen CIA tentang kelompok al Qaeda.

Keluarga Bahagia
Defne Bayrak mengungkapkan bahwa suaminya sangat baik terhadap keluarganya.
“Dia mencintai keluarganya dan perhatian terhadap anak-anaknya. Dia selalu punya banyak waktu untuk kami. Saya sangat bahagia dengan pernikahan kami,” kata Defne.

Menurutnya, Humam jarang keluar rumah. Dia lebih senang menghabiskan waktunya bersama keluarga di rumah. Tetapi sikapnya memang jelas. Humam, seperti juga kebanyakan warga Arab dan Palestina, sangat membenci Amerika.

Pada Maret 2009, Humam pamit pergi ke Pakistan untuk studi spesialisasi pembedahan di sebuah universitas kedokteran. Sambil menunggu kepulangan suaminya, Defne bersama anaknya kembali ke Turki pada bulan Oktober.
Defne sama sekali tidak tahu suaminya dikirim ke Afghanistan oleh GID dan CIA. Meski mereka saling berkomunikasi lewat telpon dan email, dirinya tidak menduga suaminya ada di Afghanistan.

“Saya berbicara dengan suami saya sekitar 6 minggu sebelum syahid, dan dia menulis email kepada saya 10 hari sebelum pemboman itu. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia berencana kembali ke Istambul dan ingin memiliki kewarganegaraan Turki,” ujar Defne.
Pada 30 Desember, Defne mendengar adanya ledakan markas CIA di Afghanistan melalui media. Dia juga mendengar adanya korban warga Yordania. Tetapi dia tidak mendapat firasat apapun.

Dua hari setelah pemboman, Defne mendapat telepon gelap dari seseorang di Pakistan. Sang penelepon mengatakan suaminya telah meninggalkan wasiat terakhir dan akan diserahkan kepada dirinya. Dia juga akan  ‘melihat’ ayah anak-anaknya sekali lagi.

“Suami Anda melakukan ini untuk Allah. Kami akan menyiarkan video dari kesyahidan beliau dan akan disambut gembira (dirayakan) di seluruh dunia dan Anda akan menyaksikannya,” kata suara di telepon.

Dafne mengisahkan, dia terkejut oleh berita-berita  yang mengatakan suaminya adalah seorang agen CIA atau agen intelijen Yordania.

“Saya pikir sangat tidak mungkin baginya menjadi agen AS. Dia punya pandangan sangat buruk tentang Amerika. Apalagi bekerja untuk mereka,” kata Defne dengan raut wajah sedih, namun tetap berusaha tegar.
“Andaikata dia benar dimanfaatkan oleh Amerika dan Yordania, pasti dia punya alasan khusus untuk mencapai tujuannya. Tidak mungkin dia melakukan itu tanpa tujuan. Tidak ada yang bisa membuatnya melakukan seperti itu,” lanjutnya.

Ketika ditanyakan kebenaran cerita bahwa suaminya dibayar 500.000 dollar oleh CIA dan 100.000 dollar oleh Yordania untuk melacak pemimpin Al Qaeda, maka Defne hanya menjawab, “suami saya tidak dibayar oleh agen CIA untuk menangkap siapa pun.”

Pada hari Kamis (7-1-2010) lalu, Unit antiteroris Turki mengunjunginya. Sejumlah agen CIA juga hadir. Mereka ingin mengetahui seputar hubungan antara agen Yordania dan Al-Qaeda.

Pada awalnya mereka ragu Defne buka mulut. Tetapi dia malah berkata,”Saya mengundang semua pasukan keamanan datang ke sini untuk berbicara dengan saya. Biarkan mereka datang. Saya tidak akan menyembunyikan sesuatu apapun,” kata Defne.

Ketika wartawan menanyakan perasaannya seputar suaminya yang dijuluki syuhada atau martir, Defne menjawab,
“Saya bukan orang yang tepat untuk mengetahui apakah Jalil (panggilan untuk suaminya) adalah seorang syuhada atau tidak. Tapi aku bangga padanya. Bagaimanapun kesyahidan berada di atas kehormatan keluarga,” katanya meyakinkan. Dia mengaku anak-anaknya belum mengetahui kepergian ayahnya menghadap Sang Pencipta.

“Saya sangat bangga dengan suami saya. Dia telah melakukan tugas besar dalam perang ini. Ya, mudah-mudahan saja Allah SWT menerima pengorbanannya dan menggolongkannya sebagai seorang syuhada,” katanya kepada sebuah Televisi Turki.

Cuplikan Video

Asy Syahid Baitullah Mehsud

Berbicara dalam video yang ditampilkan jaringan Al Jazeera, Humam mengatakan Taliban Pakistan telah memberikan perlindungan untuk para Muhajirin (pejuang Muslim dari luar Afghanistan-Pakistan).

Baitullah Mehsud, pimpinan Taliban Pakistan, tewas pada Agustus oleh rudal yang dilontarkan pesawat tak berawak milik CIA.
“Kita tidak akan pernah melupakan darah pimpinan kami Baitullah Mehsud,”kata Humam, yang memakai topi dan jaket pada klip video berdurasi 1 ½ menit.

“Kami akan selalu menuntut balas dendam untuknya di dalam dan di luar Amerika. Ini adalah kewajiban dari muhajirin yang didukung pimpinan.”
Dalam tayangan tampak Humam agak terbata-bata membaca selembar kertas dalam bahasa Inggris.

Dia juga mengejek pernyataan bahwa AS atau intelijen Yordania telah mempekerjakannya.

“Demi Allah,  para mujahidin tidak akan meletakkan agama pada meja perundingan dan tidak akan menjual agamanya, bahkan jika mereka meletakkan matahari di tangan kanan dan bulan di sebelah kiri,” katanya sambil merujuk pada sebuah hadits.

Humam mengakhiri pernyataan dengan mengatakan Taliban Pakistan di bawah kepemimpinan yang baru, Hakimullah Mehsud, akan berjuang hingga diperoleh kemenangan.

Ayah Humam yang berada di Yordania, mengonfirmasi bahwa pria dalam video itu memang anaknya.
“Dia sangat sedih dengan apa yang terjadi di Irak, pendudukan Palestina dan pembunuhan umat Islam di Afghanistan. Kami tahu dia sangat bersemangat berjuang untuk Allah dan agamanya,” ujar Abu Khalil.

Umat Islam ibarat satu tubuh. Ketika ada bagian yang sakit, maka bagian yang lain juga terasa sakit.

Humam Khalil merasakan sakit itu dan dia memutuskan membantu saudara-saudara Muslimnya di Afghanistan.

Kebahagiaan keluarganya ditinggalkan demi meraih kebahagiaan yang lebih tinggi. Semoga khusnul khotimah.

Illa arwahi Asy Syahid Humam Khalil Abu Mulal al Balawi..al fatihah…

Alloohummaghfir lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Wa’fu ‘ahu, Wa Akrim Nuzulahu, Wa Wassi’ Madkholahu, Waghsilhu Bil Maa’i WatsTsalji Wal Barodi, Wa Naqqihi Minal Khothooyaa Kamaa Naqqaitats Tsaubal Abyadho Minad Danasi, Wa Abdilhu Daaron Khoiron Min Daarihi, Wa Ahlan Khoiron Min Ahlihi, Wa Zaujan Khoiron Min Zaijihi, Wa Adkhilhul Jannata, Wa A’idhu Min ‘Adzaabil Qabri……..

Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia),……
Amin ya Robbal Alamin

BaNi MusTajaB


video
CIA bomber vowing revenge for Baitullah Mehsud’s death

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Penulis: M Agus Siswanto

https://gus7.wordpress.com (Blog BaNi MusTajaB). Blog ini sekadar kumpulan tulisan pribadi maupun orang lain. Tentu yang saya anggap menarik. Terkadang ada tulisan ringan, tapi tidak sedikit yang bikin pusing. Semoga bermanfaat. Aamiin. Penulis: M Agus Siswanto Mantan Jurnalis Majalah Misteri,Jakarta. email: maniakgaib@gmail.com 08176645205

51 tanggapan untuk “PENUTURAN ISTERI ASY SYAHID HUMAM KHALIL ABU MULAL AL BALAWI: PEMBOM MARKAS CIA DI AFGHANISTAN”

  1. Selamat Tahun Baru 2010
    Hati Hati ARUS PERCEPATAN menimpa Nusantara
    Sahabat semuanya tahun 2009 sudah di belakang kita..
    DEMI MASA..
    DEMI WAKTU..
    WAL ASRI..
    semuanya sudah kita lalui bersama sama..
    Canda tawa riang Gembira Tangis suka duka nan pilu telah berlalu..
    semua telah kembali ke alam LAMUNAN TUHAN..
    Tahun 2010 akan datang Menyongsong kita semuanya..
    Tahun 2010 akan segera kita jalani setapak demi setapak..
    Semua itu masih menjadi RAHASIA TUHAN..
    Sesungguhnya Masa yang akan Datang Masih Berada dalam Sirr nya TUHAN..
    Bahkan Sirr/ubun ubun manusia selalu berada dalam Genggaman Tangan Tuhan
    Sesungguhnya Hidup Manusia berada dalam Genggaman Tangan Tuhan..
    Sahabat.. mari kita diam sejenak melamun di alam lamunan Tuhan..
    Membuka kembali perjalanan Tahun 2009 yang baru kita lalui bersama sama..
    Diam dalam tafakur perenungan diri yang dalam..
    Bukankah waktu yang lalu adalah guru untuk ESOK lebih baik
    Bukankah kita harus mengambil hikmah perjalanan kemarin demi perbaikan
    Sahabat Jangan Sia Siakan Waktu sebelum waktu berbalik melindas kita
    Mari kita benahi diri kita masing masing dan belajar serta terus belajar
    Menemukan Tujuan Hidup Manusia dalam Kesadaran Sepenuhnya
    Walau kemungkinan tahun 2010 akan berjalan dengan berat..
    Keadaan mungkin semakin tiada menentu dan semakin sulit saja
    Fenomena alam dan gejolaknya semakin kerap bertambah melanda
    Tapi biarlah semua itu menjadi pelajaran untuk ber SEGERA
    Segera melangkah membenahi diri.. diri lahir dan diri bathin..
    Membenahi Perjalanan Lahiriah dan Perjalanan Bathiniah yang terabaikan
    Ingat sahabatku semuanya sekali lagi bahwa dirimu meliputi lahir dan bathin
    Jika tiba Saat dan Waktunya maka diri lahir akan kembali kepada tanah
    Tetapi sekali lagi INGAT !!! karena diri Bathin akan bangkit melanjutkan perjalanan
    Diri Bathin akan menuai hasil apa yang selama ini kita tanam dan perjuangkan
    Menangis DARAHpun percuma saja jika kau lalai selama di sini
    Sahabat mulailah berfikir untuk menata kehidupan bathin kita masing masing
    Sebab ketahuilah kehidupan bathin adalah sebuah perjalanan spiritual panjang
    Diri Lahiriah melambangkan nilai manusia di hadapan manusia lainnya..
    Sedangkan Diri Bathiniah melambangkan Nilai Manusia dihadapan Tuhan..
    yayaya.. Sesungguhnya NILAI MANUSIA dihadapan ALLAH ada di sini..
    Sahabat biarlah tahun 2010 menjadi tahun kebangkitan bagi kita semua
    Tahun 2010 menjadi Momentum Bangkitnya Kesadaran dalam Diri
    Mari Sahabatku semuanya gapailah esok lebih baik dan lebih baik lagi
    Sekali lagi MELANGKAHLAH SEGERA.. jangan SIA SIA kan waktumu..
    Sebelum TERLAMBAT
    Selamat Tahun Baru 2010
    @
    selamat tahun baru juga kang (meski terlambat balasnya)
    terima kasih atas pencerahannya.

    Suka

    1. Informasinya menarik ini mas. Kenapa ya mereka mau melakukan bom bunuh diri itu? Apakah itu anggap mereka bom syahid? Adakah fatwa ulama yang membolehkannya bom bunuh diri?
      @
      soal bom syahid atau bukan, saya tidak faham. tapi yang pasti target bom Humam bukan warga biasa.

      Suka

  2. Selamat Tahun Baru
    Semangat Baru
    Menemukan Diri Sebenar Diri
    Meraih Kehidupan Sejati..

    😆 😆 😆 😆 😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll
    @
    semoga mendapat pencerahan baru…new enlightment

    Suka

  3. Selamat Malam Sahabat, Apakabar Malam ini ?
    Tentunya tetep asyik kan ?
    sengaja berkunjung ke rumah sahabat jelang tengah malam kali aja dapet kopi hangat untuk sekedar menghangatkan hati yang senantiasa mendamba keridlaan Allah.
    Semoga sukses menyertaimu sahabat.

    Salam Hangat slalu
    *Abifasya*
    @
    meski terlambat membalas, tapi alhamdulillah, keadaan baik-baik saja Kang Abi.
    terima kasih dah mampir. semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua. amin

    Suka

  4. Salam Sayang aja daaah buat GUS mudah mudahan selalu sehat dalam lindungan dan berkah ALLAH
    @
    semoga begitupula halnya dengan Kang Boed dan rekan-rekan blogger.amin

    Suka

  5. waw.. berita bagus.. panjang bnget juga.. 😀
    kayaknya armagedon bentar lagi dateng ya…
    @
    armageddon yang dibintangi bruce willis??wah sudah lama berlalu, mas

    Suka

  6. Datang menjenguk sahabatku menjelang sore…
    Nice info……
    Kebenaran pasti terungkap.

    Terangi hati dengan pancaran cahaya Illahi.
    Lanjutkan karyamu karena sedang dinanti.

    Suka

  7. Dengan hormat disampaikan bahwa BlogCamp ( http://abdulcholik.com ) masih dalam tahap penyelesaian perbaikan karena landing gear mengalami gangguan.
    Beberapa tehnisi sedang kerja keras untuk mengembalikan kondisinya.
    Saya sementara berada di Posko Bhirawa ( http://mbahcholik.info ) dan saat ini sedang menggelar promosi kaos loreng.
    Silahkan para sahabat berkunjung sebelum waktu promosi habis.
    Salam hangat dari Bhirawa.

    Suka

  8. Semoga ia menjadi seorang syahid dan husnul khatimah.
    Maaf, setahu saya,”bahkan jika mereka meletakkan matahari di tangan kanan dan bulan di sebelah kiri,” itu bukan ayat Al-Qur’an, tapi sebuah hadits.

    Terima kasih.
    Salam

    @
    ya, benar. itu memang hadits. terima kasih atas koreksinya, Pak.

    Suka

  9. Subhanallah,
    Keluarga yang kompak,
    Suaminya penghuni Surga
    Insya Allah istrinya pun demikian
    Perjalanan jihad sang suami
    mendapat dukungan sang Istri
    Allahu Akbar
    @
    semoga kita khusnul khotimah. amin

    Suka

  10. lama tak jalan kesini, sibuk ya Gus koq lama nggak posting, semoga sehat dan bahagia selalu ya salam hangat selalu.
    @
    iya nih. lagi males nulis aja. ok. terima kasih. salam hangat selalu

    Suka

  11. Berjalan menelusuri arus angin malam yang dingin membuat hatiku teringat akan cipta karya sahabatku.Menikmati sajian sahabat di malam hari sehangat pengetahuan percaturan politik yang sedang memicu dan memecahkan suara gemuruh di jagad raya ini.
    @
    menikmati sajian sambil nyruput kopi ya, mas?

    Suka

  12. 😆 😆 😆 😆 😆

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllll

    Suka

  13. HADIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIRRRRRRRRRR Kembali menyapa sahabat tersayang yang sedang dilanda kesibukan.. mudah mudahan segera santai dan selalu dalam lindungan berkah ALLAH..
    salam sayang selalu
    @
    begitupula halnya dengan kita semua…amin

    Suka

  14. Gus Mus, webmu ini loadingnya lama banget. Eh enggak, mungkin koneksi internetku aja yang lelet and lemot.

    @
    sabar aja deh. kadang di tempat saya pun sering lemot.

    Suka

  15. paling tidak saya bangga dengannya, dia bisa melakukan apa yang ada di benaknya. Gw salut abiss sama nih sodara sesama muslim.

    Gw suka dengan pemikirannya
    @
    cakrawala berfikir manusia memang luas tak bertepi.

    Suka

  16. Seharusnya orang seperti Humam bergabung dengan cendikiawan lainnya memajukan bangsa dan kaum Muslim, agar mapan ekonomi dan politik, setelah kuat barulah berjihad melawan ketidakadlian.
    @
    segala sesuatunya memang tidak harus seperti yang kita inginkan. masing-masing memilih jalan yang berbeda.

    Suka

  17. Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati
    @
    semoga blog Ruang hati berbagi dapat terus bergulir agar dapat menambah khazanah cakrawala pengetahuan kita semua. amin

    Suka

  18. artikel yang bagus mas bani, setiap manusia memiliki keyakinan akan kebenarannya.
    @
    Ada banyak tulisan tentang Humam dalam berbagai bahasa. banyak pula diantaranya terkesan mencibir. saya hanya mencoba menulis saja.

    Suka

  19. Bersama komen ini kami mohon info dan masukan pada blog kami yang saat ini sedang sakit, mungkin diantara teman nara blog punya solusi dan obatnya

    Terima Kasih

    Salam Hangat
    @
    Meski saya tidak tahu obatnya, tetapi saya yakin setiap penyakit ada obatnya (kecuali maut).
    Semoga Blog Ruang hati berbagi dapat bergulir berkelanjutan, agar dapat terus saling berbagi ilmu, menambah khazanah cakrawala pengetahuan. semoga.

    Suka

  20. Salam kenal pak
    tentara Allah tidak akan pernah mati dan setiap darah muslimin yang tertumpah akan di balas dgn darah puluhan durjana itu
    @
    salam kenal juga pak.
    terima kasih atas kunjungannya.

    Suka

  21. Ngomong-ngomong themenya ganti ya mas, kayaknya bagusan nyang kemarin lho mas. 😆
    @
    ini memang theme yang ketiga, mas. masih coba-coba. sekadar memancing gairah menulis aja,kok.

    Suka

  22. Waw, panjang sekali ya penjelasannya mas, salam kenal nih dari pendatang baru, mohon dibantu ngeblog ya mas? (Eny-Semarang)
    @
    salam kenal juga, mbak. terima kasih atas kunjungannya…ngeblog memang butuh proses. tapi santai saja, yang penting rajin posting.

    Suka

  23. Sangaat terpukau dengan penuturan isteri As Syahid 🙂

    @
    semoga Allah SWT memberi ganti dengan yang lebih baik. amin

    Suka

  24. Selamat beraktifitas diawal bulan
    Semoga sukses
    @
    terima kasih.
    semoga sukses menyertai Anda selalu. amin

    Suka

Komentar ditutup.