Beranda > berita > PENEMUAN KAPAL KUNO BERUSIA 2500 TAHUN

PENEMUAN KAPAL KUNO BERUSIA 2500 TAHUN


Sebuah kapal kuno Yunani belum lama ini ditemukan di bagian pantai selatan Sicilia, Itali. Kapal ini tergolong besar dan terpelihara dengan baik.

Panjang kapal sekitar 70 kaki (21 meter) dan lebar 21 kaki (6.5 meter). Kapal ini diperkirakan berusia 2500 tahun dan ditemukan dekat kota Gela.

Konstruksi kapal terlihat lengkap. Termasuk bagian dalamnya. Rangka papan yang diikat tali masih sempurna dan bekas-bekas damar sebagai perekat agar air tidak masuk.

Carlo Beltrame, professor arkeologi kelautan dari Universitas Ca’Foscari Venesia, mengatakan temuan di Laut Tengah ini tergolong sangat penting.

“Kapal sejenis pernah ditemukan di Itali, Perancis, Spanyol dan Turki. Tetapi temuan di Gela ini tergolong utuh dan terawetkan dengan baik,” katanya.

Para penjaga pantai Italia berusaha membantu arkeolog mengangkat kapal kuno ini kepermukaan. Mereka menggunakan derek apung untuk mengangkat bagian utama kapal dan membawanya ke daratan.

Di dalam kapal tersebut ditemukan pula beberapa benda kuno seperti mangkuk, barang tembikar, kaleng, minyak lampu dan pecahan-pecahan jerami bekas keranjang.

“Kapal ini berlayar dari pantai Barat Yunani, menyeberangi selat Otranto dan pernah berhenti di Jakarta. Kemudian berlayar lagi ke Semenanjung Peloponnese, dan diteruskan ke pantai Sicilia di Itali,” kata Rosalba Panvini, Kepala peneliti dari Departemen Kebudayaan Sicilia.

Pada 2500 tahun lalu, Kota Gela termasuk wilayah koloni Yunani. Kapal ini diduga diserang badai saat berada sekitar setengah mil dari pantai. Ciri khas kapal ini adalah ikatan-ikatan tali yang mendominasi konstruksi kapal.

Kapal ini pertama kali ditemukan pada 1988. Ketika itu dua orang penyelam berhasil menemukan kapal ini dan melaporkannya ke dinas purbakala setempat. Sejak itu upaya pengangkatan dilakukan dan dikirim ke Portsmouth, Inggris.

Butuh waktu 20 tahun untuk merekonstruksi kapal ini sebelum dikembalikan ke Kota Gela. Para pejabat berharap dapat menampilkan kapal ini dalam keadaan utuh seperti semula. Direncanakan pula pembangunan sebuah museum untuk menempatkan kapal ini.

BaNi MusTajaB

greek-ship-banimustajab

About these ads
Kategori:berita Tag:,
  1. Juni 19, 2009 pukul 11:09 am | #1

    informasi yang menarik, terima kasih uda share
    @
    terima kasih dah mampir

  2. Juni 19, 2009 pukul 2:48 pm | #2

    wah sangat menamjupkan misteri bawah laut memang nemarik untuk di ungkap
    @
    Memang..dalamnya laut siapa yang tahu????

  3. dafilalfadillah
    Februari 28, 2010 pukul 4:17 am | #3

    infonya,,,,thank

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s