GADIS CILIK CACAT TETAPI BERSEMANGAT KUAT


Cacat atau tidak bukanlah ukuran kemampuan seseorang. Demikian kata Prof. Dr. Suharso.

Mungkin tidak banyak generasi muda saat ini yang mengenal sosok  beliau. Pada tahun 1953 Suharso, seorang ahli  bedah  tulang  (Orthopaed) yang pertama kali merintis pendirian Pusat Rehabilitasi Penyandang Cacat Tubuh, yang kemudian berkembang menjadi Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC).

Sesungguhnya kita memang tidak terbiasa disuguhi pemandangan orang-orang yang secara fisik tidak sempurna. Apalagi orang-orang yang tampil di layar televisi. Sehingga menimbulkan kesan seolah-olah mereka yang berhak menghiasi televisi hanyalah yang dianugerahi fisik sempurna. Ini merupakan diskriminasi jahat yang patut disingkirkan.

Harus diakui, ketidaksempurnaan fisik, terutama yang agak ekstrim, cenderung menimbulkan rasa iba dan belas kasih bagi orang-orang yang secara fisik sempurna.

Kita sering merasa kasihan ketika melihat seseorang yang cacat tubuhnya. Misalnya, buta, tuna rungu, anggota tubuh tidak lengkap, dll. Terlebih yang cacat tersebut masih anak-anak. Bahkan pernah diberitakan orangtua yang membuang bayinya yang cacat. Sungguh menyedihkan.

Padahal sejarah mencatat cukup banyak orang-orang berprestasi yang memiliki ketidaksempurnaan fisik. Ambil contoh, Helen Keller yang buta, Alexander Graham Bell yang tuna rungu, dll. Seorang tuna netra bernama Thaha Hussein pernah menjadi Menteri Pendidikan di Mesir.

Mereka terlahir ke dunia dalam keadaan cacat. Tetapi kecacatannya itu tidak menghalanginya untuk maju dan berbuat yang terbaik untuk manusia. Persis seperti yang dikatakan almarhum Prof.Dr. Suharso.

Cacat tubuh tidak berarti dirinya cacat dalam menjalani kehidupan. Sebaliknya, ada orang yang secara fisik sempurna, tetapi justru perjalanan hidupnya penuh cacat dan noda hitam kelam.

Oleh karena itulah, saya agak sedikit termenung saat melihat foto-foto gadis cilik di bawah ini.

Jelas sekali tergambar bahwa gadis cilik ini memiliki keinginan yang kuat untuk maju. Dengan keterbatasan yang dimiliki, dia mampu berenang beberapa kali putaran di kolam renang tersebut.

Kita pun kagum dengan sang ibu yang setia membantu putrinya itu. Meskipun tidak terlihat wajahnya, tapi dari caranya sang ibu memegang putrinya sudah cukup menunjukkan kasih sayangnya yang luar biasa. Kasih ibu sepanjang masa.

Sungguh kita patut merasa hormat kepada gadis cilik ini. Dan semoga pula anak-anak cacat di negeri ini mendapat perhatian yang layak dari kita semua.

BaNi MusTajaB

strong_girl_01 copystrong_girl_02 copystrong_girl_03 copystrong_girl_04 copystrong_girl_05 copystrong_girl_06 copy

Penulis: M Agus Siswanto

https://gus7.wordpress.com (Blog BaNi MusTajaB). Blog ini sekadar kumpulan tulisan pribadi maupun orang lain. Tentu yang saya anggap menarik. Terkadang ada tulisan ringan, tapi tidak sedikit yang bikin pusing. Semoga bermanfaat. Aamiin. Penulis: M Agus Siswanto Mantan Jurnalis Majalah Misteri,Jakarta. email: maniakgaib@gmail.com 08176645205

10 tanggapan untuk “GADIS CILIK CACAT TETAPI BERSEMANGAT KUAT”

  1. Waduh…luar biasa anak ini.
    Tapi sedih juga liatnya 😦
    @
    Mungkin lebih sedih jika kita tidak memiliki semangat seperti semangat gadis cilik itu.
    oke terima kasih.

    Suka

  2. Allah Maha Besar, dibalik setiap kesulitan tersembunyi kemudahan.
    Hakikat dari kesempurnaan ada di dalam diri manusia.
    Tubuh yang sempurna belum menyimpulkan jiwa yang sempurna pula.
    Semangat gadis cilik tersebut layak dijadikan contoh tidak hanya bagi yang cacat tetapi juga bagi yang mempunyai tubuh sempurna untuk tidak berputus asa menghadapi hidup ini
    @
    Innamal ushri ushra fa innamal ushri ushra. Dibalik kesulitan ada 2 kemudahan.
    Semoga semangat gadis cilik itu menginspirasi kita semua.
    terima kasih

    Suka

  3. hmm.. ruaaaaaaaar biasaaa.. sudah saatnya buat kita untuk belajar.. melihat sekarang ini banyak yang dalam kekurangan fisiknya.. dengan bermodalkan tekad dan semangat kuat mereka berhasil dan bisa menjalani kehidupan sebagaimana kita semua..
    Salam Sayang
    @
    Ya, kita perlu meniru semangat luar biasa yang ditunjukkan gadis cilik itu.

    Suka

  4. Gua begitu terharu ngeliat  gadis cilik yang cacat fisik
    Τǎ¡ dia begitu hebat dan tidak ptus asa
    Dan dy bisa ikt lomba renang sya bgitu salut

    Suka

Tinggalkan komentar