SITU GINTUNG: TRAGEDI DI TENGAH GELOMBANG KAMPANYE

Apa yang terlihat seperti tumpukan sampah tersebut sebenarnya merupakan aliran air dari Situ Gintung (sebelum jebol). Lebar aliran air tersebut sekitar 2 meter.


Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ini hanyalah sekadar foto-foto. Belum ada kata-kata yang mampu melukiskannya. Situ (danau) Gintung telah menjadi Danau Air Mata.
Keterangan foto:
1. Seorang jurnalis asing sedang meliput lokasi kejadian. Ini menunjukkan tragedi Situ Gintung tergolong berita besar. Terutama dengan banyaknya jumlah korban.(Foto menghadap Tenggara)
2. Tampak tanggul Situ Gintung yang jebol. Awalnya lebar tanggul sekitar 2-3 meter dan berubah menjadi sekitar 20 meter. (Foto arah Tenggara)
3.Relawan berupaya mencari korban yang diduga tertimbun puing-puing persis di bawah tanggul yang jebol.
4.Masjid Jabalul Rahmah terhindar dari terjangan banjir. Sementara areal sekelilingnya telah rata dan menjadi aliran air yang baru. (Foto arah Timur Laut)
5.Kerusakan yang diakibatkan banjir. Rumah tersebut berada sekitar 20 meter dari tanggul yang jebol. Berada di sisi Barat aliran air. (Foto arah Barat Laut)
6.Tampak fondasi bangunan diantara genangan air. Tampak juga rumah yang sebagian dinding tripleks hilang. (Foto arah Barat Laut)
7.Aliran air dari Situ Gintung (sebelum jebol) berada sekitar 1 meter dari sisi sebelah kanan bangunan bertingkat tersebut. (Foto arah Utara)
8.Apa yang terlihat seperti tumpukan sampah tersebut sebenarnya merupakan aliran air dari Situ Gintung (sebelum jebol). Lebar aliran air tersebut sekitar 2 meter. (Foto arah Selatan)
9.Kawasan pemukiman yang telah rata dan menjadi aliran air yang baru. Bekas-bekas fondasi bangunan masih terlihat. (Foto arah Timur Laut)
10.Foto diambil di jogging track (sekitar 5 meter dari tanggul yang jebol/di sebelah kiri). Di sudut sebelah kanan foto sebenarnya terdapat bangunan yang berada di atas danau (menggunakan tiang pancang). (Foto arah Tenggara)
11.Keindahan Situ Gintung telah lenyap, memperlihatkan dasarnya yang berlumpur kotor. (Foto arah Selatan)
12.Seorang gadis kecil tampak termangu melihat Taman Wisata Situ Gintung telah menjadi sejarah. (Foto arah Timur)
Persoalannya, adakah yang layak diseret ke meja hijau untuk mempertanggung jawabkan semua tragedi ini?
BaNi MusTajaB

Penulis: M Agus Siswanto

https://gus7.wordpress.com (Blog BaNi MusTajaB). Blog ini sekadar kumpulan tulisan pribadi maupun orang lain. Tentu yang saya anggap menarik. Terkadang ada tulisan ringan, tapi tidak sedikit yang bikin pusing. Semoga bermanfaat. Aamiin. Penulis: M Agus Siswanto Mantan Jurnalis Majalah Misteri,Jakarta. email: maniakgaib@gmail.com 08176645205

57 tanggapan untuk “SITU GINTUNG: TRAGEDI DI TENGAH GELOMBANG KAMPANYE”

  1. Allah menunjukkan kuasanya kembali..jelas ini peringatan atas kesombongan bangsa ini yang telah lalai menjaga lingkungannya

    saya melihat masjid adalah bukti bahwa Tuhan hanya akan melindungi umat-Nya yang mengingat-Nya

    @
    Benar, Mas.

    Suka

  2. ada2 saja sudut pandang orang yaa…

    mari kita sama2 mulai latihan belajar agar tragedi yg demikian tak kan pernah terulang lagi kelak
    @
    Semoga

    Suka

  3. Semoga para caleg-caleg pada bantuin kesana ya Mas 🙂
    daripada duitnya dibuang ngak karuan ?

    @
    Iya benar. Setuju

    Suka

  4. Jgn menyalahkan orang lain/pemerintah krn manusia adalah khilaf jadikan hal sprti ini ujian dari-Nya kun fayakun

    @
    Tetapi yang bertanggung jawab tetaplah perlu diselidiki dan disidik. Bahkan penjaga pintu perlintasan kereta api yang lalai pun dapat dihukum. Apalagi dalam tragedi Situ Gintung.

    Suka

  5. Lihatlah wahai kawannnnnnnnnnnnn
    Allah telah memperlihatkan kegagahanNya dan kekuatanNya……..
    Dialah yang sebenarnya Maha Raja diatas segalanya.
    Janganlah manusia angkuh akan kesombonganNya.
    Sesungguhnya yang patut sombong hanyalah Allah SWT.
    @
    Benar, Mas

    Suka

  6. Masalah bangsa sudah sangat kompleks.
    Dan menjelang pemilu terjadi bencana, inilah petanda.
    Petanda apa yah? Hmmm….
    ***
    Setuju…Jangan dengan alasan “sudah takdir Tuhan”, lalu kita menjadi lalai, aparat-aparat angkat tangan, dan hukum disembunyikan.
    Lalai, aak pake helm saja ditilang, apalagi lalai tidak mendengar keluhan masyarakat karena peraturan perundangan telah mengatur apa tindakan-tindakan yang harus dilakuan untuk memaintenance situ dengan waktu yang teratur dan pemeriksaan yang cermat (jangan uang untuk riset dimasuk kantung sendiri).
    Trims
    @
    Kita tetap berharap demikian. Tragedi Situ Gintung menjadi pelajaran sangat mahal untuk kita semua.

    Suka

  7. Musibah Situ Gintung adalah peringatan dari Allah SWT. kepada kita semua agar jangan berlaku semena-mena diatas Dunia ini, khususnya buat pemerintah yang seharusnya tidak memberi izin kepada masyarakat utk tinggal di kawasan tersebut.

    Mohon kepada pemerintah untuk segera mengganti rugi para korban dan sekaligus mencarikan (memindahkanya) ke kawasan yang layak dan man untuk di huni, segera kosongkan kawasan Situ Gintung dan hijaukan kembali agar tidak terjadi korban berikutnya.

    Terima kasih,
    salam,
    shs
    @
    Pemerintah wajib berbuat seperti itu. Kita lihat saja nanti. Ok. terima kasih

    Suka

  8. Apa dan kenapa terjadi bencana ???? Bukan salah pemerintah atau orang lain. Bercerminlah pada diri sendiri. Kalau memang kita sudah suci dan benar, Insya Allah pasti Tuhan akan menyelamatkan kita. Tapi ingat !!!! Keselamatan abadi hanya akan kita peroleh di akherat kelak. Itu pun kalau kita lulus ujian. He…he
    Jadi jangan menghujat sana – sini atau menangis meratapi nasib tanpa berbuat. Ayo bangun…. bangunn dan bekerja kembali.
    Jangan Lupa setiap manusia tak luput dari Mata Tuhan. Baik atau buruk diri kita, Tuhan Pasti tahu !!!
    @
    Bukan menghujat. Tetapi sekadar mengingatkan saja.

    Suka

  9. Saya berharap pemerintah segera merahabilitasi tanggul
    yg ambrol, kemudian memberikan bantuan bagi korban yg meninggal dunia dan merehabilitasi/memberi bantuan kepada kepala keluarga yg rumahnya rusah diterjang banjir Situ Gintung

    Fr mtr NTB
    @
    Kita lihat saja nanti. Semoga harapan itu terealisir.

    Suka

  10. marilah kita saling introspeksi masing2. apakah kita sudah berbuat yang terbaik buat negeri tercinta. apakah kita sudah menyadari perbuatan salah yang sering dilakukan berulang2?? kita tidak boleh saling menyalahkan orang lain sebelum melihat diri kita sendiri. always peace

    Suka

  11. saya ikut berduka cita atas tragedi situ gintung, semoga Alloh SWT mberikan ketabahan serta kekuatan iman untuk menerima musibah ini dengan ikhlas,…..
    amin

    Suka

  12. Saya ikut prihatin atas terjadinya tragedi situ gintung. dalam tragedi ini, yang disalahkan yakni, para masyarakat yang tinggal di sekitar situ, karena jarak rumah mereka tidak lagi sesuai dengan jarak sebenarnya, yakni 40 – 100 meter. maka dari itu, pemerintah haruslah melakukan penyelidikan yang lebih serius dan lebih intensif.

    Suka

  13. Allahu Akbar . . . .
    Subahanallah . . . .
    laa haula wa laa quwwata illa billlahil ‘aliyyil ‘adziem . . .

    dunia ini sudah rapuh, keserakahan para penguasa telah membuat semuanya semakin semrawut. . . .
    hanya mereka yang dihatinya selalu ada Allah Rabbul Izzati yang akan selalu di lindungi_NYA . . .

    Bersabarlah saudaraku dalam menghadapi semuanya. . . .
    semua adalah pelajaran, dan pengajaran untuk kita semakin dekat dengan yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan . . .

    Suka

  14. INI ADALAH COBAAN BAGI ORANG BERIMAN, AZAB BAGI ORANG YANG TIDAK BERIMAN. SEMOGA INI MENJADI PELAJARAN BAGI KITA SEMUA.

    Suka

  15. dengan adanya mesjid yang masih utuh di situ gintung ataupun di aceh sewaktu tsunami, menandakan bahwa alloh swt akan selalu melindungi apapun yang suci

    Suka

  16. Alam udah marah tuh,krn manusia bs nya cuma ngerusak aj+ga inget gmn cr ngerawatnya.aneh,tehnologi makin canggih,segala fasilitas dunia gampang didapat kok manusia malah turun IQ+moral nya y? makin byk jg yg dah pada ga inget ma yg bikin langit,bumi+isinya..Edan ga tuh?Tuh kan jadinya Rabb yg Maha Agung ksh lht kekuasaan_Nya..derasnya aer yg bs sekejap nyapu sglanya,tp masjid yg udah jelas2 didepan sumber bencana malah kokoh berdiri.Ajaib ga tuh?SubhanaAllah!

    Suka

  17. ngejaga alam tuh dmule dr hal yg paling kecil deh,buang sampah jgn sembarang!!!inget tuh!!!kalo lagi mkn Permen ato keripik jengkol,bungkusnya jgn dbuang sembarang y,,,lo pada!!!kantongin ato sakuin tuh sampahnya sampe lo nemuin tempat sampah,sapa tau juga dengan KUN FAYAKUN nya ALLah bs jd intan berlian!!! ide bagus ga tuh?makasih…makasih!!

    Suka

  18. warga biar sadar bahwa dirinya masih ada yang mengatur, biar semakin tobat apa yg telah di perbuatnya.
    @
    Sesungguhnya kita semua wajib bertobat

    Suka

  19. kejadian ini mengingatkan kita pula bahwa tidak ada yang abadi di muka bumi ini, semua ciptaanNya akan kembali pula kepadaNya
    @
    Ya benar. Cepat atau lambat, kita pun akan menemui Sang Khalik.

    Suka

  20. Saya rasa tidak ada yang perlu disalahkan baik pemerintah maupun siapapun karena itu sudah kehendak yang kuasa yaa itulah ketentuannya jadi menurut kita sebagai bangsa indonesia haruslah intropeski diri jangan saling menyalahkan kita ambil suatu hikmahnya semoga bangsa ini akan bangkit kembali dan bersatu saya teringat pesan bung karno berilah saya seratus orang tua hanya dapat menggoncangkan gunung tapi berilah saya sepuluh pemuda maka akan dapat menggoncangkan dunia kapan lagi pemuda-pemuda indonesia bangkit, jangan terlena dengan judi, miras, narkoba dll ayoooo bangkitlah pemuda-pemuda indonesia
    @
    Introspeksi diri benar. Tetapi tetap dibutuhkan sebuah pertanggungjawaban dari apa yang telah kita lakukan.

    Suka

  21. seharusnya pemerintah jangan terlalu banyak ini-itu.urusin aja dulu korban2 situ gintung.baru urusin yang lain.ga denger emang di tv warga yang kena musibah ssangad mengharapkan bantuan ?? lagian caleg mulu ci yang diurusin. gimana indonesia mau maju..bukti’a bencana alam yang disumatra aja gga di urusin!! banyak warga indonesia yang kecewa berat samma pemerintah . setiapp adda bencana dibenahin’a selalu lama. giliran korupsi ajja bertriliun-triliun cepet bgt , percuma nyontreng presiden juga indonesia gga akan pernah maju.klo gga dibenahin orang” DPR MPr..buktinya yang pernah kejerat kasus korupsi aja tiba” bisa nyalonin jadi PRESIDEN .. indonesia” .. kasian saya sama rakyat kecil cuma bisa tanggung akibat dari orang” yang ga punya otak !!!!
    @
    Bersabarlah. Yakinlah segala sesuatunya akan bergerak ke arah yang lebih baik. Insya Allah.

    Suka

  22. kasian saya cuma rakyat kecil mau makan aja udah susah.ya mau gimana lagi kalau udah takdir
    @
    jangan salahkan takdir.

    Suka

  23. munkin ini jig krna k3elalaian manusia jg…

    dgn ada’a kejdian ini qta bsa mlhat bhwa musibah bsa dtng kpn sja
    @
    Kita memang sering lalai.

    Suka

  24. MUDAH-MUDAHAN WARGA SITU GINTUNG TABAH YA MAS MENGHADAPI COBAAN INI….
    SEMOGA DENGAN KEJADIAN INI KITA SEMUA BISA MENGAMBIL HIKMAH NYA…
    DAN PEMERINTAH BISA MEMBERI BANTUAN….
    @
    Semoga demikian

    Suka

  25. saya berharap kpd seluruh warga yg tinggal di sekitar situ gintung dapat mangambil hkmah atas kejadian tsb
    @
    Sesungguhnya kita semua harus dapat mengambil hikmah dari musibah itu.

    Suka

  26. bagi manusia2 berdosa segeralah bertobat karna tanda2 hari kiamat sudah banyak ber munculan..
    siapkan lah diri anda..
    WASPADALAH…
    WASPADALAH…
    WASPADALAH…

    Suka

  27. makanya jgn sekali2 berbuat yg gak2 di keindahan alam Tuhan
    N bg smua
    BERHATI2LAH
    BERHATI2LAH
    BERHATI2LAH

    Suka

  28. Ujian dan bencana didatangkan Allah untuk penghapusan dosa dan meningkatkan darjat. Syukurlah Rasulullah telah bersabda bahwa dari Bumi sebelah Timur akan terjadi kebangkitan Islam kali kedua di akhir zaman sekarang ini………

    Suka

  29. Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    Mengapa tidak memperingatkan warga yg membangun disekitar situ…mereka tidak tahu krn ada izin membangun ya toh…
    Jangan disalahkan masyarakat. Kalau pemerintah tegas dan tidak goblok dan konsisten, semestinya tidak terjadi.
    Mengapa waduk sudah kropos tidak diperbaiki…??
    Mengapa waduk sudah kropos tidak diperbaiki…??
    Mengapa waduk sudah kropos tidak diperbaiki…??
    Jadi
    Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    Pemerintah goblok n tidak konsisten.
    …blok …goblok…bego…koplo…..

    Suka

  30. bagi orang-orang yang terkena musibah moga di beri ketabahan dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini dan semoga anda semua diberi rizki yang buaaaaaaaAAAAAAAAAAAANYAAK
    @
    Amin ya Robbal aalamin

    Suka

  31. mungkin itu cobaan kli…………..
    tpi yang sabar y………….
    Q jga trut duka cita ata kluarga yg diinggalkan…tetep tabah y!!!!!!!!!!!!
    Smoga pemerintah jga lbih merhatiin jeboln.a situ gintung.
    Pokokn.a tetep berjuang bwwat HIDUP
    KARNAHIDUP ITU INDAH

    Suka

  32. 4.Masjid Jabalul Rahmah terhindar dari terjangan banjir. Sementara areal sekelilingnya telah rata dan menjadi aliran air yang baru. (Foto arah Timur Laut)
    ———————————————————–
    apakah makna yang tersembunyi ??? sementara dari sekian banyak bencana… selalu saja ada keajaiban… selalu ditinggalkan petunjuk yang nyata… tapi apakah ada yang berubaaaaah… hmm… sayang sekali hanya sedikit… yang mau melihat makna dari serentetan bencana yang menimpa negeri ini…. sayaaaaang…
    Salam Sayang

    Suka

  33. aku ingin kalian tabah dan bersabar menghadapi semua cobaan dari allah aku yakin semua pasti ada hikmahnya kalain tatap lanit karna langit bisa berubah

    Suka

Tinggalkan komentar