BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

MENGAPA REKAMAN BLACK BOX ADAM AIR 574 DIBOCORKAN?


Cover Pengantin Lembah KematianAdvetorial
PENGANTIN LEMBAH KEMATIAN

SINOPSIS

Bagi perempuan di Kampung Lembah Kematian, menjaga agar dirinya tetap perawan, menjadi persoalan wajib yang tidak bisa ditawar-tawar. Mungkin saja suaminya kelak tidak akan mempermasalahkan ketidakperawanan istrinya. Namun tidak demikian bagi Mbah Bahuga. Tepat di malam pengantin, makhluk gaib pelindung kampung itu akan meniduri pengantin perempuan sebelum suaminya. Jika ternyata pengantin perempuannya sudah tidak perawan, dia akan dibunuh. Jika tidak, dipastikan kampung itu akan dilanda malapetaka.

Kenyataan itulah yang membuat Marni begitu tertekan menjelang hari perkawinannya. Bukan karena Mas Turip tidak mau menerima keadaannya, tapi kenyataan bahwa ia akan menemui ajal di malam pengantin, membuatnya begitu gundah. Ya, dirinya sudah tidak perawan. Tentu Mbah Bahuga akan marah dan membunuhnya. Bagaimana Marni bisa keluar dari situasi yang rumit itu? Siapakah sebenarnya Mbah Bahuga?

PENGANTIN LEMBAH KEMATIAN

Penulis: Yon Bayu Wahyono
ISBN: 979-1305-88-4

Tahun terbit: Februari 2014.

Jumlah Hal: iv + 202 hal

Ukuran: 13 cm x 20 cm

(Soft Cover).

Penerbit: Nusa Media Yogyakarta

Harga: Rp. 40.000,-

Silahkan pesan sekarang juga

Kirim sms ke no 08176645205 dengan format :

NAMA#ALAMAT#JUMLAH PEMESANAN

Tuliskan Nama Lengkap, Alamat pengiriman, Jumlah buku yang dipesan,

Kami akan mengirim nomor rekening beserta jumlah uang yang harus di transfer setelah ditambah ongkos kirim.
==========================================================================================

MENGAPA REKAMAN BLACK BOX ADAM AIR 574 DIBOCORKAN?

Ketika rekaman black box Adam Air 737-400 PK-KI 574 beredar di internet, muncul pertanyaan, mengapa rekaman itu bocor ke publik? Andaikan ada unsur kesengajaan, lalu untuk tujuan apa? Adakah manfaat yang dapat dipetik?

Menanggapi beredarnya rekaman kotak hitam itu, Menhub dengan tegas menyatakan isinya palsu. Sementara pihak lain ada yang berbeda pendapat. Seorang pilot senior, meyakini isinya asli. Pihak keluarga pilot pun ada yang percaya suara yang terdengar asli.

Asli atau punpalsu dengan rekaman itu, namun yang pasti, siapapun yang mendengarkannya cenderung merinding dengan suasana mencekam detik-detik menjelang bencana.

Tetapi yakinlah, siapapun yang dengan sengaja membocorkan rekaman itu ke publik, tentu tidak bermaksud menunjukkan kepada publik bahwa pilot dan co-pilot meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Terutama dengan kata-kata yang mengagungkan kebesaran Tuhan..Allah Akbar. Kematian dengan kata-kata terakhir yang terucap mengagungkan asma Tuhan memang akan dibalas dengan jaminan surga.

Lalu mengapa rekaman yang sangat rahasia itu dapat beredar?

Tulisan ini tidak bermaksud menyakiti siapapun atau apalagi menuduh pihak tertentu. Tetapi sekadar dugaan seputar rekaman memilukan itu dapat beredar.

1. Kalau kita simak kata-kata yang terekam menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan mesin (navigasi). Sepintas, kerusakan pesawat adalah hal biasa. Tetapi, kerusakan yang kemudian berakhir bencana, tentu bukan hal yang biasa.

Di sinilah persoalannya, sejak lama ada kecenderungan musibah transportasi yang kerap terjadi di negeri ini selalu berujung pada vonis: human error. Selalu saja manusia yang mengendalikan pesawat (pilot-co pilot) dinyatakan bersalah.

Ketika penerbangan kita berjaya dengan produk pesawat dalam negeri PT. Nurtanio(PT.Dirgantara Indonesia- IPTN), nyaris tidak boleh ada kesalahan sedikitpun. Ketika kemudian terjadi musibah, selalu saja divonis human error. Bahkan saat investigasi belum tuntas.

Rekaman Adam Air 574, secara jelas membuktikan terjadi kerusakan mesin. Dan bukti itu menguat dengan ucapan ‘Kapal Bambu’. Sebuah idiom yang menunjukkan bahwa pesawat tersebut tidak layak terbang, tetapi, mungkin dengan alasan komersil, Kapal Bambu itu diterbangkan juga.

2. BBC Indonesia, tanggal 24 Juli 2008 merilis berita seputar larangan terbang ke Eropa. Alasannya, pengawasan keselamatan penerbangan Indonesia masih lemah. Bahkan Indonesia didesak memberlakukan undang-undang penerbangan baru sesuai dengan ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO). Larangan terbang dikeluarkan akibat peningkatan frekuensi kecelakaan pesawat di Indonesia. Larangan berlaku di 27 negara anggota Uni Eropa. Dasar larangan adalah saran dari Komite Keselamatan Udara Uni Eropa. Sistem penilaian Uni Eropa itu mengecewakan Menhub. Tetapi menurutnya, Indonesia tidak lagi tergantung pada larangan tersebut. Sebab, sejak tahun 2004, Indonesia tidak melayani penerbangan ke Eropa. Lihat:

http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2008/07/080724_euflightban.shtml

Rekaman Adam Air 574 itu membuktikan argumen larangan terbang ke Eropa yaitu standar pengawasan keselamatan penerbangan Indonesia masih lemah adalah benar. Standar keselamatan tentu saja berlaku global. Kalau dikatakan bahwa standar pengawasan kita di Eropa jelek, tentu standar itu juga jelek di negeri ini atau dimanapun.

3. Tanggal 24 Juli, Pilot Boeing 737-400 Garuda Indonesia, M Marwoto Komar, menjalani persidangan perdana di Pengadilan Negeri Sleman, Yogyakarta. Menurut jaksa, tindakan Marwoto telah menyebabkan pesawat terbakar di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, pada 7 Maret 2007. Marwoto diancam penjara seumur hidup karena kesalahannya.Sidang ini merupakan kasus human error pertama di dunia. Kasus ini dianggap preseden buruk dunia penerbangan karena akan membuat trauma para pilot.

Beredarnya rekaman Adam Air 574 boleh jadi ingin menunjukkan kepada publik, bahwa tuduhan terhadap Marwoto bisa saja keliru. Dengan kata lain, bukan human error. Atau paling tidak mengingatkan, agar kasus Marwoto sebaiknya diselesaikan melalui sidang etika profesi.

4. Tempointeratif: Karyawan Adam Air Tuntut Pesangon Rp 48 Miliar.(1-5-2008). Lihat:http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2008/05/01/brk,20080501-122309,id.html.

Beredarnya rekaman Adam Air 574, boleh jadi untuk menarik perhatian publik seputar kisruh Adam Air ini. Para pemilik saham, tentu saja gerah dengan rekaman itu.

5. Beberapa bulan lagi, kita akan memasuki musim haji dan akan terjadi arus penerbangan yang sangat padat dan tentunya menuntut ekstra pengawasan terhadap kondisi pesawat.

Maka dengan beredarnya rekaman Adam Air 574, kita harus menilai diri, adakah kekurangan dalam hal apapun yang terkait dengan penerbangan kita untuk membawa jamaah haji?

6. Ada oknum tertentu yang ingin meraup uang dari rekaman ini. Dia bermaksud menjualnya lantaran bernilai berita tinggi. Tetapi tampaknya, niat buruk itu gagal karena rekaman keburu beredar. entahlah.

Dengan kata lain, asli ataupun palsu, yang pasti kita harus mengambil hikmah dengan peristiwa beredarnya rekaman black box Adam Air 574.

BaNi MusTajaB

20 comments on “MENGAPA REKAMAN BLACK BOX ADAM AIR 574 DIBOCORKAN?

  1. Bayu
    Agustus 4, 2008

    mungkin si penyebar rekaman adalah orang dalam knkt (oknum) yang sudah lelah dengan kebohongan pemerintah kepada publik dan akhirnya dia menyebarkan kebenaran yang dia anggap benar itu.
    saya berharap masih ada oknum2 yang lain yang berani mengungkap kebohongan2 agar publik tau versi aslinya.

    Suka

  2. jobfly
    Agustus 4, 2008

    wah terimakasih mas atas analisis nya,
    saya ga kepikiran sampe buat pergi haji malahan.
    😀

    semoga ini ga ada hubungannya dengan pengalihan opini publik atas dekatnya masa kampanye.

    Suka

  3. vizon
    Agustus 4, 2008

    saya setuju ini tidak dijadikan konsumsi publik. apalagi beberapa stasiun tv telah menayangkannya lengkap dg visualisasinya. gak kebayang betapa sedihnya para keluarga. luka lama berdarah kembali.

    please, janganlah diteruskan. tidak ada gunanya. apapun alasannya, tetap tidak manusiawi menayangkan ini. janganlah meraup keuntungan materi dari kesedihan orang lain, kasian…😦

    Suka

  4. Dahai
    Agustus 4, 2008

    Itu asli..menhub tuh yang ga satria,ga jantan bisanya cuman cengengesan aja…menhub palsu tuh!

    Suka

  5. Pemuda Indonesia
    Agustus 4, 2008

    Assalammualaikum..
    Untuk semua Bangsa Indonesia
    Jangan membiasakan diri terpancing hal hal yang belum tentu kebenarannya, lihat kondisi masyarakat kita, begitu gampang terpengaruh isu isu yang menyebabkan perpecahan, dari dulu negara kita ini tidak pernah benar2 aman dan damai!! inikah yang kalian cari? saudara membunuh saudara? sekalian saja dibubarkan bangsa ini, atau, orang kita terlalu “pintar” dalam hal pancing memancing emosi, sikut menyikut, tuding menuding!! maaf bila saya agak kasar, tapi, cobalah lihat, apa hasil yang selama ini kita dapatkan? Kerusuhan antar etnis, konflik antar agama…ini karena bangsa kita masih tidak mau menggunakan otak..!! cobalah create hal hal lain yg lebih berguna, bahas hal hal lain yang lebih bermanfaat bagi bangsa ini. Masih banyak daerah tertinggal di nusantara, masih banyak kesulitan yang dialami bangsa kita. Anak jaman sekarang lihat saja, mau UNAS bingung….takut….trus..DEMO….ujung ujungnya ya itu…berontak! coba lah pakai otak!!
    Untuk Pemilik Blog
    Jika anda termasuk orang yang mengerti dan mau memikul tanggungjawab terhadap bangsa ini, coba lah ganti judul tulisan ini, MENGAPA REKAMAN BLACK BOX ADAM AIR 574 DIBOCORKAN? ini seakan akan anda menyatakan bahwa rekaman itu asli (dari pertama anda setuju bahwa rekaman itu asli).
    alangkah lebih baik jika judul diganti REKAMAN BLACK BOX ADAM AIR 574 ASLI ATAU BUKAN?
    Saran
    Cobalah kita menikmati kebebasan berekspresi, menyuarakan pendapat dengan tanggung jawab, beri masukan yang lebih bermanfaat, fikirkan apa yang anda bisa lakukan untuk bangsa ini, jgn fikirkan apa yang bangsa ini bisa berikan pada anda!

    Salam Persatuan!!

    Suka

  6. djunaedird
    Agustus 5, 2008

    Karena KNKT menyimpulkan bahwa kecelakaan itu adalah lantaran human error, makanya rekaman itu disebar. Biar publik yang menilai. Salah pilotnya atau pesawatnya yang rongsokan….

    Suka

  7. sufimuda
    Agustus 5, 2008

    Tidak perlu berdebat tentang rekaman asli tidak asli, ini menjadi pelajaran yang berharga, sudah saatnya penerbangan di negeri kita harus banyak berbenah agar peristiwa seperti ini tidak terulang lagi

    Suka

  8. Emanuel Setio Dewo
    Agustus 6, 2008

    Membuka mata untuk interospeksi.

    Suka

  9. infogue
    Agustus 6, 2008

    kebenaran akan terbuka dengan sendirinya,dengan adanya kebocoran rekaman itu,publik kan jd tau apa sebenarnya yang terjadi….

    Suka

  10. merlis
    Agustus 8, 2008

    adalah bodoh ketika mengatakan bahwa rekaman suara pilot dan co pilot pada detik2 terakhir kecelakaan adam air adalah palsu….itu hanya sebuah usaha agar terciptakan sebuah opini publik yangt bias….yang ragu bahwa itu benar atau palsu….saya orang yang berproses dalam disiplin ilmu yang sangat berhubungan dengan media rekam sehingga saya bisa menganalisis file yang telah tersebar ke internet secara ilmiah,,,, dan saya adalah orang yang telah lama berproses dalam bidang theater dan dari kacamata saya sebagai seorang sutradara saya tidak pernah melihat dalam berbagai sisi dalam rekaman tersebut adanya unsur theaterikal,,skenario,,akting,dan direct,,,saya menangkap itu adalah komunikasi alamiah dan natural apalagi dengan background noise pesawat yang dalam satu ambience frekuensi,dan dari lamda maupun gelombang sinus yang terdeteksi itu menunjukan satu kesatuan ukuran frekuensi dengan ambience yang sama,,kemudian di bagian akhir msh tersisa suara dalam alat komunikasi pesawat yang itu menunjukan bahwa rekaman itu benar2 dari pita dan bukan digital,, data itu saya yakin dari pita dan direkam ulang di format digital tanpa edit karena msh ada sisa suara di bagian akhir,,,,kemudian ketika ada suara kerusakan engine pesawat yang berindikasi pada kerusakan sistem navigasi yang kemudian diikuti dengan suara kepanikan pilot dan co pilot itu jelas jauh dari unsur akting dalam media audio,,andai ada yang bisa membuat rekaman yang sama atau mencoba bereksplorasi meniru atau membuat skenario baru seperti rekaman tersebut saya akan berguru pada orang tersebut,,,dan saya yakin orang tersebut adalah orang tercerdas di negeri ini melebihi SBY HAbibie apalagi ketua KNKT…tolong jangan bodohi bangsa yang sudah lama anda bodohi dengan subsidi pendidikan yang rendah&dengan kepitalisasi pendidikan,,,tolong jangan bodohi rakyat yang sudah bodoh(bodoh karena dibuat oleh sisrem yang menggiring rakyat indonesia ke alam kebodohan dan kemiskinan)

    Suka

  11. merlis
    Agustus 8, 2008

    tolong seluruh orang yang ahli audio,,,seluruh orang yang ahli akting, theater, pemain sinetron,pengisi voice over dikumpulkan untuk membuat rekaman yang berkualitas sama secara keseluruhan dengan rekaman detik2 terakhir suara pilot dan co pilot menjelang kecelakaan,,,,saya berani jamin ga akan bisa,,,,,kalo sampai ada yang bisa dia adalah orang yang paling layak menjadi presiden RI di pemilu 2009 yang akan datang

    Suka

  12. Senawang
    Agustus 8, 2008

    kalo semua masyarakat pemikirannya seperti manusia yang kasih komentar nomer 5 mungkin bangsa ini ga pernah ribut, tenang dan itu amat menyenangkan untuk orang2 pemerintahan maupun birokrasi dan segala yang masih busuk,,,karena kebusukan di birokrasi pemerintah amat merindukan manusia2 seperti yang kasih komentar no 5

    Suka

  13. Devitos
    Agustus 8, 2008

    KNKT di suap berapa sama adam air?

    Suka

  14. Devitos
    Agustus 8, 2008

    ADAM AIR ASU BAJINGAN

    Suka

  15. august32
    Agustus 8, 2008

    Nggak papa kenapa harus ditutupi apa sih untungnya

    Suka

  16. Pemuda Indonesia
    Agustus 11, 2008

    “kalo semua masyarakat pemikirannya seperti manusia yang kasih komentar nomer 5 mungkin bangsa ini ga pernah ribut, tenang dan itu amat menyenangkan untuk orang2 pemerintahan maupun birokrasi dan segala yang masih busuk,,,karena kebusukan di birokrasi pemerintah amat merindukan manusia2 seperti yang kasih komentar no 5”

    Tenang Bung, kalau anda berpikiran seperti itu, maka seharusnya anda yang maju jadi Presiden Pemilu mendatang, jika anda mengira saya adalah tipe orang yang amat dirindukan pemerintah anda salah besar. Sekedar informasi ya Bung, ayah saya mantan PNS, Kakek saya dulu tentara dengan meniti karir dari prajurit hingga pensiun pangkat terakhir Kapten, tapi yang kami dapat dari itu? tidak ada Bung, kekayaan? Tidak..hidup kami berlimpah materi? tidak, semua yg saya miliki sekarang adalah karena hasil kerja saya, jadi maaf maaf saja apabila anda mengatakan saya tipe2 orang yg dirindukan pemerintah! Saya hanya ingin menyampaikan, ngga usah kita membicarakan hal hal yang seperti ini, Let’s make something new…Jaman sudah susah Bung! Nyari duid susah…mau sekolah mahal…apalagi yg mau diomongin masalah negara ini? ngga habis2 Bung! Cari duid aja Bung yg banyak…
    Jika anda yang maju dalam pemilu tahun mendatang maka saya adalah orang yang nomor satu mendukung anda! cuma sepertinya saya tidak bisa ikut pemilu tahun mendatang deh, karena saya harus menempuh studi di LN yg nota bene adalah biaya dari kocek pribadi saya.

    satu resep menikmati hidup di indonesia adalah “jgn pernah berpikir masalah politik”

    Heran banyak yg bersuara menentang pemerintah…tapi mengapa masih banyak rakyat kita yg milih jadi pegawai negeri? Sampe antri2 lagi pas mau daftar…😀 . Kembali lagi pada saran saya…”Let’s Make something new my Brotha!”

    Anti Korupsi
    Anti Kolusi
    apanya yg mau dikorupsi..la wong saya kerja sendiri alias wiraswasta….😀 masa mau korupsi duid sendiri? Apa juga yg mau dikolusi, mikirin gaji karyawan tiap bulan agar anak istri mereka makan aja sport jantung Bung dalam kondisi saat ini.

    Rakyat Tenang = Makan mereka cukup = Hak Mereka terpenuhi..

    Rakyat Ribut = Rakyat Banyak Omong = Rakyat tidak cukup makan = penghasilan kurang = tenaga mereka dihargai rendah= mereka pendidikan tidak cukup?=>orangtua mereka tidak punya uang?

    kesimpulan = agar anak cucu kita bisa sekolah dengan layak kita harus punya biaya yang cukup. Mari kita nyari uang aja..ngga usah ngomong politik dan tetek bengeknya, urus anak cucu kita aja biar mereka pintar2 dan jadi orang yang sukses + anak yg soleh dan berbakti pada orangtua, ingat bung, yg kita butuhkan di akhirat nanti bukan politik…bukan gontok2an..bukan juga uang, tapi adalah do’a anak kita yg sholeh!

    Salam Persatuan!

    Suka

  17. Budi
    Agustus 18, 2008

    Kalo pihak yang berkompeten yakin bahwa rekaman itu bukan asli, lantas kenapa mereka perlu repot? Atau perlu mengambil tindakan?

    Suka

  18. nick2995
    September 15, 2009

    saya adalah salah satu pembaca blog ini.walaupun saya org malaysia tapi mendengarkan rakaman adam air 574 ini benar-benar membuatkan saya berfikir bahawa hidup ini hanya milik tuhan. tuhan berhak untuk mengambil nyawa kita walau di mana kita berada sama ada di laut, di darat,mahupun di ruang udara.begitu sedih dan pilu bila mengenangkan nahas adam air ini. malah saat saya mendengar suara pilot dan co-pilot adam air 574 betul menyentuh perasaan saya.disaat kapal terbang tersebut mahu terhempas pilot dan co-pilot hanya mampu berserah kepada tuhan yang kuasa. soal siapa yang bersalah atau benar serahkan sahaja kepada tuhan.mereka (pilot dan Co-pilot sertapenumpang lain) telah pun pergi untuk selamanya. kita yang tinggal hidup, doakanlah mereka….dan apa yang berlaku jadikanlah pengajaran bagi kita semua..okey…..

    Suka

  19. Carian Semasa
    Oktober 24, 2016

    takziah kepada mangsa adam air.. sedih mendengar Allahuakbar😦

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 3,406,063 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: