BaNi MusTajaB

Ilaahii Anta Maqshuudii Wa Ridlooka Mathluubii

GUSTI KANJENG RATU KIDUL BERASAL DARI TANAH BATAK (2)


RITUAL PEMANGGILAN KANJENG RATU KIDUL

AGUS SISWANTO DAN EKA SUPRIATNA

Untuk membuktikan keberadaan sosok legenda Biding Laut yang dipercaya sebagai Kanjeng Ratu Kidul, Misteri bersama 8 orang rekan yang semuanya bersuku Batak sengaja datang ke Pelabuhan Ratu untuk melakukan ritual pemanggilan roh Kanjeng Ratu Kidul.

Lokasi pertama adalah makam Guru Kunci Batu Kendit Abah Empar. Lokasi ini cukup dikenal masyarakat, terutama yang hendak melakukan ritual pemanggilan Kanjeng Ratu Kidul. Konon, di tempat ini Kanjeng Ratu Kidul memang biasa muncul.

Sebelum melakukan ritual, sebagaimana biasanya beberapa ubo rampe telah disiapkan, diantaranya: jeruk, jeruk purut, apel, daun sirih, pisang raja, anggur, minyak jin, kembang sepatu, tepung beras, kelapa dan gula (itaguruguru-bahasa Batak).

Sekitar pukul 22.30 malam, dimulailah acara ritual pemanggilan roh Kanjeng Ratu Kidul. Ketika itu, Silalahi dan Boru Tumorang tampak membaca mantera-mantera. Beberapa saat kemudian, Silalahi mulai menampakkan perubahan ekspresi wajah. Sosok gaib yang dipanggil tampaknya telah merasuk ke dalam raganya. Belakangan Misteri mengetahui, sosok gaib itu adalah roh Raja Batak.

Sementara dalam waktu hampir bersamaan, Boru Tumorang pun memperlihatkan ekspresi kesurupan. Tiba-tiba tubuhnya tersungkur lalu merangkak bergeser posisi. Setelah itu, dia kembali duduk dengan wajah tertunduk dan mata terpejam. Roh Kanjeng Ratu Kidul telah merasuk ke dalam raga wanita asal Samosir ini.

Terjadilah dialog dalam bahasa Batak antara Silalahi (yang sudah kemasukan roh Raja Batak) dengan Boru Tumorang dan beberapa orang yang hadir. Sepanjang dialog itu, ekspresi wajah Boru Tumorang berubah-ubah. Terkadang tersenyum, tertawa, menangis dan melantunkan lagu berisi sejumlah nasehat.

Kalimat pertama yang diucapkan Kanjeng Ratu Kidul adalah

”Kenapa baru sekarang kalian datang untuk menemui saya? Padahal saya sudah lama berada di sini,”ujar Kanjeng Ratu Kidul melalui bibir Boru Tumorang.

Ketika salah seorang yang hadir bertanya tentang Biding Laut, seketika Kanjeng Ratu Kidul menukas,” Ya, sayalah Biding Laut. Terserah apakah kalian akan percaya atau tidak.”

Selanjutnya dialog meluncur begitu saja. Beberapa dialog yang Misteri catat diantaranya saat Boru Tumorang menangis sambil berkata:

“Boasa gudang hamo nalupa tuauito (kenapa kalian sudah lupa sama saya)?” ujar Kanjeng Ratu Kidul melalui bibir Boru Tumorang. “Ahado sisukunonmuna (Apa yang kalian mau pertanyakan)?” lanjut Kanjeng Ratu Kidul.

“Hamirotuson nanboru namagido tangiansiangho (Kami datang kesini untuk minta doa dari Nyai),” jawab salah seorang yang hadir.

“Asadikontuhata pasupasu dohut rajohi (Biar diberikan Tuhan berkat kepada kami),” kata yang lain.

Tampak Boru Tumorang menggoyang-goyangkan tubuhnya. Kepalanya seperti digelengkan, terkadang mengangguk-angguk. Sesaat kemudian dia berkata,

“Posmaruham, paubahamuma pangalaho rohamuna (Percayalah. Asalkan kalian berubah sikap dan tingkah laku menjadi lebih baik, itu pasti akan terjadi).”

“Molonang muba rohamu nalaroma balainna he he mamuse kuti tuinjang (Kalau tidak berubah sikap dengan baik akan muncul bencana lagi-tsunami)”

“Dangdiadia dope namasae naosolpu nalaroma muse naung gogosiani (Belum seberapa bencana yang sudah lalu. Lebih dahsyat bencana yang akan datang lagi. Kalau kalian tidak percaya kepada Tuhan).”

Nasehat Kanjeng Ratu Kidul itu tampaknya ditujukan ke semua orang. Sedangkan kepada anak keturunannya dari suku Batak, Kanjeng Ratu Kidul berkata,

”Posmarohamu amang paboanhudoi tuhamu pomparanhu dibagasan parnipion (Percayalah. Semua keturunanku akan saya beritahukan lewat mimpi masing-masing).”

“Posmaroham amang patureon hudo sube popparamme (Percayalah, akan saya bantu dan saya tolong semua keturunannmu ini).

Kanjeng Ratu Kidul juga berpesan kepada semua manusia agar tidak membeda-bedakan suku, ”Pabohamu tumanisiae asa unang mambedahon popparanhisude (Beritahu kepada semua manusia supaya tidak membedakan suku).”

Selanjutnya dia berkata lagi,”Asarat martonggo mahita tuoputa (Marilah kita bersama-sama berdoa kepada Tuhan).”

Dialog dengan roh Kanjeng Ratu Kidul itu berlangsung sekitar setengah jam. Isi dialog sarat dengan nasehat kepada manusia agar selalu berbuat kebajikan.

Namun yang pasti, dalam dialog itu juga Kanjeng Ratu Kidul menceritakan sosok asal usul dirinya dan nama aslinya.

Upaya penelusuran ini membuka wacana baru seputar asal usul Kanjeng Ratu Kidul. Acara ritual ini pun tidak dimaksudkan untuk membenarkan satu fihak. Sebagaimana dikatakan Silalahi,

“Kami tidak bermaksud mengklaim kebenaran pendapat kami,”ujar Silalahi sambil tersenyum. “Tetapi kami hanya mencoba mengangkat kembali sebuah isu yang sudah lama berkembang di daerah kami. Kebenarannya boleh saja diperdebatkan,” lanjutnya.

Benar apa yang dikatakannya. Sosok gaib Kanjeng Ratu Kidul memang layak diperdebatkan. Keberadaan maupun asal usulnya bisa darimanapun juga. Tetapi yang pasti, nasehat-nasehat Kanjeng Ratu Kidul yang diucapkan melalui medium yang keserupan, seringkali mengingatkan kita untuk selalu percaya kepada Tuhan.

48 comments on “GUSTI KANJENG RATU KIDUL BERASAL DARI TANAH BATAK (2)

  1. sapteka
    Mei 29, 2008

    May God bless us.

    Suka

  2. Mat Esa
    Juni 12, 2008

    Cerita lagenda ini tidak putus siapa sebenarnya Kanjeng Ratu Kidur ini.

    Adakah dia daripada keturunan Ratu pantai selatan atau…………

    Minta di perjelaskan.

    Suka

  3. jovan
    Juni 13, 2008

    apakah kalian begitu yakin dg tipuan jin dan setan yg demikian itu?tidakkah anda semua tahu,bahwasanya jin akan menipu dgn segala cara..bagaimana mgkn ketika manusia mati kemudian berubah menjadi penguasa laut tertentu?sungguh tolol dan bodoh jika manusia dpt ditipu oleh golongan jin.padahal derajat manusia,jauh lebih mulia dr jin dan setan.thanks…

    Suka

    • bhonyie
      September 6, 2011

      siip gua setuju gan ama pendapat lu…

      Suka

  4. si Lay
    Juni 15, 2008

    Betul … itu tipu daya jin or satan.
    Kalo Jawa ama Batak berantem gara2 rebutan asal-usul Ratu Kidul, maka yang ada adalah ribut dan ketidak nyamanan.
    Oke, mending gak usahlah di blow up ini, biarkan yang merasa memiliki ratu kidul percaya dengan cerita masing-masing saja.

    Suka

  5. Nafry Marmata
    Juli 29, 2008

    Saya rasa sebagai orang Batak tidak perlu claim sana sini… hItu jin atau bukan saya juga tidak tau, besok ada yang datang juga bisa berbicara atas nama orang lain.. Ini dunia spiritual yang mungkin saya tidak pahami. namun ada nasehat yang membuat saya tenang..
    ” Tidak membedakan suku, dan mari berubah kearah yang lebih baik”

    Buat yang punya Blog…… Terimakasih…..

    Suka

  6. vodo
    Agustus 1, 2008

    jangan mentang ini dunia maya cerita2 dunia gaippun inin d klaim2 segala! apa ngga ada yng lain bisa diklaim… yng nyata2 ajalah…. k\klaim bahwa pesawat apollo itu cipataan orang batak misalanya… kreatip dikit dong..

    Suka

  7. Bringon
    Agustus 4, 2008

    Terlepas kebenaran cerita ini, saya salut dengan tulisan tentang asal-usul Gusti Kanjeng Kidul ini. Cukup kontroversi sehingga mengundang ketertarikan dan keingintahuan sehingga walaupun ada yang kritik (mungkin mereka hanya bisa mengkritik hehehe)tapi pasti mereka sebelumnya membaca krn penasaran. Juga cerita ini mengandung unsur budaya yang juga disisipkan pesan yang baik oleh penulis.
    Salut kepada penulis..!!! Teruslah menulis !!!

    Suka

  8. elliot
    Agustus 7, 2008

    yupzz…antara ada dan tiada,itulah kalimat yang cucuk diperdebatkan mereka…hanya ingat saja Tuhan ga hanya menciptakan manusia dibumi ini tapi ada beberapa makhluk juga yang ia ciptakan,ga usah ambil pusing….intinya kita yakin tuuh makhluk emang ada,n masih ciptaanNYA….beres kan…

    Suka

  9. Ferdinand
    Agustus 7, 2008

    Yohannes 14:6

    dibaca ya….

    Shalom.

    Suka

  10. roy chandra tambunan
    Agustus 9, 2008

    siapapun kanjeng ratu kidul yang sebenarnya dan darimana mana asalnya “udah deh gak usah dibahas”
    kalau mau tau jawabannya entar semua terungkap juga koq di akhir zaman,toh semua akn dihakimi yang hidup dan yang mati pada akhir jama nanti,jadi disitu aja kita lihat kebenaran dari semua misteri yang ada di dunia ini.ok?
    kalau masalah kita saling hormat-menghormati saya rasa bukannya dari cerita itu aja yang mengatakannya,tanpa kita sadari rasa itu memang sudah tertanam pada hati setiap manusia cuman kitanya aja yang gak pernah merasa bangga terhadap anugrah yang diberikan itu.contohnya aja “sipenulis” kalau emang dia menghargai anugrah yang diberikan itu pasti dia akan sadar bahwa yang ditulisnya diatas sama sekali gak punya sisi positif malahan bisa2 mengarah kenegatif, ya walaupun sipenulis mungkin gak punya maksud demikian.nah disinikan berarti si Penulis gak menggunakan anugerah yang diberikan tersebut sebelum memulai tulisannya.sorry ya,tapi coba pikirin deh….thks.

    Suka

  11. Putra mandiri
    Agustus 28, 2008

    Betul semua adalah tipu daya jin dan syetan..peganglah dgn teguh keimanan qt masing2X,yakinkanlah bahwa ALLAH adalah satu dan berserahlah hanya kepada-NYA.Amin

    Suka

  12. johan
    Agustus 29, 2008

    numpang lewat ceritanya seru…komen2ya jg berisi..
    gak ada yg perlu di agungkan kalo kita gak bisa saling menghormati antar ciptaan tuhan. semua muncul di dunia manusia sama aja. bedanya pikiran sama tindakan. berdoa lewat ucapan..yag keluar lewat mulut manusia. ucapan mempengaruhi kata-kata. kata2 membuat kita mempengaruhi tindakan orang yang terpengaruh.. jadi tindakan akan jadi karakter. karakter baik akan di contoh orang. jadi hati2 sama pikiran yang mempengaruhi tindakan. asal gak anarkis bisa saling menyayangi itu ud salah satu keindahan dunia. jadi buat apa berdebat untuk mempengaruhi orang lain atau mencari kemenangan atas penderitaan orang lain. salam damai sentosa.sejagat raya abadi.

    Suka

  13. gedheg
    Desember 13, 2008

    silahkan ambil tu ratu kidul…ratu lor…ratu wetan..ratu kulon….

    aku hanya mau satu…KESELAMATAN KEKAL YANG BERSUMBER DARI ALLAH BAPA DI SURGA…AMIEN.

    Dab bukan dari jin cantik,buruk,ganteng,gagah,,,

    hanya ada satu ALLAH BAPA DI SURGA,YANG AWAL DAN YANG AKHIR,ALFA DAN OMEGA,YANG KERAJAANNYA TAK PERNAH BERKESUDAHAN..SAMPAI SELAMA-LAMANYA.. AMIEN.

    Suka

  14. Peramal
    Desember 17, 2008

    Sebenarnya saya sudah tahu SEMUANYA tapi saya takut diburu wartawan dan jadi terkenal melebihi selebritis.

    Suka

  15. hari wuryanto
    Desember 22, 2008

    Jin adalah makhluk Alloh SWT yang kita akui existensinya.
    Jin dan manusia diciptakan di dunia untuk beribadah, menyembah kepada Alloh.

    Quran Surat Adh-dhariat (51):ayat 56 “wa ma kholaqtul jinna wal insana il-la liya’buduni” = tidakkah Kami (Alloh) ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah (beribadah) kepadaKU.

    Kita sebagai manusia (juga para jin) supaya sadar bahwa kita dihidupkan di dunia ini tidaklah lama, namun apapun sikap dan perbuatan kita akan kita rasakan di alam akhirat selama-lamanya.

    Ada kesempatan buat kita untuk belajar segala hal, belajar apa hakikat hidup ini, dari mana kita berasal dan kan ke mana akhirnya nanti.

    Sang Pencipta (Alloh SWT) sudah mengirimkan surat-surat yang sangat berharga bagi manusia yang menyadari.

    Bergabunglah bersama , kta dapat belajar bersama memahami firman Alloh dan tuntunan Rosulullohi SAW.

    Agar tidak menyesal nanti

    Suka

  16. kaki langit
    Desember 26, 2008

    Ingin membaca sirr asrar , futuhat makiyyah, al hikam, kebenaran hakiki, hukum sebab akibat..dan lain2 kajian tentang tasawuf…silahkan klik di
    http://tamansufi.tripod.com/

    Suka

  17. marxz manalu
    Januari 7, 2009

    saya rasa siapa dia sebenarnya tidak terlalu penting,
    yang penting dia sudah memberikan nasehat kepada kita semua……………..

    Suka

  18. Yoga Purnama
    Januari 19, 2009

    Bwrbicara masalah hal2 gaib spt ini memang membutuhkan pemahaman,pengetahuan dan kebijakkan yg mendalam. Masalah gaib,kebenarannya ada di tangan Tuhan. Saya pernah beberapa kali di datangi sama Kanjeng Ratu Kidul baik lewat mimpi maupun dalam beberapa perenungan. Semua itu saya jadikan masukan dan pengalaman dlm kehidupan. Semua saya serahkan sama Tuhan. Semoga selalu Tuhan menuntun semua umatnya.

    Damai selalu,

    Suka

  19. parToba
    Februari 1, 2009

    horas…

    dunia ini terdiri dari tiga dunia
    1. banua toru (dunia bawah)
    2. banua tonga (dunia tengah)
    3. banua ginjang (dunia atas)

    manusia berada di dunia tengah…dimana manusia berada dalam sisi hendak kemana akan melangkah..saya sebagai pengikit Tuhan yang lahir dari keturunan batak…meyakini bahwa manusia hendaknya mulai melangkah ke dunia atas (banua ginjang) dimana para malaikat dan orang2 saleh (tondi nabadia) bermukim…sedangkan penghuni dunia bawah (banua toru) selalu menghalangi jalan manusia agar terjerumus ke dunia bawah (banua tonga)..

    Tuhan sudah menunjukkan bahwa penguasa ketiga dunia tersebut adalah tuhan yang maha kuasa (debata mulajadi nabolon) dimana Tuhan mengalahkan segala pencobaan dari semuanya agar manusia meyakini semuanya adalah dari TUHAN YANG MAHA KUASA (debata mulajadi nabolon)

    apapun agamanya apapun sukunya apapun itu fisik nya manusia adalah sama di hadapan TUHAN.marilah mulai mendekatkan diri kepada sang PENCIPTA.

    horas..
    na ummarga di portibion ido holong
    butima.
    salam damai dari partopi tao toba

    Suka

  20. soe.domo
    Maret 4, 2009

    gue mah percaya tapi itu kita kembalikan aja lg pada Sang Pencipta oke brooo,,,,
    @

    Oke juga Bos

    Suka

  21. sigit
    Maret 4, 2009

    kalau zaya sh percaya bah,sya orang zawa yang tau zeluk beluk beliau,horas bah
    @
    horas

    Suka

  22. cantika
    Maret 20, 2009

    aq percaya akan itu semua ko tapi aq lbh percaya lg pd tuhan meskipun kt bokap nyi roro kidul adalah opung buyut……. selaku aq boru pasaribu ha…ha…ha…

    Suka

  23. malaysiagirl
    Mei 13, 2009

    cerite ny mengkagumkan saya..walaupun saya berasal dari malaysia…saya minat cerita2 jenis mcm ni…tapi yg penting..apabila manusia sudah meninggal maka dia tidak ada lagi hubungan sama manusia di bumi…itu hanya syaitan dan jin yg mahu mempermainkan kita..

    Suka

  24. wisanggeni
    Juli 12, 2009

    kalau ane sih pilih jalan masing-masing aje itukan legenda boleh percaya boleh kage die dari batak atawe jawe ga pusing nyang penting kite percaya ame nyang atu itu tuhan YME nyang itu mah buat kekayaan khasanah legenda gitu

    Suka

  25. Anonim
    Agustus 11, 2009

    GOD BLESS U ALL

    I LOVE U FULL

    Suka

  26. bayu biandanu
    Agustus 20, 2009

    ea itu sich legenda, tapi boleh percaya atau tidak, klo kajeng ratu roro kidul itu ada lho ….
    yg penting kita harus percaya ama tuhan YME ajalah>>>>

    Suka

  27. fey
    Agustus 30, 2009

    hari ginie percaya mah yg begituan, kecian dech lo
    tp kalau ada yg namanya ratu kidul dan sejenisnya, tolong dun suruh dia kerumhku, buat jaga toko dan kerjaan rumah tangga lainnya, biar bisa gratis hehe.. di tunggu loh

    Suka

  28. FreeMinded
    Januari 8, 2010

    Membaca cerita ini and comment2nya membuat ane berfikir…mengingat kembali begitu besarnya perbedaan yg ada pada bangsa kita..kadang saya berfikir..lebih baik kita smua ini cuman satu suku aja dan satu agama wkwkwk. Knapa?? Karena orang indonesia atau bahkan smua bangsa gak mampu mnerima perbedaan. Ingat kata2 “negara kita kaya akan budaya dan adat blablabla…dan kita harus bangga akan itu” OMONG KOSONG. Apa yg terjadi pd bangsa kita tidak mencerminkan bahwa kita bangga akan budaya bangsa…melainkan hanya bangga akan budaya or agama masing2…tercermin koq pada khidupan rakyat jelata ampe penguasa negara.

    Apapun yang diceritakan disini…benar ataw tidak ku ga tau🙂
    Tapi yang jelas ambil nasehat baiknya “berbuat lebih baik lagi, baik untuk diri sendiri ataw sesama, jangan membeda2kan suku,dll”
    Smoga crita ini bisa membuka pikiran sebagian(banyak-deng) orang untuk lebih membuka pikiran agar bisa menghargai sesama, menghargai perbedaan, menghargaiiiiiiiii pokonya!!

    JANGAN MENGANGGAP BAHWA SETIAP ORANG DILUAR GOLONGANNYA ADALAH ORANG JAHAT, BODOH, TIDAK BENAR, MUSRIK, PENDOSA, DAN APALAH BAHASA LAINNYA. Hidup dengan jalan mu sendiri/masing2 dan jangan lah membenci orang lain karena perbedaan yang kita miliki karena sbenarnya otak manusia dangkal dan tak punya hak untuk menghakimi sesamanya..hanya TUHAN yang punya.

    Maap klo ada salah2 kata…ini hanya sbagian dari kluhan hati saya pada khidupan skarang ini. Ane cuma newbie nan bodoh tapi setidaknya ane TAU betapa indahnya menghargai and hidup PEACE dengan sgala perbedaan suku atau agama. Ga usah NORAK or PICIK. Just PEACE…damai aja kaya di pantai, asoy geboy kan enak tuh ;p

    I LOPH U ALL FULLLLL FULLLLL OF LOPHHH…

    <3<3<3

    GBU

    Suka

  29. joshua
    Januari 20, 2010

    adalah berdosa dan perlakuan syirik jika bertawasul dengan jin…nyata dan jelas sekali di dlm al quran menyatakan wahai manusia dan jin bah kan ketika solat jum’at sekali pun dinyatakan….hanya ada dua yang berada di alam malakut shahadah dan alam misal iatu manusia dan jin…malaikat tidak dapat menzahirkan dirinya dialam misal dam malakut…jadi siapa itu kajen ratu kidul…telitilah dengan ilmu yang besebab bukan dengan ilmu laduni atau terlampau taksub sehingga mengetepikan akan keagungan rasullullah…mendapat darjat dar allah azawajallah(tiada dlm pemahaman rasullullah)…tiada laduni bagi manusia biasa kerana termansuh sudah ia,…berlakunya ketika khutubah terakhir “pada hari ini maka telah kuperlengkapkan agama kamu”…mengikut kitab golongan jin ini ada 3 golongan 1)golongan yang bejasad kasar 2) golongan halus 3) apungan..tidak dapat diterangkan kerana telalu dtail

    Suka

  30. Mohon Maaf
    Februari 12, 2010

    kok yang di panggil kanjeng ratu kidul sih, coba dulu di cari tau sapa yang ngabisin dana century…!! baru mantap….!! ini sih ngada ngada ..!! besok si itu datang katanya ratu kidul asalanya dari ARAB gimana tuh ?. Tapi kok bisa bahasa indonesia ya ?

    Suka

  31. Gatot Koco
    Juni 1, 2010

    Rahayu ….
    Dengan penjelasan Kanjeng Ratu diatas melalui methode TRANS .. menunjukan kalau Kanjeng Ratu mempunyai wawasan yang sangat luar …. !
    Salah satu PESANNYA YANG HARUS DIPEGANG TEGUH OLEH KITA SEMUA : ” BERITAHU KEPADA SEMUA MANUSIA SUPAYA TIDAK MEMBEDAKAN SUKU ” … Harus dipegang !

    Karena Kanjeng Ratu adalah keturunan dari Kerajaan yang Menguasai Nusantara !

    Rahayu ..

    Suka

  32. Ardian
    Juli 6, 2010

    Kalo ada yg kemasukan (ngakunya) kanjeng ratu kidul di daerah Ambon brarti berasal dr ambon, kalo di madura berarti dr madura, kalo di timor leste brarti dr timor leste…..wkwkwk..
    Gampang sekali manusia terbujuk oleh pengakuan2 yg menobatkan diri sbg kanjeng ratu kidul, BELAJAR DULU gmn membedakan jin kafir , krn semakin tinggi keimanan seseorg smakin tinggi pula ilmu jin kafir yg ingin membujuk manusia utk keluar dr ajaran.
    Seperti banyaknya aliran2/sekte2 dewasa ini yg mengaku bahwa dirinya malaikat atau nabi atau rosul dll…….
    thx, sorry klo ada yg berkenan…
    merdeka !!!

    Suka

  33. Ardian
    Juli 6, 2010

    Kalo ada yg kemasukan (ngakunya) kanjeng ratu kidul di daerah Ambon brarti berasal dr ambon, kalo di madura berarti dr madura, kalo di timor leste brarti dr timor leste…..wkwkwk..
    Gampang sekali manusia terbujuk oleh pengakuan2 yg menobatkan diri sbg kanjeng ratu kidul, BELAJAR DULU gmn membedakan jin kafir , krn semakin tinggi keimanan seseorg smakin tinggi pula ilmu jin kafir yg ingin membujuk manusia utk keluar dr ajaran.
    Seperti banyaknya aliran2/sekte2 dewasa ini yg mengaku bahwa dirinya malaikat atau nabi atau rosul dll…….
    thx, sorry klo ada yg gak berkenan…
    merdeka !!!

    Suka

  34. luhut sima
    November 15, 2010

    Saya setuju dengan komen dari FREE MINDED…..!!! PEACE…!!

    Suka

  35. batak
    April 27, 2011

    sebenarnya cerita itu semua benar tapi yang paling inti kita harus berupaya untuk merubah sifat dan perilaku ataupun tingka laku kita masing2 supaya dapat berkat dr sang pencipta klu saya katakan sejujurnya klu bunda nyai roro kidul itu orangnya baik bg orang yang percaya kepadanya dan dapat berkat klu kita ketemu dengan bunda nyai roro kidul.

    Suka

  36. avetkicak
    September 1, 2011

    yah, kalo jawaban begitu sih jawaban orang normal..
    terus pembuktian nyiroro kidul nya orang batak darimana? dia cuman ngejawab iya doang….
    tanpa fakta sedikitpun.

    Suka

  37. bhonyie
    September 6, 2011

    serahin aje semuanye ame yang di ats..ALLAH SWT. .iya maha melihat & maha mengetahui,’lagian kita sebagai manusia ngapain pusing2 mikirin kaya gtuu..””mending mikirin masa depan,..dan gmana nantii kehidupan yg akan datang setelah kematian,toh disana nanti kita smua akan tau…setuju gan hhheee

    Suka

  38. abimanyu
    Desember 2, 2011

    giman kita bisa mikirin kehidupan sesuah kematian.lawong mikiri misteri yg ada di kehidupan aja dah males karena pusiiing. ya kalok sempat disana kita nanti sempat diskusi atau ndapat pencerahan soal yg u pusingin. ketemu sih mesti.. tapi tau kenapa u pusing ndak akan mungkin. ini misteri dunia gan. ndak usah pakek pusing , sedang yg u ajak mikir tu malah misteri luar dunia.dah mati lagiiiii hhhhhh apa gak nambah pusiniiiing gaaaan…? makanya jangan di pikirin. cari tau aja kalo sempat. beres dech

    Suka

  39. eko wahyu sukmadi
    Desember 2, 2011

    salam semua…ikut jaguong.
    sy ada kisah nyata sedikit mengenai ratu kidul yg merupakan pengalaman pribadi saya sendiri.
    tepatnya setahun lalu lah…waktu itu saya di ajak teman, untuk mendokumentasikan acara ritual mereka dgn seorang dukun..x.
    di bale kambang segoro kidul. kami semua sepuluh orang .sy teman saya berikut 5 teman teman sy.dan sidukun juga dua sopir mobil yg kami sewa.kebetulan robongan kami 2 mobil karna jg membawa peralatan sesajen yg lmayan banyak untuk peralatan ritual. nyampek di sana si dukun ternyata melarang sy sementara untuk ikut ke atas, sampai saat ritual rahasianya bersama teman teman sy seleai baru nanti di perbolehkan.apaboleh buat, teman sy mengiyakan dan sementara waktu menyuruh sy menunggu di mobil bersama mas-mas sopir di parkiran ,sedang mereka semua naik ke atas bukit kumbang.sambil menunggu mereka sy berkenalan dan bercakap dgn kedua mas sopir, ngomong..ngomong…ngomong…….. mas adi salah satu sopir yg baru sy kenal itu, mengajak keluar untuk jalan-jalan di pesisir pantai yaac….mumpung kesini mas..katanya. pas nyampek di pesisir pantai kami di hampiri lelaki tua, sy gak tau persis dari mana arahnya cuman setau saya ia berjalan dari bibir pantai, cuman waktu itu keadaan gelap jadi tak begitu jelas melihat raut muka dia, yg jelas sepenglihatan sy p.tua itu memanggul kayak buntalan kain di pundaknya kayak pengembara tempo dulu lah..,
    yg sy heran itu orang langsung kayak sembah sungkem gitu ke mas adi lalu duduk bersila di hadapan kami, mas adi memberi isarat pada saya untuk ikut duduk. p.tua itu bilang “.den mas danuredja,nuwun sewu dalem katuran amapak den mas, kautus panjenenganipun kanjeng gusti ratu ayu, monggo den mas..sambil mempersilahkan pada mas adi untuk berjalan mengikuti.diap.tua seakan dak memperhatikan keberadaan sy yg bersama mas adi. mas adi sy lihat hanya mengangguk ,sambil menepuk pundak sy mengajak sy sembari berkata”..monggo mas boten nopo-nopo” sy berdiri dan berjalan di sisih mas adi mengikuti langkah p.tua yg berjalan di depan kami, yg sy tau waktu itu kami hanya memasuki jalan lorong yg remang .banyak pohon-pohon kecil tanpa daun di kanan kiri kami yg tumbuh di batu batu hitam, sy sadar waktu itu bahwa ombak samutdra ada di atas kami suaranya pun jelas bagi sy. di ujung lorong sy melihat kayak taman aneh dengan penerangan cahaya biru terang dari atas. ada kursi kayak kerajaan yg duduk seorang wanita cantik dengan pakaian kemben ala ketoprak gitu, kira kira umur 25an, kanan kirinya ada banyak gadis kayak dayang duduk bersimpuh. sesampai disitu p.tua sungkep ke wanita tadi dan mempersilahkan mas adi untuk menghadap. mas adi menoleh ke saya sambil berkata, mas eko sedilut nengkene sek nggeh,sy mengangguk.mas adi berjalan menghampiri wanita tadi setelah sungkep sembari berdiri ,mas adi terus mendekat ke wanita itu sambil mendekatkan telingganya mendengarkan bisikan wanita yg berbisik ke mas adi, sy gak tau apa yg mereka bicarakan,yg sy tau setelah itu mereka tersenyum . mas adi menghampiri saya, dan mengajak saya jalan berbalik sambil berkata” monggo mas.. kami berjalan, mas adi bicara lagi : mas eko. mas eko kan pingin ndokumentasikan..? kenapa gak di dokumentasikan.? handycamnya gok di sangklot wae. sambil senyum. sy glagapan kayak sadar gimana gituu. iya..iya mas handycam langsung tak keluarkan dari tas. pas sudah saya hidupkan dan siap ngambil gambar, tau tau ni.. swwer kita jalan udah menuju parkiran mobil. lo..lo kok bisaaaa. ampun banget dach sampek sekarangpun sy ndak abis mikir. dari itu sy percaya banget .gaib dan alamnya itu emang adaaa meeen. ni sedikit pengalaman aneh gue. sampai sekarangpun sy belum ketemu lagi ama mas adi. udah berkali-kali sy dolan ke alamat beliau yg di kasihkan kpd sy ndak pernah ketemu. mulai dari sy ke rental mobil yg biasa beliau sopiri, pasti pas gak ada sampek ke rumahnya pun selalu gak pernah ketemu. katanya boro / belum pulang. .yaach mungkin gitulah..sifat seorang misterius itu…atau sifat orang yg ndak ingin jobrio tentang keilmuan. orangya semeleh, bijaksana, ajer sumeh dan sabar dan gak ada deh kesombonganya. okelah kita kembalikan semua wallohu a’lam
    semuanya milik Alloh & rahasia Alloh.
    o..ya setau sy dari pengalaman waktu itu, wanita yg di segoro kidul itu, dari cakap wajahnya emang kayak bukan murni cakap orang jawa kayak ada keturunr-keturunan lain jawa. tinggi .lencir kuning gak begitu langsing.rambut panjang kebayak batik hitam putik, pakek selendang hijau. perhiasanya dari kepala sampek bawah kuning dan banyak permata merahnya. dan kekek tua yg njemput di pantai itu kata mas adi namanya adalah eyang joko lelono ia adalah keturunan dari jin suparto salah satu senopati jin tanah jawa.

    Suka

  40. purnomo
    Desember 5, 2011

    sy pernah jg dpt dpt crita dr prnrmal jteng.putro angkat rt kidul ada dilerngkwi utara.dia trah kiageng mangir & mmlki md asl

    Suka

    • beni
      Desember 12, 2012

      dukunnya gak bener tuh, dukun beranak kali ya

      Suka

  41. budi
    Desember 5, 2011

    di lreng hutan kawi utara da seorng yg mmliki bt merah berchy. dia pcnta sb wana. aku ktmu pas pnjlajahan di pujon malng.

    Suka

  42. arip wibowo
    Desember 5, 2011

    gue jg perna krumah seorng photografer.yg dirmahnya dalkisan aneh yg ktnya disruh rt kidul.ds pujon kidul kawi utara.

    Suka

  43. Toko Furniture Jepara
    Januari 29, 2012

    kalau gue sich percaya2 saja,,,karna allah menciptakan manusia dan jin dan lain2

    Suka

  44. situmorang
    Februari 7, 2012

    Saya bukan menakut2 ucapan akan membawa petaka……..ini bukan setan atau jin yg ada katakan …..bangso batak adalah bangso yang percaya kepada leluhur…..ini adalah nyata….mari kita koreksi diri kita KENAPA BENCANA SEKRANG INI ADA DIMANA?????karna kurang percaya terhadap kultur yang ada pada kita..tqq

    Suka

  45. bunda ASTISUKA
    Mei 11, 2012

    OM SWASTIYASTU.
    Ratu Kidul adalah Ibu MahaJagad titisan Saraswati , Laxmi ,Durga, Tara dan Kwan Im

    Suka

  46. joe sebayang
    Mei 14, 2012

    semua terasa misteri,..suatu saat nanti percayalah,semua akan terlihat pasti…
    joe sebayang.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 3,409,683 hits

Kategori

Follow BaNi MusTajaB on WordPress.com

Twitter

%d blogger menyukai ini: