Beranda > artikel > KISAH HANTU DI AREAL TAMBANG BATU BARA PT LANA HARITA, SAMARINDA, KALTIM

KISAH HANTU DI AREAL TAMBANG BATU BARA PT LANA HARITA, SAMARINDA, KALTIM



Pada 23 Desember 2006, pukul 15.30 WIT, saya tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Perjalanan dilanjutkan ke Samarinda, sekira 4 jam perjalanan.

Tiba di Samarinda, saya bertemu Mudjiyanto dan Hari, Atasan dan Bendahara perusahaan. Selanjutnya kami meneruskan perjalanan ke Sungai Siring (Sei Siring), menuju mess PT BIMA NUSA INTERNASIONAL.

Sesampai di lokasi, saya diperkenalkan dengan rekan-rekan karyawan perusahaan tersebut.

Bekerja di areal tambang memang cukup melelahkan. Di samping butuh kecakapan khusus, juga kehati-hatian merupakan faktor utama. Sebagaimana diketahui, areal tambang merupakan jalan tanah yang diratakan dan dipadatkan. Jalanan ini untuk transportasi dumptruck soil/batubara, HD, alat berat (excavator, dozer) dan angkutan bis pekerja. Lalu lintas truk dan alat berat yang selalu berubah-ubah ini harus selalu menjadi perhatian.

Meski tidak di aspal, tetapi jalannya rata. Sedangkan areal disekitarnya merupakan kawasan hutan lebat. Sebagian sudah dibabat dan siap dieksploitasi.

Selama bekerja di lokasi tambang milik Kuasa Penambangan (KP) PT Lana Harita Indonesia (LHI) tersebut, saya senantiasa menyempatkan diri mencatat kisah-kisah hantu yang dialami rekan-rekan pekerja. Tentu saja tanpa meninggalkan tugas utamanya sebagai foreman dumptruck.
Beberapa kisah hantu yang saya kumpulkan adalah sebagai berikut.

Anak Kecil di Areal Tambang

Ketika itu, Ari KW, driver dumptruck sedang bekerja shift malam. Seperti biasanya, pada pukul 24.00 malam, sebagian pekerja beristirahat.

Pria bertubuh tinggi kurus ini menceritakan pengalaman anehnya.

“Saya memarkir kendaraan berjajar dengan kendaraan teman-teman. Tidak jauh dari kendaraan saya, juga diparkir excavator PC 400. Saya sempat melihat operatornya sedang makan di dalam kabin,” kata Ari K, pria asal Lampung, memulai kisahnya.

Selanjutnya dikatakan, setelah dirinya makan malam di dalam kabin truknya, dia menyandarkan tubuhnya sambil menghisap rokok. Sementara matanya menuju ke arah excavator.

Lalu dia melihat sesuatu yang tidak biasa. Entah mengapa, operator excavator yang semula ada di dalam kabin, tiba-tiba keluar dan naik di bagian atas kabin excavatornya.

Ari merasa terkejut melihat kelakuan sang operator yang berbuat demikian. Tetapi dia lebih terkejut lagi saat melihat sang operator tersebut mengumandangkan adzan.

“Mengapa dia mengumandangkan adzan? Bukankah sekarang masih jam 12 malam?” Tanya Ari dalam hatinya.

Melihat kejadian yang tiada biasa tersebut, Ari memutuskan keluar dari truknya dan berjalan menghampiri sang operator tersebut.

Baru berjalan beberapa langkah, Ari mendengar teriakan sang operator,

“Tolong…tolong….tolong!” teriak sang operator sambil turun dari excavatornya dan berlari mendekati Ari.

Seketika Ari mendekap sang operator yang tampak ketakutan. Terlihat jelas tubuhnya gemetaran dan keringat dingin mengucur deras.

Beberapa teman Ari yang melihat kejadian itu ikut berlarian mendekatinya. Mereka ingin tahu apa sesungguhnya yang baru saja terjadi.

Setelah sang operator merasa agak tenang, dia pun mulai bercerita peristiwa yang dialaminya.

“Ketika saya sedang makan di dalam kabin, tiba-tiba saja saya melihat anak-anak kecil yang bermain di sekitar excavator,” kata sang operator.

“Saya kaget dan ketakutan. Lalu saya keluar dan naik ke atas kabin sambil melantunkan adzan. Maksud saya agar anak-anak kecil itu pergi,” lanjutnya.

Menurut sang operator, saat dirinya mengumandangkan adzan, makhluk gaib yang berbentuk anak-anak kecil itu masih ada di sekitar excavatornya. Namun, setelah Ari mendekatinya, anak-anak kecil itupun menghilang.

Sementara itu, Ari dan juga teman-temannya sama sekali tidak melihat seorangpun anak kecil di sekitarnya. Lagipula, sungguh mustahil ada anak kecil bermain di areal tambang. Terlebih lagi di malam hari.

“Sebenarnya ini bukan kejadian yang pertama. Namun saya baru pertama kali ini melihat ada kejadian seperti ini. Meski saya tidak melihat makhluk gaib yang menyerupai anak kecil, tetapi kejadian itu persis di depan kendaraan saya,” katanya kepada saya.

Melihat Isteri di Areal Tambang

Sebut saja namanya, Bunyamin. Operator buldoser dari PT BUMA (BUKIT MAKMUR MANDIRI UTAMA) itu sedang melakukan pekerjaan seperti biasanya. Dia tergolong operator yang cukup akrab dengan saya. Pria asal Sumatera Utara ini sudah memiliki isteri dan anak.

Pada malam itu, sekira pukul 22.00 malam, Bunyamin sedang mengoperasikan buldosernya. Merapikan jalanan tanah yang dilalui kendaraan tambang. Segalanya berjalan lancar sampai dia melihat sesuatu yang aneh tidak jauh dari posisinya.

Di antara keremangan cahaya bulan, matanya tertuju pada sesosok perempuan yang sangat dikenalinya. Bunyamin seperti tidak percaya melihat pemandangan itu.

“Mengapa isteriku ada di sini?” Tanyanya dalam hati. Saat itu Bunyamin merasa melihat isterinya berdiri tidak jauh dari lokasi buldosernya.

Bunyamin ragu-ragu untuk mendekatinya. Dia hanya merasa ada sesuatu yang aneh. Sempat terbersit pikiran isterinya itu hendak menemuinya di lokasi kerja. Tetapi dia segera menepis dugaan itu. Sungguh mustahil perempuan itu mendatanginya di lokasi kerja pada malam hari.

Siapa yang mengantarkan isteriku dan untuk urusan apa dia datang? Begitu pikir Bunyamin. Jika ada sesuatu berita yang hendak disampaikan, tentu cukup melalui ponselnya atau menghubungi ponsel Supervisor yang saat itu sedang bertugas.

Belum sempat berpikir lebih jauh, seorang rekannya memanggil untuk berpindah lokasi. Dia pun meninggalkan lokasi itu sambil terus bertanya-tanya dalam hati.

Lalu inilah yang terjadi. Bunyamin merasa isterinya itu selingkuh dan hendak menemui salah seorang rekan kerjanya di lokasi tersebut. Kecurigaan ini membuat emosinya memuncak dan tidak terkendali.

Pada pagi hari saat tugas selesai, Bunyamin pulang ke rumah dengan membawa kemarahan tinggi. Rasa cemburu dalam dadanya hendak dilampiaskan saat tiba di rumah.

Benar saja, sesampai di rumahnya, Bunyamin mengambil sebilah parang dan langsung mencari isterinya sambil berteriak-teriak.

Beruntung saat itu sejumlah kerabat Bunyamin melihat kejadian itu dan segera merampas parang dari tangannya. Tetapi Bunyamin terus saja berteriak memanggil nama isterinya. Beberapa kerabatnya memegang tangan Bunyamin sambil menanyakan duduk persoalannya.

Ketika itulah Bunyamin bercerita melihat isterinya berada di lokasi tambang. Dia mencurigai isterinya hendak menemui salah seorang rekan kerjanya.

Tentu saja semua yang mendengar cerita Bunyamin menjadi terkejut. Betapa tidak, malam itu isteri Bunyamin berada di rumah dan tidak mungkin mendatanginya ke lokasi tambang.

Ketika peristiwa itu terjadi, beberapa rekan kerja saya mengungkapkan bahwa salah satu gangguan makhluk gaib yang biasa terjadi di lokasi ini adalah makhluk gaib yang menampakkan dirinya dengan sosok yang sudah kita kenal.

“Jika melihat kerabat kita berada di areal tambang pada malam hari, padahal itu sesuatu yang tidak mungkin, segera tinggalkan dan menjauh,” ujar Ari mengingatkan. “Di lokasi tambang, makhluk gaib biasa menyerupai orang yang kita kenal,” katanya menutup pembicaraan.

BaNi MusTajaB

About these ads
  1. Juni 11, 2011 pukul 1:01 pm

    mantap gan artikelnya, thanxxx..
    tukeran link yuk gan…..

    Photoshop n skripsi gratis di…
    http://www.ruangkelas.wordpress.com

    • Juni 11, 2011 pukul 1:15 pm

      oke..link sudah terpasang…semoga bermanfaat.

  2. Juni 11, 2011 pukul 1:47 pm

    Makasih gan…link ente juga dah dipasang di blog ane..thanxxx….

  3. Juni 11, 2011 pukul 3:27 pm

    Berada di alam bebas memang sering kali menjumpai penampakan hal-hal ghaib. Seperti saat muncak atau camping di hutan atau gunung. Teman saya pernah ada yang merasa didatangi beruang dan di dekap sehingga pingsan, padahal gak mungkin di hutan tersebut ada binatang itu. Juga penampakan hantu perempuan dll.
    Saya sih tawakal saja pada yang kuasa.

  4. Juni 14, 2011 pukul 4:47 am

    hihi, ngeri jg tuh tambang,

  5. Juni 14, 2011 pukul 12:09 pm

    kalau soal cerita hantu memang tidak ada habisnya, teman saya pernah kesurupan waktu kami camping di gunung, sehabis shalat maghrib tiba-tiba dia teriak dengan suara seperti kakek-kakek padahal dia perempuan….

  6. ejawantahblog
    Juni 16, 2011 pukul 4:06 am

    Dengan segala kerendahan hati Ejawantah’s Blog menghantarkan Blogger Award 2011 secara bergulir kepada sahabat, dan Award dapat diambil di http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/06/menerima-menebar-harta-karun-dari-dunia.htm.

    Dan selamat pagi sahabat semua, selamat bergembira, dan tetaplah semangat. Sukses selalu mas Bro.

    Salam
    Ejawantah’s Blog

  7. Juni 16, 2011 pukul 8:01 am

    Atut…………….

  8. Juni 16, 2011 pukul 4:48 pm

    koq bisa kaya gitu yach,,?????

  9. Juni 16, 2011 pukul 4:51 pm

    serem amat,,,,,,

  10. Juni 16, 2011 pukul 4:52 pm

    serem banget ,,, dia mank adanya di tempat2 bebas kaya gitu

  11. Juni 17, 2011 pukul 11:03 pm

    Saya sampai sekarang belum pernah melihat penampakan..
    Tapi takut juga setelah membaca ini

  12. Juni 19, 2011 pukul 3:44 pm

    wah serem juga ya, hantunya nggak rela rumahnya dijarah batu baranya

  13. Juni 23, 2011 pukul 8:25 pm

    mungkin hantu itu merupakan wujud kemarahan alam yang dirusak oleh manusia.. hehe.

  14. Juni 28, 2011 pukul 10:47 am

    ya… sekalian menambang hantu

  15. Juni 30, 2011 pukul 2:37 pm

    secar phisycologis para pekerja tambang memang cukup berat pekerjaanya siang dan malam ,jauh ari keluarga yang dicintai,kalau kurang kuat iman bisa stress dan berhalusinasi melihat mahkluk gaib

  16. Juli 13, 2011 pukul 2:55 pm

    Dulu ayah saya juga sebagai pekerja di Penambangan, beliau sering cerita banyak hal hal aneh dan gaib.

  17. Juli 25, 2011 pukul 11:43 am

    itu suatu peringatan bahwa kita hidup di dunia ini tidak sendiri masih banyak mahluk lain salah satu nya yang gaib….

  18. Agustus 3, 2011 pukul 5:59 am

    Hii, ngeri … namanya juga di tengah hutan ya gan …pasti masih banyak hantunya …

  19. Agustus 17, 2011 pukul 7:39 am

    seremmmmm ahh klw bicara tentang hantu, tapi suka membuat penasaran, apa hantu bisa membunuh manusia!!!!!!!! he2x keep to share maz

  20. Agustus 22, 2011 pukul 1:52 pm

    berrrrrrrrrrrrrr ngeri juga tuh kalo denger hantu
    hikihkihk

  21. September 6, 2011 pukul 2:50 pm

    wow serem bgt ny,,,
    perlu hati2 dach,,,

  22. September 6, 2011 pukul 11:24 pm

    sremm jga ya mas,,,,

  23. September 6, 2011 pukul 11:25 pm

    sremmm bgt ihh….

  24. September 9, 2011 pukul 9:16 am

    wahh kalo di jadiin film pasti seruu tuh :D

  25. Oktober 15, 2011 pukul 2:56 pm

    serem banget tuh tambang :(

    mampir ke website kami http://www.the-netwerk.com

  26. NAWAWI
    Oktober 29, 2011 pukul 9:21 pm

    boleh juga kalau bisa smua masalah hantu di tambang di publikasikan saja bro

  27. November 5, 2011 pukul 3:03 pm

    very nice post gan, jadi penasaran menunggu update selanjutnya, salam kenal gan….. mampir ke gubuk reot saya gan….

  28. November 11, 2011 pukul 6:02 am

    nice post gan

  29. November 17, 2011 pukul 9:37 pm

    mantep deh

  30. MUALLAF
    November 20, 2011 pukul 12:33 pm

    coz sy jg prnh alamin seperti itu,bahkan lbh seram lgi bersama dengan sahabat yg jg bekerja sbgai oprt HD,kami bekerja di PT LBE gunung bayan,pas temen dan para SUPERVISOR yg berasal dari australia sana sampai gemetar dan lari,akhirnya dilibatkan jg tuh beliyan dayak,klu saya sih biasa aja la keluarga saya kan kental dgn begituan,bahkan yg dinamisme jg bnyak biasalah orang dayak susah meninggalkan adat leluhurnya,rindu jg dgn kalimantan……dayak bahau

  31. MUALLAF
    November 20, 2011 pukul 12:41 pm

    he.he.bagi info aja klu di daerah kalimantan khususnya daerah saya kutim klu lihat yg aneh aneh didiemi saja mereka hnya ingin ektistensi keberadaanya di akui saja,klu anda takut dll,tau sendiri lah pd dasarnya dunia lain senang dengan orang yg lmah iman,jg terkadang ingin menunjukan sesuatu pd anda ntah apa ITU,,,

  32. Januari 7, 2012 pukul 8:35 am

    PUSAT PENERJEMAH
    http://www.pusatpenerjemah.com
    021-44206206

    Akurat, Cepat dan Terpecaya
    Anda butuh penerjemah atau interpreter? Kami berikan solusinya.

    Kepada Yth.
    Pimpinan, Sekertaris, HRD, Legal Officer Perusahaan
    Di-tempat

    Dengan hormat,

    Terima kasih atas waktunya untuk membaca surat kami, secara singkat kami adalah lembaga penyedia layanan jasa penerjemahan dan interpreting bahasa asing. Kami membantu anda untuk menerjemahkan semua dokumen bisnis anda sesuai bahasa yang anda inginkan,

    Kami juga membantu melayani proses penerjemahan lebih dari 10 bahasa yang tergabung dalam team kami. Silahkan buka website kami untuk lebih detilnya: http://www.pusatpenerjemah.com

    Terima kasih atas kerjasamnya yang baik.

    Hormat kami,
    Pusat Penerjemah

  33. Februari 12, 2012 pukul 2:02 pm

    waduh jdi mrinding saya dengernya,,,,
    seremmmmm…

  34. Februari 15, 2012 pukul 4:06 pm

    nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  35. saiful
    Februari 17, 2012 pukul 7:04 pm

    wah serem juga ceritanya.jadi takut

  36. vita ting ting
    Februari 17, 2012 pukul 7:11 pm

    woww….bagus jg ceritanya. yah, namanya jg bekas hutan jd udah pasti lah ada yg nuggu. di mana aja dan kpn aja gak ada yg bisa nebak. Allahu allam smua itu. yg penting kita jangan bersikap aneh2 dan banyak doa.

  37. Maret 22, 2012 pukul 10:34 am

    ko bisa !!!!!??? :*…

  38. April 21, 2012 pukul 10:55 am

    wah ngeri juga nih tapi kenapa bisa ya…..,.

  39. Mei 17, 2012 pukul 2:12 pm

    percaya dah gan, cz ane sndri pernah punya kisah nyaris sama waktu kerja di tarakan dulu

  40. Juni 12, 2012 pukul 12:18 pm

    hiiiii sereeeeeemmmm

  41. Juli 13, 2012 pukul 4:18 pm

    lokasi tambangx deket dengan rumah saya tuh,,,,,,emang sich bnayak kejadian aneh n menyeramkan sekitar lokasi situ (PT. LHI)

  42. Agustus 7, 2012 pukul 11:52 am

    waah serem juga ternyata, hampir2 benjamin melukai istrinya coba kalau tidak ada warga yang mencegah, bahaya juga tuh.!

  43. ali mada p
    Agustus 27, 2012 pukul 2:42 pm

    Mualaf….. lupa tuh saya.
    sampean di Lbe gbp tahun berapa?

  44. JainalpoetraLS Nackpsdua
    Oktober 25, 2012 pukul 7:59 pm

    lumayan lah dongeng sebelum tidur

  45. Bang Uddin
    November 11, 2012 pukul 9:55 am

    apa gua harus koprol trus bilang “WOW GITHU !
    =))

  46. Januari 4, 2013 pukul 8:03 pm

    waduh saya operator exca juga di buma lana

  47. Maret 26, 2013 pukul 8:33 pm

    Bapak saya kerja di sana bawa DT hino JKU 003 namanya pak juandi..dia sering kerja malam dan sering mengalami kejadian aneh serupa…

  48. April 9, 2013 pukul 10:26 am

    saya suka kalau ceritanya berbau mistis, tambah artikel yang banyak tentang hantu ya gan :D

  49. April 10, 2013 pukul 10:50 am

    mantap nih artikelny

  50. Mei 14, 2013 pukul 1:56 pm

    percaya ga percaya lagi nih @_@

    Jasa SEO

  51. November 17, 2013 pukul 7:07 pm

    Ngeri juga

  52. ari
    Januari 30, 2014 pukul 10:15 pm

    saya juga pernah mengalaminya pada saat itu saya juga bekerja di tambang PT.BUMA site LHI .. waktu itu saat saya masuk shift malam , sedang hujan di workshop , lalu saya memutuskan untuk tidur di dalam mobil strada L2OO .. milik subcon PT.BUMA.. padahal saya tidur sendirian entah mengapa seketika sudah ada yg mnemani saya didalam mobil .. astaghfirullahaladziimmm….
    saya langsung memutuskan untuk tidur di tempat yg telah disediakan brsama yg lain ..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s