Beranda > berita > SUBHANALLAH…ADA IKAN ANEH BERKEPALA TRANSPARAN

SUBHANALLAH…ADA IKAN ANEH BERKEPALA TRANSPARAN


Pada 23 Februari 2009, National Geographic News merilis gambar seekor ikan yang tergolong aneh. Pada bagian kepala ikan tampak transparan sehingga terlihat bagian dalamnya. Sepintas kepala ikan mirip bagian kokpit pesawat tempur. (lihat foto 1)

Sebagaimana diketahui, bagian atas kokpit pesawat tempur biasanya transparan sehingga sang pilot dapat terlihat dari sisi luar pesawat.

Ikan ini ditemukan peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), di kedalaman laut Pantai California. Ikan ini hidup pada kedalaman 200 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut.

Dapat dikatakan ini temuan pertama spesies ikan berbentuk kubah dan transparan. Peneliti mengamati ikan bermata bulat (barreleye) menggunakan peralatan canggih yang dioperasikan dari jarak jauh (a remotely operated vehicle/ ROV)

Pada foto 2 dan 3 terlihat keunikan yaitu bola mata ikan yang seolah dapat berputar ke atas. Pupil mata yang berada di bagian atas ini berfungsi untuk melihat mangsa yang berada di atas ikan tersebut. Sedangkan warna hijau yang terlihat dalam gambar adalah semacam lensa yang melindungi mata dari sinar matahari. Dengan begitu mata tetap fokus pada mangsanya.

“Bola mata itu tampak seperti melihat langsung ke atas,” ujar Kim Reisenbichler, peneliti MBARI.

Ikan barreleye (Macropinna microstoma) memiliki panjang 6 inchi (15 sentimeter). Sebenarnya ikan ini telah dikenal sejak tahun 1939 saat tersangkut jaring nelayan.

Foto ikan transparan pernah juga dirilis pada 2001. Ikan ini bentuknya memanjang mirip akar tumbuhan. Ikan ini ada yang memiliki panjang hingga 10 meter. Foto 4.

Mengamati foto tersebut, selayaknya kita patut mengucap Subhanallah…Maha Suci Engkau Ya Allah…yang menciptakan makhlukNya dengan sempurna.

BaNi MusTajaB

Foto 1.

090223-01-fish-transparent-head-barreleye-pictures_bigFoto 2.

090223-02-fish-transparent-head-barreleye-pictures_bigFoto 3.

090223-04-fish-transparent-head-barreleye-pictures_bigFoto 4.

090223-03-fish-transparent-head-barreleye-pictures_big

Photograph courtesy Monterey Bay Aquarium Research Institute

ist2_2098136-aircraft-front-cockpit-of-fighter-plane

lihat di:

Macropinna microstoma: A deep-sea fish with a transparent head and tubular eyes

About these ads
  1. mujahidahwanita
    Maret 1, 2009 pukul 9:01 am | #1

    Bismillahirrohmaanirrohiim…………

    Subhanallah…… Wal Hamdulillah…… Wa Laa Ilaaha Illallah…… Wallahu Akbar.

    Wa Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illaa Billaahil ‘Aliyyil Adziim.

  2. ipang
    Maret 2, 2009 pukul 6:54 pm | #2

    fotonya keren abis

  3. chip
    Mei 2, 2009 pukul 10:48 am | #3

    Maaf, bukannya meremehkan . . .
    .tapi apakah berita ini bener2 bisa dipercaya . . .

    * SALAM

    • Ayah
      Oktober 21, 2009 pukul 2:06 pm | #4

      Bro.. Kalo gak percaya, riset aja sendiri. Nama latinnya aja kok artinya memang kenis ikan yang tinggal di kedalaman laut yang tidak tersentuh matahari ini memang ada. Tak ada yang tak mungkin di dunia ini. Ikan yang bisa berjalan di darat saja ada kok (Climbing Perch/Climbing Gourami).

      Terima kasih atas artikelnya.

  4. Mei 14, 2009 pukul 4:01 pm | #5

    ya Allah itu beneran tuh!?

  5. izma
    Mei 23, 2009 pukul 8:57 pm | #7

    subhanalloooooh…..
    ada di mana tuh ikan ?
    nyata tuh?
    enak ga ya kalo di makan?
    @
    buka aja link nya.
    jangan dimakan deh . itu hewan langka lho

  6. Mei 25, 2009 pukul 3:48 pm | #8

    ya Tuhan…beneran tuh ikan????!!!!
    @
    Ya iyalah. Buka aja link nya.

  7. vQ
    Agustus 15, 2009 pukul 8:37 pm | #9

    subhanallah!!!!!!!!!

  8. dea
    September 14, 2009 pukul 9:54 pm | #10

    wallahu alam…

  9. Oktober 14, 2009 pukul 3:16 pm | #11

    subhanallah!!!!!!!!!!beneran tuh fotonya!???????!!!!!!
    @
    ya benar. lihat aja di You tube

  10. Ayah
    Oktober 21, 2009 pukul 2:12 pm | #12

    Aneh banget deh! Kok masih tidak percaya ada keajaiban di dasar laut seperti ikan Barreleye ini. Rupanya memang minat riset dan minat baca manusia Indonesia teramat sangat rendah ya. Ckckckckckc… p

    Ikan ini matanya bisa berotasi melihat ke arah belakang sebab kepalanya transparan. Barreleye atau Macropinna microstoma, adalah ikan unik yang ditemukan pada tahun 1939. Ikan ini hidup di kedalaman laut terdalam dimana sinar matahari tidak bisa menembusnya (> 600meter). Sehingga ikan ini melihat dengan menggunakan mata yang ultra sensitif. Ikan ini bergantung tak bergerak di air. Matanya berada di kepala yang transparan, terisi cairan. Panjangnya sekitar 15-16 cm. Biasa memangsa ikan kecil dan ubur-ubur. Matanya berwarna hijau, bisa menyaring sinar matahari yang datang secara langsung dari permukaan laut.

    Banyak kok jurnal ilmiah yang membahas ikan ini.

  11. Oktober 26, 2009 pukul 8:02 am | #13

    allah menciptaka sesuatu seunik mungkin dan qt harus bersyukur padanya.ikannya boleh di minta gak. . . . . .he . . . ^_^

  12. kiki
    Oktober 29, 2009 pukul 8:07 pm | #14

    subhanallah !
    ku akui ke agungan-Mu

  13. November 2, 2009 pukul 1:05 pm | #15

    jiah percaya dong ini kan dunia…. pernah lihat amoeba kawin nggak… jiah payaH DECH LO

  14. Desember 4, 2009 pukul 10:22 pm | #16

    ih.. lucu, ada jual gk tu ikan mau dunk buat piara ^^

  15. Qaseh Nur Insyirah
    Desember 11, 2009 pukul 7:39 pm | #18

    Ya ALLAH sungguh menakjubkan ciptaan mu itu

  16. Aulia Wicaksono
    Desember 16, 2009 pukul 2:06 pm | #19

    Subhanallah keren,lucu&unik pula coba aku bisa liat langsung.

  17. Desember 25, 2009 pukul 9:06 am | #20

    hai.. link kamu sudah kupasang di blog ku.. link balik ya.. thanks..
    @
    oke mas..terima kasih. semoga bermanfaat.

  18. Januari 16, 2010 pukul 1:27 pm | #21

    wow, menajubkan sekali

  19. Januari 16, 2010 pukul 1:29 pm | #22

    boleh ikut tukeran link ga mas?
    saya masih baru di dunia blogging
    makasih

  20. Februari 27, 2010 pukul 5:53 am | #23

    kok kepalanya aja yg transparan, kenapa ngga’ sekalian badannya juga yah ??? ^^

  21. Maret 14, 2010 pukul 12:23 pm | #24

    wah keren bs numpang copas juga ya mas hehehhehe

  22. Maret 23, 2010 pukul 11:35 pm | #25

    Buset deh itu ikan kok transparan yah
    aneh banget tapi namanya ciptaan Allah gak ada yang aneh semua bisa di siptakanyaNya

  23. Mei 4, 2010 pukul 11:11 am | #26

    ada banyak lagi ikan yang aneh

    http://petai.my/2010/04/ikan-aneh-dari-dasar-laut/

    الله أكبر

  24. goni
    Mei 14, 2010 pukul 3:53 pm | #27

    yang mana sih yang pilotnya transparan…

  25. sulthan
    Mei 26, 2010 pukul 5:28 pm | #28

    kasihan

  26. reza
    Mei 26, 2010 pukul 10:14 pm | #29

    WAH otak nya kelihatan dong , whidihhhhhhhhhhhhhh

  27. adam
    Agustus 25, 2010 pukul 3:00 pm | #30

    Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini …… !!!!! ?????
    ” tepukjidat ” ^_^

  28. September 24, 2010 pukul 1:38 pm | #31

    …ALLoh maha besar

  29. fannissa rizkia
    November 5, 2010 pukul 12:25 pm | #32

    kenapa ya bisa kaya gitu???ini keajaiban dari allahhh

  30. Desember 12, 2010 pukul 3:47 pm | #33

    subhanallah…..
    apa yg tdak mngkin d’ dunia in
    jika allah sdah berkehrndak apapun itu
    bsa terjadi contohX yg d’atas

    Subhanallah…… Wal Hamdulillah…… Wa Laa Ilaaha Illallah…… Wallahu Akbar.
    ,,,,,,,,,, الله أكبر ,,,,,,,

  31. Desember 12, 2010 pukul 3:53 pm | #34

    wahai saudaraku,,,,,,,
    manusia hanya bisa mensukuri
    nikmat dari ap yg tlah d’ berikan allah s.w.t

  32. Maret 20, 2011 pukul 2:30 pm | #35

    wow,
    keren ikannya,
    tp ngeri sekali sampe ukuran 10m,
    bs di telan hidup2 kita

  33. lukman hadi santosa
    April 5, 2011 pukul 6:22 pm | #36

    memang didunia ini tdak ada yang tdak prcaya<<<,
    krana allah maha pencipta

    subhanallah

  34. eka_micky
    April 14, 2011 pukul 8:19 pm | #37

    ALLAH MAHA SEGALA-GALANYA.
    Allahu Akbar!

  35. hamba Allah
    Mei 3, 2011 pukul 12:06 am | #38

    Klu Allah Menghendaki Apapun bisa terjadi

  36. rizky
    Juni 10, 2011 pukul 1:44 am | #39

    ini ikan nama latinnya Macropinna Microstoma, bnernya uda lama di temuin ama Chapman pas taon 1939. Tapi ikan ini tetap sungguh menakjubkan smpe skrg, sungguh Allah Maha Pencipta!

  37. ayu
    Januari 15, 2012 pukul 11:43 am | #40

    menakjubkn

  38. Januari 27, 2012 pukul 9:56 pm | #41

    wah jd merinding .. Subhanallah .. :]]

  39. Maret 24, 2012 pukul 8:02 am | #42

    Maha Besar dzat yg menciptakan ikan ini

  40. November 19, 2012 pukul 11:46 am | #43

    banyak banget.

  41. ibey
    November 22, 2013 pukul 1:46 am | #44

    lha mulai…. itu ikan klo di temukan orang indonesia mesti udah di kasi makan kembang sama di minum airnya….hahahah….klo kita mau mengamati…sbnernya ikan transparan itu bnyak…..memang klo yg di gambr itu jenis yg baru di temukan dan lbh besar….mash bnyak hewan unik yg blm di ketahui…itu bukan aneh tp memang kita blm tau aja…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s